FBPixel
Rekening Koran: Kenali Kegunaan dan Cara Mudah Mencetaknya

Rekening Koran: Kenali Kegunaan dan Cara Mudah Mencetaknya

Ditulis pada 14 Apr 2022 oleh

Apa itu rekening koran? Sebagian orang mungkin masih merasa asing dengan istilah yang satu ini karena memang hanya digunakan untuk kepentingan tertentu. Salah satunya, ketika Anda akan mengajukan pinjaman ke bank. Biasanya, Anda perlu menyertakan rekening koran sebagai salah satu persyaratan.

Mengenal Rekening Koran

Istilah rekening koran berasal dari bahasa Belanda, yaitu dari kata “courant”. Rekening koran merupakan rangkuman transaksi keuangan pada suatu rekening, baik yang dimiliki oleh individu maupun badan usaha. Dalam rekening koran tercatat jumlah debet dan kredit secara rinci. 

Rekening koran dicetak oleh bank setelah nasabah melakukan pengajuan terlebih dahulu. Namun, ada pula bank yang secara kontinyu mengirimkan rekening koran kepada nasabah tanpa diminta. Tujuannya supaya nasabah dapat mengetahui detail transaksi yang dilakukannya.

Saat ini, perkembangan teknologi telah memudahkan semuanya. Untuk mencetak rekening koran, Anda tidak perlu lagi datang ke bank. Aplikasi bank online yang digunakan biasanya menyediakan seluruh daftar transaksi yang pernah dilakukan pada nomor rekening tersebut. Jika membutuhkan salinan fisik, Anda hanya perlu mencetaknya sendiri.

Dilihat dari bentuknya, rekening koran hampir sama dengan buku tabungan yang mencatat seluruh transaksi Anda. Perbedaannya terletak pada fungsi rekening koran dan buku tabungan.

Rekening Koran untuk Apa?

Buku tabungan berfungsi untuk mencatat semua transaksi keuangan yang pernah dilakukan. Berbeda dengan buku tabungan, fungsi rekening koran lebih luas. Berikut beberapa di antaranya:

  • Syarat Mengajukan Visa

Anda perlu menunjukkan rekening koran ketika akan mengajukan visa saat berlibur atau bekerja di luar negeri. Hal ini dilakukan guna membuktikan bahwa Anda memiliki dana yang memadai untuk kebutuhan hidup di negara tujuan. Transaksi yang dilakukan juga dapat dipakai untuk menilai kondisi finansial pemilik rekening.

Biasanya, Anda akan diminta untuk menunjukkan daftar riwayat transaksi dalam waktu 3-6 bulan terakhir. Selain rekening koran, dokumen lain yang dapat dipakai untuk menggambarkan kondisi finansial seseorang adalah SPT Pajak Penghasilan (PPh) 21, Surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), dan slip gaji. 

  • Sumber Informasi Keuangan

Meskipun ada buku tabungan, Anda bisa memanfaatkan rekening koran sebagai sumber informasi keuangan. Rincian transaksi yang tercatat di dalamnya tidak kalah lengkap dengan buku tabungan yang dimiliki. Hanya saja, catatan tersebut hanya berbentuk lembaran kertas biasa sehingga mudah tercecer. 

  • Syarat Mengajukan Pinjaman

Seperti yang telah disebutkan, rekening koran berguna sebagai syarat mengajukan pinjaman ke bank. Melalui rincian transaksi yang dilakukan, pihak bank yang memberikan pinjaman bisa melakukan analisis terhadap kemampuan membayar cicilan. Pinjaman bank biasanya dibutuhkan untuk modal usaha, membeli rumah, atau kendaraan.

  • Sebagai Bukti Hukum yang Sah

Rekening koran juga biasanya digunakan sebagai bukti hukum yang sah. Hal ini diperlukan jika terjadi kasus yang melibatkan transaksi di rekening. Pihak yang berwenang akan menelusuri transaksi berdasarkan rekening koran untuk mengetahui masalah yang terjadi. Apabila terjadi pelanggaran hukum, pemilik rekening bisa diadili dengan bukti tersebut.

  • Syarat Mengikuti Lelang

Kegunaan lain dari rekening koran adalah sebagai syarat bagi perusahaan untuk mengikuti lelang proyek. Tujuan menunjukkan rekening koran adalah sebagai bukti kepemilikan modal sehingga perusahaan dinilai dapat menjalankan proyek dengan baik. Karena itu, semua peserta lelang diwajibkan untuk menunjukkan rekening koran saat melakukan pendaftaran.

Langkah Mencetak Rekening Koran

Untuk membuat rekening koran, Anda dapat datang ke bank terdekat. Prosesnya tidak membutuhkan waktu lama. Berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan:

  • Persiapkan dokumen yang dibutuhkan sebagai persyaratan mencetak rekening koran. Dokumen tersebut antara lain buku tabungan, KTP, dan kartu debit. 
  • Selain itu, Anda juga perlu menyediakan anggaran untuk mencetak rekening koran. Biasanya biaya tersebut berbeda di tiap bank dan dihitung berdasarkan jumlah lembar rekening koran yang dicetak.
  • Setelah itu, serahkan dokumen tersebut kepada customer service di bank tempat rekening Anda berada. Jangan lupa untuk menyebutkan periode transaksi yang diinginkan.
  • Setelah pengajuan pencetakan rekening koran disetujui oleh pejabat bank tersebut, Anda bisa mendapatkan salinannya.

Apakah Persamaan Rekening Koran dengan Buku Tabungan?

Meskipun secara fungsi berbeda, buku tabungan dan rekening koran juga memiliki sejumlah persamaan. Salah satunya adalah memuat informasi mengenai mutasi dana rekening, baik debit maupun kredit. Dalam kedua dokumen ini juga terdapat informasi mengenai sisa saldo rekening. 

Persamaan lain adalah menunjukkan kepemilikan terhadap suatu rekening. Baik buku tabungan maupun rekening koran adalah tanda bahwa Anda memiliki rekening pada bank terkait. Selain itu, melalui rekening koran maupun buku tabungan, Anda bisa melihat riwayat transaksi secara sistematis, termasuk tanggal transaksi. 

Apakah Perbedaan Rekening Koran dengan Buku Tabungan?

Ada beberapa hal yang membedakan rekening koran dengan buku tabungan. Salah satunya, rekening koran tidak bisa digunakan sebagai media penarikan dana yang ada di rekening. Namun, buku tabungan berbeda karena bisa dipakai untuk menarik dana tabungan dengan pengajuan langsung ke bank.

Perbedaan lainnya dari segi bentuknya. Buku tabungan biasanya selalu berbentuk fisik, sedangkan rekening koran dapat berbentuk digital. Meskipun ada yang meminta rekening koran untuk dicetak dalam bentuk lembaran, Anda pun bisa mengaksesnya secara online melalui aplikasi perbankan di ponsel.

Mencetak Rekening Koran Online

Ada berbagai kemudahan yang bisa Anda nikmati pada zaman sekarang. Hal ini berlaku ketika ingin mencetak rekening koran. Anda tidak perlu datang ke bank untuk melakukannya, tetapi bisa mengunduh informasi tersebut melalui platform perbankan.

Sebagai contoh, jika Anda ingin mencetak rekening koran dari sebuah Bank, lakukan login ke user Anda di website Bank tersebut. Kemudian, pilih menu e-Statement dan pilih rekening. Tentukan periode laporan yang diinginkan, klik download. Anda pun bisa mendapatkan laporan dalam bentuk dokumen PDF.

Kemudahan tersebut akan membantu Anda dalam mencetak rekening koran, khususnya jika diperlukan untuk mengembangkan bisnis. Analisis aliran dana usaha yang masuk dan keluar bisa dimanfaatkan untuk membuat strategi bisnis yang lebih baik.

Dengan kehadiran teknologi, Anda juga bisa mendapatkan dukungan usaha dari fitur yang ada di AturToko. Beberapa produk unggulan yang disediakan bagi pengguna akan membantu Anda memaksimalkan merek bisnis, khususnya ketika mengelola toko di marketplace. Siap untuk mencobanya?

English