FBPixel
Default Background

5 Karakter Kepemimpinan Utama Dalam Bisnis

Ditulis pada 12 Feb 2022 oleh

Kategori :

Kepemimpinan adalah skill atau kemampuan seseorang memengaruhi dan menggerakkan orang lain untuk ikut berkontribusi mencapai tujuan tertentu dalam sebuah organisasi. Bisnis yang sukses pasti memiliki pemimpin dengan karakter kepemimpinan yang kuat. Jika tidak, jangankan sukses, alih-alih bisnis tidak berkembang bahkan gagal di tengah jalan.

Untuk sukses menjadi seorang pemimpin bisnis, 5 karakter berikut harus Anda kuasai.

Memiliki Visi

Sebuah bisnis tanpa visi atau tujuan hanyalah mimpi belaka. Bisnis hebat dimulai dari pemimpin yang punya visi besar. Ia mengerti ke arah mana bisnis tersebut harus dibawa. Visi selalu menghasilkan daya dorong baginya untuk bekerja.

Dalam usaha mencapai tujuan, seorang pemimpin dapat digolongkan dalam beberapa tipe :

Pemimpin Demokratis

Pemimpin demokratis selalu memiliki kebiasaan menerima berbagai masukan dari orang lain sebelum mengambil keputusan. Model pemimpin seperti ini mampu melihat masalah dari berbagai sudut pandang. Ia juga cenderung senang melibatkan tim untuk mencari solusi bersama. Alhasil, hubungan antara pemimpin dan bawahan terjalin kuat, baik dalam hal komunikasi maupun kerjasama.

Pemimpin Transformasional

Ciri khas pemimpin transformasional adalah keinginannya yang kuat untuk membantu anggota tim berkembang. Caranya, dengan memfasilitasi mereka ke berbagai pelatihan untuk peningkatan keahlian. Ia juga tidak akan sungkan ikut membaur untuk mengerjakan berbagai proyek bersama. Pemimpin tipe ini selalu memerhatikan kemajuan dan kesejahteraan anggota tim.

Pemimpin Transaksional

Tipe pemimpin transaksional dikenal dari kebiasaanya memberi reward atau penghargaan kepada bawahan yang berhasil menyelesaikan pekerjaan sesuai target dan hasil memuaskan. Imbalan yang diberikan bisa berupa insentif dalam bentuk uang. Tipe pemimpin seperti ini sangat disukai karena sikapnya yang sangat menghargai dan mengapresiasi kinerja bawahan.

Mampu Memimpin Diri Sendiri

Karakter kepemimpinan berikutnya adalah mampu memimpin diri sendiri sebelum memimpin orang lain. Jika Anda seorang manager, supervisor, atau pemilik bisnis sekalipun, Anda harus memiliki karakter ini.

3 Tips berikut bisa menolong Anda untuk mencapainya :

1. Singkirkan pikiran negatif

Pikiran negatif adalah racun yang menghambat Anda berkembang. Ini adalah kelemahan yang harus anda singkirkan.

2. Pilih untuk fokus pada kekuatan diri

Setelah berkomitmen menyingkirkan pikiran negatif, langkah berikut, mulailah fokus pada kekuatan diri. Susun daftar apa saja kekuatan yang Anda miliki, lalu kembangkan.

3. Mulai bangun kebiasaan positif

Selanjutnya, Anda perlu untuk mulai membangun kebiasaan baru. Tetapkan dalam diri Anda kebiasaan-kebiasaan positif apa yang ingin Anda miliki, lalu kerjakan dengan konsisten. Niscaya kelak Anda akan memetik hasilnya.

Pemimpin yang tidak mampu memberi teladan dalam prestasi apapun jangan mimpi punya tim yang berprestasi juga. Karakter ini mutlak Anda miliki. Jika ingin bawahan disiplin, disiplinkan diri terlebih dahulu. Jika ingin bawahan berprestasi, pastikan mereka melihatmu berhasil melakukannya terlebih dahulu. Tim hebat selalu dimulai dari pemimpin dengan karakter hebat dan layak diteladani.

Mampu Berkomunikasi

Pemimpin dengan banyak ide brilian tetapi tidak mampu mengomunikasikan ide tersebut ke orang lain pasti berdampak buruk ke bisnis. Setiap hari adalah kesempatan Anda menjual ide. Hal tersebut mustahil terwujud jika Anda adalah seorang yang pasif dalam hal komunikasi. 

Kunci penting untuk mulai menjadi komunikator yang baik adalah menyamakan level pembicaraan. Sebagai pemimpin Anda perlu menempatkan diri sejajar dengan tim. Tujuannya, untuk menciptakan kenyamanan. Anda bisa mulai dengan berbicara tentang hobi atau minat. Saat mereka sudah nyaman, ide apapun yang akan Anda lontarkan pasti mendapat respons positif.

Mampu Membaca Perubahan

Tren berubah dengan sangat cepat. Perkembangan teknologi digital telah mengubah total tatanan hidup manusia, tak terkecuali dunia bisnis. Anda sebagai pemimpin dituntut mampu membaca perubahan seperti ini. Langkah-langkah berikut, semoga bisa menolong Anda.

1. Pahami, bisnis online paling digemari saat ini

Dulu, untuk belanja makanan atau beli barang, orang harus repot pergi ke toko atau restoran tertentu. Sekarang ini, cukup pakai ponsel pintar, transaksi hingga pengiriman produk sudah bisa dilakukan tanpa meninggalkan tempat duduk.

Anda sebagai pemimpin, perhatikan model bisnis Anda saat ini. Apakah metodenya masih konvensional? Bagaimana dengan branding hingga pemasaran, apakah eksekusinya masih menggunakan cara lama? Pahamilah, zaman sudah berubah. Model bisnis konvensional mulai ditinggalkan. Orang mulai gemar berbelanja secara online.

2. Berani migrasi ke online

Pengguna internet di Indonesia menyentuh angka 212 juta orang. Perilaku belanja mereka pun ikut berubah. Pemimpin hebat selalu bisa menemukan peluang dari perubahan ini. Caranya, dengan berani beralih ke online. Anda tidak perlu bingung. Banyak cara menjalankan bisnis secara online.

Untuk branding, Anda bisa gunakan website hingga media sosial bisnis. Anda bisa mengelolanya sendiri atau menyewa jasa tertentu. Untuk memasarkan produk, anda bisa gunakan fitur jualan di marketplace yang tersedia di media sosial.

Jika Anda menemukan kesulitan untuk mulai migrasi dan mengelola bisnis secara online, atau melakukan branding menggunakan website, AturToko bisa menjadi solusi jitu untuk Anda. Bagaimana, sudah siap menjadi leader bisnis dengan karakter kepemimpinan yang kuat? Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang berguna untuk Anda!

English