FBPixel
Kesuksesan Bisa Diraih Siapa Saja, Begini Caranya!

Kesuksesan Bisa Diraih Siapa Saja, Begini Caranya!

Ditulis pada 29 Apr 2022 oleh

Kategori :

Sukses atau kesuksesan artinya adalah meraih keberhasilan dalam sesuatu. Karena sangat relatif, ukuran keberhasilan itu berbeda-beda bagi setiap orang. Namun, secara umum, sukses sering dihubungkan dengan kehidupan sosial dan ekonomi seseorang. Lalu, bagaimana cara menjadi orang sukses?

“Apakah saya bisa sukses?” pertanyaan ini paling sering diajukan oleh seseorang yang baru memulai bisnis. Bagaimana sebenarnya meraih kesuksesan di bidang yang Anda inginkan? Simak selengkapnya dalam pembahasan berikut ini!

Kebiasaan Harian Orang-orang Sukses di Dunia

Percaya atau tidak, kebanyakan orang-orang sukses di dunia ini memiliki kebiasaan yang mirip satu sama lain. Siapa pun mereka, baik itu CEO perusahaan teknologi, investor atau pekerja profesi lain, pola perilaku berulang yang mereka lakukan ternyata menjadi kunci untuk membuka jalan menuju pencapaian yang berkelanjutan. Apa saja kebiasaan-kebiasaan itu?

Bangun Pagi

Menurut penelitian Thomas Corley, seorang akuntan dan perencana keuangan yang melakukan survei terhadap 233 orang kaya, hampir 50% orang sukses bangun tiga jam sebelum hari kerja mereka dimulai. Orang yang bangun awal, cenderung merasa bertanggung jawab ketimbang harus berpacu dengan waktu. Bangun pagi bisa memberi kepercayaan diri bahwa Anda bisa mengarahkan hidup Anda dengan baik.

Beberapa sosok sukses yang memiliki kebiasaan bangun pagi antara lain CEO Apple, Tim Cook (bangun pukul 03.45 pagi), founder Twitter, Jack Dorsey (bangun pukul 05.30 pagi kemudian jogging sejauh 6 mil). Bahkan, mantan ibu negara Michelle Obama juga punya kebiasaan serupa.

Meminimalisasi Gangguan

Menurut Basex, sebuah perusahaan management science, distraksi alias gangguan telah membuat bisnis di Amerika Serikat mengalami kerugian hingga $588 miliar per tahun. Selain menyebabkan kerugian materi, distraksi bisa membuat konsentrasi terganggu dan akibatnya produktivitas pun akan menurun.

Belajar meminimalisasi gangguan ini bisa membantu Anda mengurangi stres, meningkatkan produktivitas di tempat kerja dan menikmati hari kerja yang lebih bahagia. Lalu, bagaimana caranya untuk meminimalisasinya? Saat jam-jam paling produktif, simpan ponsel Anda, logout-lah dari media sosial dan singkirkan hal-hal yang bisa memecah konsentrasi Anda.

Istirahat yang Cukup

Produktivitas bisa menurun jika kondisi Anda tidak fit. Salah satu faktor terpenting agar kondisi tubuh tetap seimbang adalah dengan mempertahankan jadwal tidur yang konsisten. Istirahat yang cukup adalah hal termudah yang bisa Anda lakukan untuk merevitalisasi kejernihan mental, gairah, dan energi Anda.

Banyak Membaca

Masih berdasarkan survei Corley, sebanyak 88% responden kaya yang dipelajarinya menggunakan waktunya untuk mengembangkan diri dan memperkaya pengetahuan dengan membaca buku setidaknya 30 menit setiap hari. Buku-buku yang mereka baca berkisar dari biografi, sejarah dan buku-buku self-help. Percaya atau tidak, selalu ada pelajaran hidup penting yang bisa diambil dari biografi orang-orang sukses.

Cara Menjadi Orang Sukses

Setiap orang sukses memiliki formula masing-masing untuk bisa sukses. Namun, ada beberapa aturan sederhana yang bisa Anda ikuti untuk jadi orang sukses. Apa saja?

  • Lakukan semuanya dengan sungguh-sungguh. Apa pun yang Anda kerjakan, lakukan dengan passion. Membangun karier atau melanjutkan pekerjaan yang tidak Anda sukai akan sulit membawa Anda pada kesuksesan.
  • Bekerja keras. Kesuksesan selalu datang dari kerja keras. Jangan lupa juga bahwa Anda juga harus dikelilingi oleh orang-orang dengan tujuan yang sama dengan Anda.
  • Jangan mau jadi yang biasa-biasa saja. Ketika Anda sudah memutuskan untuk membuat sesuatu, buatlah yang terbaik. Selalu ada hal luar biasa yang dilakukan atau dimiliki oleh orang-orang sukses.
  • Fokus. Fokus dan menekankan diri pada hal-hal yang penting selalu dilakukan oleh orang-orang sukses. Untuk bisa fokus, Anda juga harus punya visi dan misi yang jelas.
  • Lampaui Batas. Jangan memaksakan diri untuk berpikir dengan cara orang lain dan jangan biarkan rasa takut membuat Anda berhenti. Percayalah bahwa Anda memiliki kemampuan lebih dari yang Anda pikirkan.
  • Berikan yang terbaik. Berbicara sukses dari sudut pandang bisnis selalu melibatkan layanan pelanggan yang baik. Selain menyediakan produk terbaik sesuai dengan kebutuhan konsumen, Anda juga harus menjadikan bisnis Anda responsif, mau mendengar dan mau belajar dari kesalahan.
  • Ciptakan ide Anda sendiri. Selain layanan, orisinalitas dan pemikiran akan masa depan akan menjadi batu loncatan yang bagus untuk bisnis Anda. Jangan ragu menciptakan ide kreatif Anda sendiri alih-alih hanya fokus dengan apa yang dilakukan para pesaing Anda.
  • Lakukan semuanya dengan gigih. Orang-orang sukses adalah mereka yang gigih dengan impiannya. Tidak akan mundur meski menemui kegagalan. Inilah hal penting yang juga perlu Anda miliki jika ingin sukses.

Tips Menjadi Orang Sukses di Berbagai Bidang

Sebagian besar orang tidak hanya punya 1 kesuksesan yang mereka impikan. Seorang pengusaha misalnya, tidak hanya ingin sukses dengan penjualan yang tinggi, tetapi juga ingin sukses sebagai brand yang menginspirasi. Ada orang yang ingin sukses menjadi investor, dan di sisi lain mereka juga ingin sukses sebagai pemimpin perusahaan. Ada beberapa hal yang perlu Anda miliki agar bisa sukses di berbagai bidang:

  • Memiliki komitmen
  • Memulai langkah dengan membentuk kebiasaan baik
  • Melakukan evaluasi, menemukan kesalahan dan memperbaikinya
  • Tidak hanya fokus pada hasil, tapi menikmati dan mengambil pelajaran dari proses yang dijalani untuk sukses.

Perbedaan Orang Sukses dan Orang Gagal

Ada sejumlah perbedaan mencolok antara orang gagal dengan orang sukses yang perlu Anda ketahui:

  • Orang sukses selalu menginginkan orang lain untuk bisa sukses juga seperti mereka. Ini tidak dimiliki oleh orang gagal.
  • Orang gagal selalu takut dengan perubahan. Sebaliknya, orang sukses paham bahwa perubahan justru adalah hal yang penting.
  • Orang sukses membicarakan tentang ide-ide, sementara orang gagal membicarakan tentang orang lain.
  • Orang sukses mengambil tanggung jawab atas kegagalan mereka, sementara orang gagal menyalahkan orang lain.
  • Orang sukses selalu merasa bahwa mereka harus terus belajar, sementara orang gagal merasa sudah tahu segalanya.
  • Orang sukses tidak segan memberikan pujian, sementara orang gagal kerap mengkritik tanpa alasan jelas.
  • Orang sukses selalu mau memaafkan sementara orang gagal cenderung menyimpan dendam.

Daftar dan Tips Pebisnis yang Sukses Sebelum 25 Tahun

Banyak orang berpikir bahwa kesuksesan adalah milik orang-orang tua saja. Padahal, banyak pengusaha yang menikmati kesuksesan di usia muda. Ini dia pengusaha-pengusaha yang berhasil sebelum usia 25 tahun dan kunci kesuksesan mereka!

  • Juliette Brindak. Founder platform Miss O & Friends ini mengaku bahwa dia selalu berusaha menemukan peluang-peluang baru yang sesuai dengan bisnisnya.
  • Sean Belnick. Memulai bisnis sejak usia 16 tahun, Belnick mengaku banyak belajar dari internet. Menurutnya, tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai sesuatu.
  • Jonathan Koon. Pebisnis spare part mobil yang memulai usaha sejak usia 16 tahun ini menyebut bahwa kunci kesuksesannya adalah berani melebarkan sayap bisnis ke bidang lain.

Bagi Anda yang memiliki usaha online, keberanian untuk memperluas jangkauan pasar adalah salah satu langkah yang perlu dilakukan untuk mencapai kesuksesan. Ini bisa Anda dapatkan dengan bergabung bersama AturToko. Daftar di sini sekarang juga!

English