FBPixel
Meningkatkan Penjualan Dengan Duplikasi Produk

5 Tips Membangun Karakter Wirausaha Sukses Dalam Diri

Ditulis pada 17 Feb 2022 oleh

Kategori :

Banyak orang berpikir jadi pengusaha itu enak. Taunya duduk, perintah orang, lalu jadi kaya raya dan banyak uang. Tidak sedikit yang ingin menjadi wirausaha dengan modal pemikiran sempit seperti ini. 

Riset mengungkapkan fakta miris. 90 persen orang yang membuka usaha mengalami kegagalan bahkan sebelum lima tahun berbisnis. Masalahnya, terlalu banyak orang ingin menjadi pengusaha tetapi tidak punya mental pengusaha. Jadi, apa rahasianya bisa membangun mental atau karakter wirausaha sukses dalam diri? Simak artikel ini lebih lanjut.

Seorang pengusaha memiliki mental yang berbeda dari pegawai. Cara berpikir pegawai adalah untuk dirinya sendiri. Inti dirinya bekerja di sebuah instansi tertentu adalah untuk mendapat gaji, bagaimana naik gaji dan punya jabatan tinggi. Fokus pikirannya mengarah ke diri sendiri.

Sementara itu, seorang pengusaha pola pikirnya sangat berbeda. Saat memutuskan untuk membangun sebuah bisnis, sesungguhnya ia sedang bekerja untuk orang lain. Fokusnya bagaimana menyejahterakan orang lain terlebih dahulu, baru kemudian dirinya. 

Mengerti dua mindset yang berbeda ini akan menolong Anda memahami diri. Apakah Anda terlalu ingin menjadi pengusaha tetapi sebenarnya masih bermental pegawai? 5 tips berikut akan menolong Anda untuk memiliki karakter wirausaha sukses dalam diri Anda :

1. Miliki Orientasi Berpikir Jangka Panjang

Seorang pengusaha sukses selalu punya orientasi berpikir jangka panjang. Tidak ada yang instan! Saat memulai sebuah bisnis, tujuannya bukan untuk keuntungan jangka pendek. Dia selalu berpikir bagaimana membawa bisnis survive setahun, tiga tahun, lima tahun ke depan, dan seterusnya. Untuk mencapai tujuan ini butuh energi yang tidak sedikit. Butuh passion bagaimana bertahan untuk waktu yang lama tanpa menjadi bosan.

2. Fokus dan Disiplin

Karakter kedua seorang pengusaha sukses adalah fokus dan disiplin. Tidak jarang seorang yang ingin sukses menjadi pengusaha harus mengorbankan banyak hal di awal, termasuk kesenangannya. Bahkan jika perlu, meninggalkan teman dan keluarga untuk sementara waktu demi bisa fokus mengembangkan bisnisnya.

Pengusaha sukses selalu disiplin. Ia tidak akan pernah menyia-nyiakan waktu dengan suka menunda. Semua rencana bisnis yang telah disusun dikerjakan dengan disiplin dan kerja keras.

Baginya, segala sesuatu butuh pengorbanan. Ia tidak pernah mengeluh dan menyerah. Ia bahkan bisa bekerja melebihi jam kerja kebanyakan orang. Ia tidak takut ditolak. Keyakinannya teguh, bahwa pengorbanannya hari ini akan membawanya kepada kesuksesan di kemudian hari.

3. Mempunyai Mentor dan Circle yang Mendukung

Setiap pengusaha sukses selalu memiliki mentor dan lingkaran pertemanan yang mendukung dirinya untuk berkembang. Mentor dan circle ini sangat berperan bagi suksesnya seorang pengusaha. Mereka bisa menjadi motivator, inspirator, mendampingi, memberi saran yang diperlukan selama mengembangkan bisnis. Mereka tidak akan sungkan memberi kritik membangun untuk memastikan Anda melakukan review terus-menerus terhadap tujuan, perencanaan, dan eksekusi yang Anda lakukan terhadap bisnis Anda.

4. Adaptif dan Tahan Banting

Untuk menjadi seorang wirausaha sukses, Anda dituntut untuk selalu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Menyesuaikan ide bisnis dengan tren diperlukan untuk bisa survive.

Salah satunya dengan memahami tren bisnis digital saat ini. Pengusaha sukses tidak akan menolak untuk mengadopsi tren bisnis online sebagai ide usaha yang dijalankannya. Kemampuan menyesuaikan diri ini juga harus Anda miliki jika ingin sukses menjadi pengusaha.

Banyak cara bisnis online yang bisa Anda pilih. Misalnya jualan di marketplace. Anda bisa bangun lebih dari satu marketplace untuk jualan produk Anda.

Untuk branding produk, Anda bisa pilih untuk gunakan website e-commerce dan platform media sosial. Jika Anda bingung bagaimana mengatur isi marketplace, mengelola semua marketplace Anda dalam satu platform, dan membuat desain menarik untuk website e-commerce Anda, AturToko bisa jadi solusi tepercaya. Manfaatkan tiga fitur terbaik di dalamnya untuk membantu Anda. 

Selain adaptif, seorang wirausaha juga harus tahan banting. Pengusaha sejati tidak akan mundur dan putus asa ketika bisnisnya mengalami masalah. Pola pikirnya adalah bagaimana menemukan jalan keluar dari masalah, dan bukan alasan untuk menyerah karena masalah.

5. Perluas Jaringan dan Senang Berbagi

Pengusaha sukses tidak pernah berdiri sendiri. Ia selalu berusaha memperluas jaringan untuk memperkuat bisnisnya. Networking adalah faktor penentu suksesnya Anda menjadi seorang pengusaha.

Dengan memperluas jaringan, Anda memiliki peluang besar untuk memperluas target pasar Anda. Anda juga punya kesempatan belajar dari banyak pengusaha lain bagaimana membangun sebuah model bisnis yang kuat, inovatif, bersaing, berorientasi pada kepuasan pelanggan, dan menjawab kebutuhan zaman.

Selanjutnya, seorang pengusaha sukses selalu senang berbagi. Ia tidak pelit ilmu. Setelah bertahun-tahun mengecap manis pahit menjalankan bisnis, ia akan suka untuk membagikan pengalaman tersebut kepada orang lain. Ia ingin orang lain juga bisa sukses seperti dirinya. Anda yang ingin menempuh jalan hidup sebagai pengusaha juga harus memiliki karakter ini dalam diri Anda. Menjadi wirausaha sukses bukan pekerjaan semalam. Menjalankannya tidak semudah membalik telapak tangan. Butuh kerja keras, komitmen, dan pengorbanan yang tidak sedikit untuk bisa mengecap sukses di kemudian hari. Semoga tips di atas bisa menjadi referensi untuk Anda mewujudkan mimpi menjadi pengusaha dan memiliki karakter wirausaha sukses dalam diri Anda!

English