FBPixel
Apa yang Dimaksud Surat Perjanjian Investasi dan Kerja Sama Bisnis Simak Penjelasannya di Sini!

Apa yang Dimaksud Surat Perjanjian Investasi dan Kerja Sama Bisnis? Simak Penjelasannya di Sini!

Ditulis pada 30 Apr 2022 oleh

Kategori :

Dunia bisnis adalah sesuatu yang selalu bergerak dinamis. Apa pun industri yang Anda geluti, setiap harinya akan muncul pesaing dengan inovasi barunya. Kalau ingin bertahan dan sukses, Anda tidak bisa menjalankan bisnis sendirian. Diperlukan kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk dengan investor.

Investasi maupun kerja sama bisnis tidak bisa dilakukan sembarangan. Anda membutuhkan surat perjanjian investasi untuk menghindari kerugian dan masalah di masa depan. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai kerja sama bisnis ini, simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

Apa yang Dimaksud dengan Surat Perjanjian Kerja Sama Bisnis?

Perjanjian kerja sama pada dasarnya bisa dilakukan oleh berbagai pihak, baik kelompok maupun individu. Dalam dunia bisnis perjanjian kerja sama adalah dokumen bisnis formal yang berisi berbagai kesepakatan dan ketentuan antara pebisnis/perusahaan. Pihak yang terkait dalam perjanjian harus lebih dari satu dan masing-masing harus memahami posisi termasuk hak dan kewajiban mereka.

Secara singkat, perjanjian kerja sama merupakan kontrak antara dua belah pihak yang ingin mengadakan hubungan kerja bersama. Kontrak akan menguraikan maksud dan tujuan serta kondisi kemitraan di masa depan. Di dalamnya juga dijelaskan kontribusi dari masing-masing pihak beserta porsinya. Klausul lain akan mengidentifikasi kewajiban pihak yang terlibat dalam perjanjian termasuk asuransi yang diperlukan hingga apa saja tugas dari masing-masing pihak.

Di dalam bisnis, surat perjanjian kerja sama isinya berbeda-beda tergantung pada kebutuhan. Ada surat perjanjian kerja sama perdagangan, kerja sama penanaman modal, kerja sama investasi dan masih banyak lagi.

Jenis-jenis Surat Perjanjian Kerja Sama

Sebelum membuat surat perjanjian kerja sama, perlu diketahui bahwa ada 2 jenis surat kerja sama yang umum digunakan dalam bisnis. Kedua jenis surat tersebut adalah:

  • Surat perjanjian otentik. Ini adalah surat perjanjian yang pembuatannya diketahui atau dihadiri oleh pihak yang berwenang (pemerintah atau pejabat pemerintah).
  • Surat perjanjian di bawah tangan. Berkebalikan dengan surat perjanjian otentik, perjanjian di bawah tangan dilakukan tanpa adanya saksi dari pemerintah.

Perlu diingat bahwa jenis surat perjanjian ini tidak berpengaruh pada keabsahan isinya. Selama aspek atau komponen dalam surat perjanjian ada di dalamnya, maka surat tersebut sah meski dibuat tanpa notaris.

Apa Itu Perjanjian Investasi?

Di antara sekian banyak surat perjanjian yang dibuat untuk kebutuhan bisnis, sebagai pengusaha Anda juga harus memahami tentang perjanjian investasi. Perjanjian ini penting, tidak hanya bagi pebisnis tapi juga bagi investor yang ingin menanamkan modalnya pada bisnis Anda. Lantas, apa surat perjanjian investasi itu?

Surat perjanjian atau surat kontrak investasi adalah dokumen legal yang dibuat antara dua pihak yang saling bekerja sama. Salah satu pihak memiliki posisi sebagai investor dan satu pihak lagi sebagai penerima investasi. Investor memberikan modal kepada penerima dengan tujuan untuk mendapatkan return atau keuntungan. 

Keuntungan yang dimaksud dalam perjanjian investasi ini tidak selalu berupa uang. Anda bisa memberikan imbal balik dalam bentuk lain kepada investor seperti saham, partnership position, sponsor atau apresiasi. Semuanya tergantung kesepakatan antara Anda dengan pemberi modal.

Dalam perjanjian, Anda harus mencantumkan berbagai detail terkait investasi yang diberikan. Ini termasuk jumlah, skema, peran investor dalam bisnis hingga bagaimana Anda memberikan imbal balik kepada investor tersebut.

Jenis Surat Perjanjian Investasi

Surat perjanjian investasi juga terbagi menjadi beberapa jenis yakni:

  1. Surat Perjanjian Investasi dalam Bentuk Bagi Hasil

Investasi dalam bentuk bagi hasil umumnya digunakan oleh pengusaha yang ingin menjalankan bisnis bersama dengan rekan-rekannya. Misalnya saja Anda ingin membuka kafe dengan melibatkan teman Anda sebagai investor dengan sistem bagi hasil.

  1. Surat Perjanjian Investasi Usaha

Perjanjian investasi usaha biasanya dilakukan oleh sebuah entitas bisnis (sebagai penerima investasi) dengan entitas atau individu lain yang berperan sebagai investor. Selain berisi nilai aset yang diinvestasikan, di dalam perjanjian juga harus dijelaskan secara detail tentang kewajiban dan hak masing-masing pihak, jangka waktu investasi, pengaturan risiko kerugian dan lain sebagainya.

  1. Surat Perjanjian Investasi Syariah

Jenis surat perjanjian investasi ini sebenarnya sama saja dengan perjanjian investasi usaha. Namun, dalam klausul digunakan istilah yang berhubungan dengan keuangan syariah. Begitu juga prinsip bagi hasil yang digunakan tidak boleh melanggar hukum Islam.

Manfaat Surat Perjanjian Investasi dalam Kerja Sama Bisnis

Surat perjanjian terkait investasi dibuat dengan berbagai alasan. Ada beberapa manfaat yang Anda peroleh dengan membuat surat perjanjian ini yaitu:

  • Menjaga hak dan posisi investor sebagai pemegang saham/penanam modal
  • Menghindarkan bisnis dari kecurangan salah satu pihak
  • Menjaga hak pemilik usaha sebagai pihak yang melakukan pengelolaan terhadap dana/aset investasi
  • Memberikan legalitas dan nilai hukum pada perjanjian yang dilakukan. Jika ada salah satu pihak yang mangkir, maka tindakan secara hukum dapat dilakukan.

Komponen dalam Perjanjian Kerja Sama Investasi

Secara umum, ada 3 komponen penting yang wajib ada dalam surat perjanjian kerja sama investasi. Ketiga komponen yang harus Anda perhatikan dengan baik adalah:

  • Unsur perbuatan. Komponen ini berhubungan dengan perbuatan atau tindakan yang dilakukan oleh pihak yang terlibat dalam perjanjian sekaligus konsekuensinya.
  • Pihak yang terlibat. Ada setidaknya 2 pihak yang bisa melakukan perjanjian kerja sama investasi. Pihak-pihak ini bisa berbentuk perusahaan maupun individu.
  • Pengikat. Surat perjanjian itu bersifat mengikat orang-orang yang terlibat di dalamnya. Karena itu pastikan Anda menulis dengan detail mengenai hak dan kewajiban masing-masing pihak.

Contoh Surat Perjanjian Investasi dalam Bisnis

Untuk lebih memahami tentang surat perjanjian bagi hasil dan investasi, simak contoh berikut ini!

CONTOH SURAT PERJANJIAN KERJASAMA

Yang bertandatangan di bawah ini:

Nama : Budi

Jabatan : Pemilik Usaha Healthy Food (Penerima Dana)

Disebut pihak Pertama (I)

Nama : Ani

Jabatan : Pemberi Dana

Disebut pihak Kedua (II)

Pihak pertama dan pihak kedua telah bersepakat untuk melakukan kerja sama dalam bisnis katering makanan sehat Healthy Food. Adapun hal-hal yang berkaitan dengan kerja sama ini, akan dijelaskan pada pasal-pasal berikut:

Pasal 1

Pihak pertama menerima dana atau investasi dari pihak kedua. Tujuannya adalah untuk memperluas skala usaha sekaligus untuk meningkatkan layanan bagi para pelanggan.

Pasal 2

Nilai investasi yang disepakati oleh kedua belah pihak adalah sebesar Rp100.000.000 (seratus juta rupiah).

Pasal 3

Pihak pertama wajib memberikan rencana dan laporan keuangan secara detail kepada pihak kedua.

Pasal 4

Apabila selama proses peningkatan skala usaha Healthy Food terjadi kerugian, maka pihak pertama wajib menanggung seluruh kerugian dan mengembalikan dana investasi kepada pihak kedua.

Pasal 5

Perjanjian ini berlaku sejak surat ditandatangani dan dapat dibatalkan dengan kesepakatan antara kedua belah pihak.

Demikianlah surat perjanjian kerja sama bisnis ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Surabaya, 29 Juli 2025

Pihak Pertama,

BUDI

Pihak Kedua,

ANI

Selain mengetahui cara pembuatan surat perjanjian kerja sama yang benar, seorang pemilik bisnis juga wajib mencari cara untuk memperluas skala bisnisnya. Salah satunya adalah dengan melakukan penjualan lewat e-commerce. Bingung bagaimana memulainya? AturToko sebagai enabler e-commerce siap membantu Anda. Daftar sekarang juga di sini.

English