FBPixel
Cara Menabung Uang dengan Cepat dan Mudah Agar Uang Makin Berlimpah

Cara Menabung Uang dengan Cepat dan Mudah Agar Uang Makin Berlimpah

Ditulis pada 08 Apr 2022 oleh

Semua orang tahu bahwa menabung itu baik, tetapi kadang sulit dilakukan. Sudah jadi rahasia umum bahwa masyarakat Indonesia terkenal konsumtif, terlihat dari tingginya minat belanja dan aktivitas jual beli di e-commerce, toko online, maupun toko ritel. 

Padahal, menabung itu penting demi menyisihkan dana cadangan untuk situasi darurat, serta mengurangi kebiasaan boros dan berutang. Lalu, bagaimana cara menabung dengan cepat dan tepat supaya uang di rekening makin berlimpah? Begini penjelasan selengkapnya.

Apa Arti Menabung?

Menabung adalah kegiatan menyisihkan sebagian pendapatan Anda secara berkala dan menyimpan dana tersebut untuk kebutuhan masa yang akan datang, baik kebutuhan yang terduga maupun tak terduga. 

Besaran dana yang ditabung harus dipastikan memadai atau tidak, mengingat ada faktor inflasi. Contoh, dana Rp1 juta hari ini bisa jadi cukup untuk belanja sehari-hari selama dua minggu. Sementara, 10 tahun atau 20 tahun mendatang, dana itu tidak cukup untuk membiayai kebutuhan hidup lantaran nilainya menyusut hingga 6% akibat inflasi.

Pertimbangkan tingkat inflasi jangka panjang saat menabung. Jadi, Anda bisa mengkalkulasikan dengan tepat berapa besaran pendapatan hari ini yang harus ditabung. 

Mengapa Anda Perlu Menabung?

Menabung bukan sekadar mengumpulkan uang saja, tetapi banyak alasan kuat yang menegaskan bahwa aktivitas ini perlu pos tersendiri dalam pengeluaran bulanan, antara lain:

  1. Menghemat pengeluaran

Dengan belajar berhemat, Anda bisa mengelola keuangan pribadi maupun rumah tangga lebih baik. Anda bisa menahan diri dan berpikir panjang sebelum membelanjakan uang di tabungan. 

  1. Menghargai nilai uang

Pendapatan yang Anda peroleh adalah buah kerja keras sehingga menabung jadi bentuk apresiasi atas setiap rupiah yang mengisi rekening. 

  1. Disiplin mengelola keuangan

Berapa pun usia Anda, mengelola keuangan harus dilakukan secara disiplin supaya bisa menakar berapa besar pengeluaran rutin, belanja dan hiburan, serta jumlah dana yang ditabung.

  1. Membantu terhindar dari kebiasaan berutang

Mengalokasikan sebagian dana tiap bulan untuk tujuan tertentu akan membantu Anda terhindar dari kebiasaan berutang. Ketika menginginkan sesuatu, selalu prioritaskan menyisihkan dana, bukan malah berutang agar keinginan itu terwujud.

Bagaimana Cara Menabung di Bank?

Dahulu orang menabung dengan menyimpan uang dalam celengan atau tempat khusus di rumah. Namun, kebiasaan ini perlahan ditinggalkan seiring kemunculan bank yang membantu masyarakat mengelola harta secara profesional dan aman. 

Cara menabung di bank pun terbilang mudah. Siapkan dahulu identitas diri, bisa berupa KTP atau paspor, serta setoran dana awal yang harus dimasukkan ke dalam rekening Anda nantinya. Lalu, pilih apakah Anda ingin membuka rekening langsung di bank atau secara online. 

  1. Mendaftar di bank

Begini cara daftar langsung di bank.

  • Datang ke kantor cabang bank.
  • Siapkan dan berikan dokumen persyaratan kepada petugas customer service. 
  • Isi data dengan benar dan tanda tangani formulir.
  • Serahkan setoran minimum awal. Cek dahulu berapa besarannya karena setiap bank punya kebijakan berbeda.
  • Bank akan memverifikasi serta menyimpan berkas dan data Anda. Buku tabungan dan kartu debit yang Anda pegang merupakan bukti sah kepemilikan rekening. 
  1. Mendaftar secara online

Tanpa perlu pergi ke bank, Anda bisa membuka rekening secara online melalui smartphone. 

  • Pasang aplikasi mobile banking bank pilihan Anda.
  • Isi formulir online dan unggah dokumen persyaratan, antara lain nomor KTP, foto KTP, foto diri beserta KTP, dan nomor NPWP jika ada.
  • Bank akan melakukan verifikasi pendaftaran melalui panggilan video.
  • Transfer dana setoran awal ke rekening baru Anda.
  • Rekening Anda sudah dapat dipakai bertransaksi sepanjang memenuhi jumlah minimal dana di dalam tabungan.
  • Bank akan mengirim kartu debit kepada Anda sekitar tiga sampai tujuh hari. 

Apa Saja Tips Menabung dengan Cepat dan Mudah?

Rekening sudah ada, selanjutnya Anda butuh tips menabung cepat supaya uang di tabungan lekas terkumpul. 

  1. Tentukan untuk apa Anda menabung

Apa tujuan Anda menabung? Apakah untuk menyisihkan dana cadangan atau membeli barang tertentu yang belum bisa dimiliki saat ini? Tetapkan tujuan tersebut secara jelas dan tidak beririsan dengan tujuan lain. Bahkan, Anda bisa membuka beberapa tabungan berbeda sesuai peruntukannya.

  1. Tentukan berapa besar dana dan batasan waktu menabung

Dengan menentukan kedua aspek ini, Anda dapat memperkirakan berapa besar dana yang disisihkan dari pendapatan bulanan. Seimbangkan dengan kebutuhan sehari-hari juga ya.

  1. Susun anggaran dan kelola keuangan pribadi

Orang kerap berpikir menabunglah dengan sisa pendapatan. Persepsi ini justru salah karena seharusnya Anda membagi penghasilan dalam tiga pos utama keuangan. Susun anggaran ke dalam tiga pos berbeda, yaitu:

  • Kebutuhan hidup sehari-hari sebesar 50%
  • Tabungan dan investasi senilai 20%
  • Gaya hidup dan hiburan sebesar 30%.

Dengan begitu, Anda bisa memenuhi kebutuhan tanpa perlu khawatir penghasilan habis begitu saja tiap bulannya. 

  1. Gunakan aplikasi pencatatan keuangan

Cara menabung dengan cepat berikutnya catat setiap transaksi keuangan lewat aplikasi. Cara ini mempermudah Anda menelusuri setiap pengeluaran sehingga tahu ke mana saja uang tersebut pergi atau dipakai.

  1. Pisahkan rekening kebutuhan harian dan tabungan

Ini perlu agar Anda tidak bingung menyisihkan dana untuk tabungan. Jangan sampai dana yang sudah dialokasikan di  tabungan malah terpakai kebutuhan sehari-hari hanya karena Anda menyimpannya dalam satu rekening yang sama.

  1. Sisihkan uang terbalik tanggal

Salah satu tips agar bisa menabung setiap hari adalah terapkan cara sisihkan uang terbalik tanggal. Anda harus menabung sebulan penuh dengan nominal terbalik setiap hari. Contoh, dalam 30 hari, Anda akan menabung Rp30.000 di tanggal 1, Rp29.000 di tanggal 2, hingga Rp10.000 di tanggal 30. Tanpa disadari dana yang terkumpul sebulan cukup besar lho!

Bagaimana Supaya Uang Anda Makin Berlimpah?

Cara menabung uang dengan cepat akan percuma jika tidak ada sumber dana yang hendak ditabung. Maka, lakukan beberapa hal berikut supaya uang Anda makin berlimpah.

  1. Cari penghasilan sampingan

Seiring majunya teknologi, makin banyak peluang mendapatkan penghasilan sampingan dengan modal minim. Anda juga bisa memanfaatkan keahlian dan keterampilan yang dimiliki untuk menambah pundi-pundi rekening. Misalnya, menjadi reseller, membuat garage sale, atau menjadi pekerja lepas. 

  1. Kembangkan dana lewat investasi

Setelah Anda merasa tabungan cukup stabil dan ada dana “dingin” alias belum terpakai untuk kebutuhan tertentu, coba lirik opsi investasi. Pilih produk yang tepat sesuai profil risiko dan tujuan investasi. 

  1. Cari tahu mana pengeluaran yang dapat ditekan

Tentu saja mengurangi pengeluaran bukan berarti Anda pelit, tetapi ini soal pilah-pilih mana yang butuh dan sekadar ingin saja. Contoh, kalau Anda mengurangi anggaran jajan sebesar Rp500 ribu, alokasi tabungan akan bertambah bukan?

Dari sekian banyak tips menabung tadi, mana yang sudah Anda praktikkan? Jangan lupa pisahkan rekening pribadi dan bisnis untuk mengoptimalkan laba usaha. Gunakan AturToko dalam mengelola bisnis online yang menawarkan kemudahan dan fleksibilitas. Segera daftar AturToko di sini, ya!

English