FBPixel
Arti Leadership dan Mengapa Keterampilan Ini Wajib Dimiliki Pebisnis

Arti Leadership dan Mengapa Keterampilan Ini Wajib Dimiliki Pebisnis

Ditulis pada 09 Mar 2022 oleh

Kategori :

Kesuksesan dalam bisnis bukanlah hal yang datang begitu saja. Anda perlu mempersiapkan modal yang kuat. Bukan hanya modal materi, tetapi juga skill. Leadership adalah salah satu keterampilan penting yang wajib Anda miliki ketika ingin terjun dalam dunia bisnis. 

Apa Itu Leadership

Banyak orang yang bertanya-tanya, apa yang dimaksud dengan leadership? Arti dari leadership secara harfiah adalah kepemimpinan. Dalam pengertian yang lebih luas, leadership merupakan keterampilan yang membuat seseorang mampu memberi pengaruh, memotivasi, serta mengarahkan seseorang demi mencapai tujuan tertentu. 

Kenapa Perusahaan Memerlukan Leadership?

Kehadiran leadership dalam sebuah perusahaan sifatnya wajib. Ada 2 alasan utama yang membuat kenapa perusahaan memerlukan leadership, yaitu: 

  • Leadership mendorong proses pengambilan keputusan yang lebih baik. Di sisi lain, setiap aktivitas bisnis memerlukan upaya yang cepat dan tepat dalam mengambil keputusan. 
  • Leadership membantu perusahaan dalam menciptakan tim yang kuat. Keberadaan leadership membuat perusahaan mampu membangun tim dengan visi dan misi yang sama. Keterampilan leadership yang kuat berperan dalam membimbing, mengarahkan, serta mendorong setiap anggota tim dalam mencapai tujuan. 

Sikap Seorang Leader

Tidak semua leader mempunyai kemampuan leadership yang baik. Untuk bisa mengetahui secara lebih jelas apa arti dari leadership, Anda perlu tahu sikap dari seorang leader. Ada 4 sikap utama yang perlu dimiliki oleh seorang leader dengan leadership yang baik, yaitu: 

  1. Keberanian

Dalam menjalankan aktivitas bisnis, perusahaan akan menjumpai banyak problem. Leader perlu menunjukkan sikap berani untuk menghadapi berbagai hambatan serta permasalahan tersebut. Keberanian jadi modal penting bagi seorang leader dalam mempertahankan atau mengambil tindakan yang dianggap benar dan tepat.

  1. Kebijaksanaan

Sikap leader dengan kemampuan leadership yang baik selanjutnya adalah bijaksana. Kebijaksanaan menjadi aspek penting bagi seorang leader dalam melihat sebuah permasalahan. Pikiran yang bijaksana, membantu leader untuk memandang problem dalam perspektif orang lain. 

  1. Pengambilan Keputusan

Hal yang tak kalah penting dalam sikap seorang leader adalah pengambilan keputusan. Leader mampu mencari solusi atas sebuah permasalahan dengan mempertimbangkan kebaikan bersama.

  1. Keterampilan Sosial

Leader yang baik mempunyai kemampuan bersosialisasi yang bagus. Mereka punya rasa peka terhadap kondisi sosial dan selanjutnya melakukan tindakan sesuai dengan situasi. 

Manfaat Leadership dalam Bisnis

Keberadaan karyawan yang memahami apa itu leader yang baik bakal memberikan banyak manfaat bagi perusahaan. Manfaat tersebut di antaranya adalah: 

  1. Meningkatkan produktivitas karyawan
  2. Mendorong perkembangan karyawan sehingga mampu bekerja lebih efektif
  3. Meningkatkan kepercayaan diri anggota tim
  4.  Mendorong kemampuan berkomunikasi yang baik
  5. Mendorong pentingnya keragaman dalam dunia kerja
  6. Jenis-Jenis Leadership

Arti leadership adalah kepemimpinan. Dalam praktiknya, Anda bisa menemukan beragam gaya kepemimpinan yang penerapannya berbeda satu sama lain. Jenis-jenis leadership tersebut di antaranya adalah: 

  1. Exponential Leadership

Fungsi leader dalam jenis gaya kepemimpinan ini sangat efektif dalam mendorong kesuksesan bisnis di masa depan lewat upaya pemberdayaan anggota tim.

  1. Essential Leadership

Selanjutnya adalah essential leadership yang mengedepankan mental serta pola pikir kepemimpinan secara tepat. 

  1. Business Leadership

Gaya kepemimpinan ini mendorong seorang leader untuk berpikir strategis dan mampu mengontrol bisnis dengan baik. 

  1. Team Leadership

Team leadership adalah jenis kepemimpinan yang membuat seorang leader mampu mengatasi beragam jenis tantangan, baik yang datang dari eksternal ataupun internal.

  1. Organizational Leadership

Pemimpin yang termasuk dalam jenis organizational leadership punya kemampuan dalam merancang serta mengelola tim sebagai upaya peningkatan akselerasi untuk mencapai tujuan bisnis.

  1. Kepemimpinan Autokratis

Autokratis adalah gaya kepemimpinan yang berpusat pada seorang pemimpin. Setiap pengambilan keputusan dilakukan secara sepihak oleh pemimpin tanpa mempertimbangkan pendapat anggota tim. 

  1. Kepemimpinan Demokratis

Pemimpin yang demokratis berupaya untuk mempertimbangkan pendapat seluruh anggota tim dalam setiap pengambilan keputusan. 

  1. Kepemimpinan Transaksional

Ada pula jenis pemimpin transaksional yang lebih berfokus pada kinerja tim. Oleh karenanya, pemimpin tersebut punya kecenderungan mempertahankan situasi kerja yang stabil. 

  1. Transformational Leadership

Transformational adalah gaya kepemimpinan yang mengedepankan perubahan. Harapannya, perubahan tersebut mampu memberikan keuntungan lebih besar bagi perusahaan.

Contoh Leadership

Untuk memperjelas pemahaman Anda terkait definisi leadership, berikut ini contoh-contoh penerapan kepemimpinan dalam sebuah perusahaan: 

  • Terjun ke lapangan dan membantu pekerjaan para karyawan
  • Membantu anggota tim yang tengah mengalami permasalahan
  • Berada di posisi paling depan ketika tim mengalami permasalahan

Bedanya Bos, Management, dan Leadership

Berkaitan dengan pengertian leadership, Anda perlu memahami perbedaannya dengan istilah lain seperti bos dan management. Terkait perbedaan antara leadership dengan management, ada 3 aspek penting yang menjadi perhatian, yaitu: 

  • Management punya tugas berkaitan aspek perencanaan serta anggaran. Sementara itu, tugas leader adalah hal-hal yang berkaitan dengan pengarahan. 
  • Dalam menjalankan tugasnya, management punya keterkaitan erat dengan pengorganisasian serta staffing. Sementara itu, leadership mengedepankan upaya penyelarasan hubungan antar personal. 
  • Management bertanggung jawab berkaitan dengan kontrol serta upaya pemecahan masalah. Sementara itu, kepemimpinan punya fokus lebih banyak pada aspek motivasi.

Sementara itu, penyebutan bos kerap merujuk pada posisi yang mempunyai kekuasaan dalam sebuah organisasi. Bos biasanya mengedepankan upaya mendapat keuntungan. Mereka tidak akan terlalu peduli pada upaya pengembangan kinerja, organisasi, ataupun hal-hal yang berkaitan dengan pengorganisasian, perencanaan, serta anggaran. 

Cara Menumbuhkan Leadership dalam Perusahaan

Kepemimpinan adalah kemampuan yang bisa Anda kembangkan. Bagaimana caranya? Ada 4 upaya yang bisa Anda praktikkan, yaitu: 

  1. Tekun

Pemimpin tidak tercipta dalam waktu singkat. Anda perlu berlatih secara tekun untuk memperoleh kemampuan leadership

  1. Berlatih Kerja Sama

Kalau ingin punya kemampuan leadership, Anda perlu mulai berlatih kerja sama. Kerja sama membuat proses pengerjaan tugas jadi lebih optimal. Selain itu, kerja sama merupakan salah satu bentuk pemberdayaan anggota tim.

  1. Menginspirasi

Seorang pemimpin perlu menjadi inspirasi orang lain. Oleh karenanya, Anda perlu berlatih untuk memotivasi serta memberi dorongan kepada anggota tim. 

  1. Disiplin

Hal yang tak kalah penting, pemimpin harus bersikap disiplin. Anda bisa mulai berlatih disiplin dengan hal-hal kecil seperti bangun pagi, olahraga rutin, dan sebagainya.

Tips Leadership

Bagi Anda yang ingin memiliki kemampuan leadership, ada beberapa tips penting yang dapat dipraktikkan, yaitu: 

  1. Bersikap Proaktif

Sikap proaktif sangat penting dalam upaya identifikasi serta penyelesaian masalah. 

  1. Tanggung Jawab

Pemimpin harus punya tanggung jawab. Sikap pemimpin yang bertanggung jawab akan menjadi teladan serta inspirasi bagi para anggota tim. 

  1. Punya Visi

Leader adalah orang yang punya tujuan jelas. Anda punya rencana yang matang untuk mencapai tujuan tersebut, baik dalam jangka pendek ataupun panjang. 

Nah, itulah penjelasan panjang mengenai arti leadership dan kenapa Anda perlu memiliki keahlian tersebut. Hal yang tak kalah penting, pastikan pula Anda menggunakan tool pendukung yang mumpuni. 

AturToko menawarkan solusi yang tepat. Anda bisa mengelola bisnis secara lebih praktis lewat layanan OmniPos. Selain itu, ada pula pilihan layanan lain seperti BuatToko dan AturToko+ yang sesuai bagi Anda dalam upaya pengembangan bisnis. 

Semoga bermanfaat, ya. 

English