FBPixel
Bagaimana Cara Mendapatkan Modal Usaha?

15 Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha Untuk Pengembangan Bisnis

Ditulis pada 26 Feb 2022 oleh

Kategori :

Saat mengelola  bisnis, Anda tentu punya keinginan agar usaha tersebut terus berkembang. Hanya saja, tidak semua orang mampu mewujudkan keinginan tersebut. Ada banyak kendala, salah satunya adalah saat proses mencari modal usaha. 

Modal usaha memang merupakan  faktor penting dalam proses pengembangan bisnis. Anda bisa menemukan banyak pilihan metode, namun perlu  kreatifitas untuk menemukan cara mendapatkan modal usaha yang tepat. 

Bagaimana Cara Mendapatkan Modal Usaha?

Bagaimana Cara Mendapatkan Modal Usaha?
unsplash.com

Ada banyak upaya yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh dana modal usaha. Sebagai pertimbangan, berikut ini adalah 15 cara mendapat modal yang selanjutnya bisa Anda manfaatkan untuk pengembangan bisnis: 

1. Bootstrapping

Cara memperoleh modal usaha yang pertama adalah lewat bootstrapping atau dana simpanan pribadi. Metode ini kerap jadi pilihan para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia. 

Penggunaan modal usaha bootstrapping memberi keuntungan berkaitan dengan pengelolaan bisnis secara independen. Anda punya kewenangan penuh dalam melakukan setiap pengambilan keputusan. Di waktu yang sama, risiko kerugian juga sepenuhnya menjadi tanggungan Anda. 

2. Meminjam dari Orang-Orang Terdekat

Ada pula pilihan cara mendapat modal usaha dengan meminjam dari orang-orang terdekat, seperti orang tua, saudara, sahabat, atau tetangga. Metode ini memungkinkan Anda memperoleh pinjaman tanpa disertai bunga. 

Hanya saja, Anda perlu memastikan proses pengembalian pinjaman sesuai dengan perjanjian. Dengan begitu, hubungan baik dengan orang-orang terdekat tetap terjaga. Tidak menutup kemungkinan, Anda akan memerlukan bantuan mereka di masa mendatang. 

3. Jual atau Gadai Aset

Pilihan cara memperoleh modal usaha dalam kewirausahaan berikutnya adalah dengan menggadaikan atau menjual aset. Metode ini berlaku ketika Anda mempunyai aset berharga yang bisa digadaikan atau dijual. Sebagai contoh, perhiasan emas, mobil, rumah, dan lain sebagainya.  

4. Mencari Rekan Bisnis

Solusi selanjutnya yang dapat Anda pilih untuk mendapatkan modal pengembangan usaha adalah dengan mencari rekan bisnis. Kehadiran rekan bisnis tidak hanya membuat Anda bisa memperoleh modal usaha tambahan. Namun, Anda juga akan mendapatkan ide kreatif yang berguna untuk memajukan bisnis. 

Hanya saja, Anda perlu cermat dalam memilih rekan bisnis. Pastikan bahwa rekan bisnis tersebut memiliki satu visi dan misi dengan Anda. Selain itu, lakukan perjanjian secara tertulis berkaitan dengan kewajiban serta hak masing-masing. 

5. Mengumpulkan Modal Usaha dari Konsumen

Selanjutnya adalah peluang untuk memperoleh modal yang berasal dari konsumen. Cara ini bisa Anda lakukan ketika menjalankan bisnis dengan cara pre order, jasa titip, dropshipper, reseller, dan sebagainya. 

Dalam cara ini, konsumen akan mengirimkan uang muka untuk pembelian yang mereka lakukan. Selanjutnya, mereka perlu menyelesaikan melunasi sisa pembayaran ketika barang telah ready

6. Ikut Serta dalam Program Pendukung UKM

Pemerintah mempunyai program yang secara khusus ditujukan kepada para pelaku UKM dalam memperoleh modal usaha tambahan. Program semacam ini biasanya disediakan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KemenkopUKM). Anda pun bisa mencari informasinya secara lebih jelas dengan mendatangi dinas terkait. 

7. Mengajukan Pinjaman Online

Anda bisa pula mencari modal usaha dengan memanfaatkan pinjaman online. Saat ini banyak bermunculan platform pinjaman online misalnya saja  KoinBisnis yang merupakan kolaborasi antara AturToko dengan KoinWorks. Di sini, Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha mencapai Rp2 miliar dengan tenor antara 6-24 bulan dan bunga 1% per bulan.  

8. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Cara cari modal usaha berikutnya adalah melalui KTA. KTA memungkinkan Anda memperoleh pinjaman modal usaha tanpa harus menyertakan jaminan. Ada banyak pilihan program KTA yang bisa Anda manfaatkan. Anda bisa memilih untuk mengajukannya ke perusahaan fintech atau bank. 

9. Kredit Multiguna (KMG)

Berkebalikan dengan KTA, kredit multiguna merupakan jenis pinjaman yang harus disertai dengan jaminan aset. Besaran pinjaman yang bisa Anda peroleh akan disesuaikan dengan nilai taksiran dari barang yang menjadi jaminan. 

Apa saja yang dapat Anda jadikan sebagai jaminan? Pilihannya beragam, mulai dari kendaraan bermotor, properti, pesawat terbang, kapal, logam mulia, mesin pabrik, ataupun hasil perkebunan dan ternak. 

10. Pinjaman Ecommerce atau Bank Digital

Pertimbangan cara mendapatkan dana untuk pengembangan usaha adalah mengajukan pinjaman ke platform ecommerce atau bank digital. Ecommerce seperti Tokopedia atau Shopee menyediakan layanan kredit bagi merchant yang menawarkan produknya di platform mereka. Jadi, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda telah bergabung. 

Alternatif lain, Anda bisa memanfaatkan layanan paylater dari bank atau dompet digital. Contohnya adalah Ovo Paylater. Selain itu, ada pula Flexi Cash yang bisa Anda dapatkan ketika tercatat sebagai pengguna Jenius. 

11. Modal Pinjaman dari Koperasi

Koperasi dapat pula menyediakan solusi cara dapat modal usaha bagi para pelaku UKM. Hanya saja, layanan simpan pinjam di koperasi biasanya ditujukan hanya bagi mereka yang telah tercatat sebagai anggota. Jadi, kalau Anda ingin mengajukan pinjaman perlu melakukan pendaftaran keanggotaan terlebih dahulu. 

12. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Selain melalui KemenkopUKM, pemerintah juga menyediakan kemudahan bagi para pelaku UKM memperoleh modal untuk usaha melalui KUR. Nilai pinjaman yang bisa Anda dapatkan dari KUR cukup tinggi, mencapai angka Rp100 juta dengan bunga yang relatif ringan. 

13. Mengajukan Hibah dan Subsidi Pemerintah

Selanjutnya adalah program dana hibah yang biasanya dikeluarkan oleh KemenkopUKM. Contoh program bantuan seperti ini yang telah berlangsung adalah BLT UMKM, ditujukan bagi para pelaku UMKM yang mengalami permasalahan usaha selama pandemi. 

14. Modal dari Investor

Cara selanjutnya adalah dengan mencari modal usaha lewat suntikan dana investor. Untuk mewujudkannya, Anda perlu menyusun business plan yang matang. Lewat business plan, Anda bisa memperlihatkan kepada investor bahwa bisnis yang tengah dijalankan punya prospek menjanjikan di masa mendatang. 

15. Go Public

Upaya terakhir yang dapat Anda lakukan dalam usaha cari modal buat usaha adalah go public atau IPO (initial public offering). Namun, ada beberapa persyaratan yang perlu Anda penuhi kalau ingin menjalankan IPO, yakni: 

  • Berbadan usaha Perseroan Terbatas (PT) dan mempunyai struktur organisasi yang jelas
  • Mempunyai aset nyata. Kalau Anda ingin masuk dalam papan pengembang, nilai minimal aset nyata yang dimiliki adalah Rp 5 miliar.
  • Mencatatkan laba, minimal dalam 2 tahun terakhir. 

Nah, itulah 15 upaya mencari modal usaha yang bisa Anda praktikkan. Kalau sudah berhasil memperoleh dana usaha, pastikan pengelolaannya berjalan dengan baik. Selain itu, Anda juga perlu mengoptimalkan manajemen usaha biar dana tidak terbuang sia-sia. 

AturToko bisa membantu Anda dalam mengelola bisnis secara lebih optimal. Anda bisa memanfaatkan pengelolaan seluruh bisnis online melalui OmniPos. Selain itu, ada pula layanan AturToko + yang memudahkan pengelolaan bisnis di berbagai marketplace dalam satu platform. Praktis!

English