FBPixel
Berapa Keuntungan Bisnis Anda? Ini Cara Menghitung Laba yang Akurat

Berapa Keuntungan Bisnis Anda? Ini Cara Menghitung Laba yang Akurat

Ditulis pada 27 Mar 2022 oleh

Sebagai pebisnis, Anda harus menguasai cara mencari laba. Terlebih lagi, semua aktivitas bisnis mengarah pada keuntungan atau laba. Jika Anda kurang teliti melakukan perhitungan tersebut, bisa membuat masa depan bisnis Anda runyam. Lalu, apa saja yang perlu Anda ketahui seputar laba usaha? Berikut penjelasan selengkapnya. 

Apa Saja Jenis Laba Usaha?

Para ahli ekonomi dan manajemen bisnis mengelompokkan laba usaha ke dalam empat jenis. 

Laba kotor atas penjualan

Mencakup selisih penjualan bersih dalam suatu periode dan harga pokok penjualan (HPP) dari produk yang dijual. Dinamakan laba kotor atas penjualan karena laba ini belum dikurangi biaya-biaya lain.

Laba bersih operasional

Diperoleh dari hasil pengurangan laba kotor atas penjualan dengan biaya-biaya lain, seperti biaya administrasi, biaya penjualan, dan biaya umum. Laba jenis ini dapat ditingkatkan lewat penerapan efisiensi yang ketat dengan tetap mempertimbangkan faktor lain.

Laba bersih sebelum pajak

Didapat dari pendapatan milik bisnis secara total sebelum dipotong pajak yang perlu dibayarkan. Laba ini mencakup perolehan operasional setelah dikurangi atau ditambah selisih pendapatan atau biaya-biaya lain selama produksi bisnis.

Laba bersih setelah pajak

Laba ini didapat dari pengurangan laba bersih perusahaan dengan pajak penghasilan, maupun penambahan atau pengurangan dengan pendapatan atau biaya non-operasional lain dikurangi biaya pajak yang wajib dibayarkan.

Apa Fungsi Laba?

Dengan menghitung laba, Anda bisa mengetahui beberapa hal penting terkait keberlangsungan bisnis, antara lain:

  • Menginformasikan berapa besar keuntungan sebenarnya atau berapa persisnya uang yang Anda pegang di akhir periode tertentu.
  • Menunjukkan seberapa konsisten laba bersih yang didapat dari bulan ke bulan.
  • Menegaskan bagaimana bisnis Anda berkembang secara kontinu.
  • Menabung laba bersih untuk pengeluaran masa mendatang maupun pelunasan utang.
  • Sebagai sumber dana untuk berinvestasi, baik dalam bentuk proyek, produk, perekrutan staf, atau mendistribusikan laba kepada investor. 

Apa Saja Faktor Biaya yang Mempengaruhi Laba Bersih?

Laba bersih dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu biaya tetap dan variabel. Biaya variabel yang dimaksud adalah harga pokok penjualan. Namun, hal ini bisa berubah sesuai jumlah produk yang dibuat dan dirilis sebagai akibat pembuatan suatu produk.

Bagi pemilik toko online di marketplace yang tidak berperan sebagai produsen, perhitungan laba lebih sederhana. Contoh, biaya variabel terkait seberapa banyak Anda harus membayar demi membeli produk yang dijual. Sementara itu, biaya tetap mencakup biaya operasional yang relatif stabil dari waktu ke waktu. 

Ini Unsur Laba Usaha yang Harus Diperhatikan

Apa saja unsur laba usaha yang harus Anda perhatikan?

Pendapatan

Merupakan kenaikan aktiva pada bisnis dan penurunan kewajiban dalam suatu periode tertentu, diperoleh dari kegiatan operasional utama bisnis tersebut, umumnya bersumber dari hasil penjualan.

Beban

Disebut juga aliran keluar dari aktiva pada periode akuntansi tertentu, tetapi juga  bisa diartikan sebagai pengurangan pendapatan yang dapat menghasilkan laba bersih sebelum pajak sebagaimana tertera dalam laporan laba rugi. Beban juga menjadi kewajiban bisnis yang dapat menurunkan nilai ekuitas yang telah dimiliki.

Penghasilan

Meliputi arus masuk bruto dari manfaat ekonomi yang timbul sebagai akibat kegiatan normal bisnis dalam satu periode. Penghasilan didapat dari hasil akhir perhitungan pendapatan dan keuntungan usai dikurangi beban dan kerugian dalam satu kali periode akuntansi.

Biaya

Perhatikan pula berapa pengeluaran biaya karena ini adalah hal yang Anda korbankan saat berbisnis. Hitung untung rugi dan berapa besar biaya yang dikeluarkan supaya Anda bisa memperoleh keuntungan lebih dan manfaat ekonomis di kemudian hari.

Untung atau rugi

Tentu saja laba usaha belum lengkap tanpa untung atau rugi. Keuntungan dapat dimaknai sebagai peningkatan ekuitas, sedangkan kerugian mengarah pada biaya yang dikeluarkan lebih besar daripada penerimaan. 

Mengapa Laba Bersih Penting Bagi Perusahaan?

Mencari laba bersih penting karena beberapa alasan berikut.

  • Membantu Anda mengetahui sejauh mana stabilitas keuangan perusahaan.
  • Besarnya laba bersih bisa menjadi bahan evaluasi model dan strategi bisnis sehingga Anda dapat mengembangkan rencana bisnis yang jelas.
  • Laba bersih dapat membantu Anda dalam upaya pengembangan bisnis, menambah anggaran pemasaran, coba berinvestasi pada peluang baru, atau mempekerjakan lebih banyak SDM.

Cara Mudah Menghitung Laba Usaha

Perhitungan laba kotor dan laba bersih tentu berbeda. Berikut rumus laba usaha yang benar dan akurat.

Rumus Menghitung Laba Kotor

Rumus mencari laba kotor sederhana adalah:

Laba kotor = Pendapatan – Harga Pokok Penjualan (HPP)

Pendapatan diperoleh dari hasil penjualan, sedangkan HPP merupakan biaya produksi produk dan jasa. 

Rumus Menghitung Laba Bersih

Dikenal dengan istilah bottom line, posisi laba bersih ada di sisi bawah laporan laba dan rugi. Cara menghitung pendapatan bersih diperoleh dengan mengurangi pengeluaran dari beberapa sumber pendapatan, antara lain biaya operasional, pajak penghasilan, bunga pinjaman, dan penyusutan. Maka, rumus laba bersih adalah:

Laba bersih = Total Pendapatan – Total Pengeluaran

atau

Laba bersih = Laba Kotor – Beban.

Sebagai tambahan, perhitungan rumus laba usaha juga melakukan perhitungan margin, yaitu selisih satu bidang dan bidang lain yang dipakai sebagai cara menghitung keuntungan dalam bentuk persentase dan dihitung menurut angka penjualan dan produksi.  

Istilah margin juga kerap disandingkan dengan profit menjadi profit margin atau selisih keuntungan. Profit margin merujuk pada kemampuan perusahaan menghasilkan keuntungan dibandingkan penjualan yang telah dicapai. 

Rumus margin pendapatan bersih adalah:

Margin laba bersih = (Laba Bersih/Total Pendapatan) x 100

Manfaat Memahami Cara Menghitung Laba

Dari uraian di atas, Anda bisa menemukan beberapa manfaat perlunya memahami perhitungan laba, yaitu:

  • Dari kacamata investor, laba bersih menjadi indikator apakah berinvestasi di sebuah perusahaan sepadan dengan risiko investasi yang ditimbulkan.
  • Dari kacamata kreditor, laba bersih jadi bahan pertimbangan apakah mereka perlu menawarkan pinjaman bisnis. 
  • Dari perspektif pemilik bisnis, laba bersih membantu Anda menilai posisi keuangan bisnis Anda dibandingkan kompetitor.
  • Membantu para pihak berkepentingan memahami perkembangan perusahaan dari berbagai sisi.

Perhitungan laba akan lebih mudah dilakukan jika Anda memiliki data transaksi yang detail dengan ketepatan tinggi. Itulah sebabnya Anda membutuhkan layanan yang membantu Anda berjualan di marketplace seperti AturToko

Dengan tiga produk unggulannya: OmniPos, BuatToko, dan AturToko+, Anda bisa lebih profesional mengelola bisnis online. Setiap data transaksi tercatat rapi sehingga memudahkan Anda menyusun laporan keuangan dan memperoleh perhitungan laba usaha. 

Yuk, jadikan AturToko sebagai solusi bisnis online Anda sekarang juga!

English