FBPixel
Yuk Ketahui Apa Itu QRIS, Manfaat, dan Cara Penggunaannya Sebagai Sarana Pembayaran

Yuk Ketahui Apa Itu QRIS, Manfaat, dan Cara Penggunaannya Sebagai Sarana Pembayaran

Ditulis pada 26 Apr 2022 oleh

Kategori :

Cara pembayaran digital saat ini kian praktis, cukup dengan menggunakan aplikasi di smartphone. Proses pembayaran dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan QRIS. Namun, apakah Anda paham apa arti QRIS

Apa Itu QRIS?

Anda tentu sudah sangat sering mengetahui apa itu QRIS code. Apalagi, kode ini sudah digunakan secara luas di Indonesia. Bukan hanya dalam layanan pembayaran online, QRIS bisa pula Anda temukan saat melakukan pembayaran secara offline

Kepanjangan QRIS adalah Quick Response Code Indonesian Standard. Keberadaannya merupakan bagian dari kebijakan Bank Indonesia (BI) dalam menetapkan standar kode QR yang digunakan di dalam negeri. 

Info Terkini QRIS

Penggunaan QRIS di Indonesia telah dilakukan sejak tahun 2019. Sejak peluncurannya tersebut, angka pemakaian kode QR ini terus mengalami peningkatan. Per Desember 2021, jumlah pengguna QRIS mencapai lebih dari 12 juta merchant. Angka tersebut pun bakal terus mengalami peningkatan seiring kemudahan pemakaian layanan ini. 

Batasan Transaksi QRIS

Setelah mengetahui kegunaan QRIS sebagai sarana pembayaran, Anda perlu tahu kalau ada batasan nominal transaksi yang diberlakukan oleh BI. Dalam setiap transaksi, batas nominal transaksi menggunakan QRIS adalah sebesar Rp10 juta per transaksi. 

Selain itu, pihak penerbit punya wewenang dalam menetapkan batas nominal kumulatif baik yang sifatnya bulanan atau harian. Penetapan batas nominal kumulatif tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan manajemen risiko oleh pihak penerbit. 

Cara Bertransaksi Menggunakan QRIS

Proses pembayaran transaksi menggunakan QRIS sangat mudah. Anda hanya perlu menjalankan aplikasi pemindaian kode QR di smartphone. Selanjutnya, Anda tinggal melakukan konfirmasi pembayaran. Praktis dan bisa dilakukan oleh siapa saja. 

Biaya Transaksi QRIS

Dalam pemakaian layanan pembayaran QRIS, ada biaya yang perlu dibayarkan. Biaya tersebut dikenal dengan istilah merchant discount rate (MDR) yang beban pembayarannya dilakukan oleh merchant. Besaran MDR yang perlu dibayarkan adalah sebesar 0,7%.

Pihak yang Terlibat dalam Proses Transaksi QRIS

Penggunaan layanan pembayaran QRIS melibatkan berbagai pihak. Mereka yang mempunyai kaitan dengan pemakaian QRIS di antaranya adalah aplikasi pembayaran, lembaga switching, pengelola national merchant repository, serta merchant aggregator.

Sumber Dana Transaksi QRIS

Dalam pemakaiannya, transaksi QRIS menggunakan berbagai sumber dana. Jenis sumber dana tersebut di antaranya adalah simpanan uang yang berupa kartu debit, kartu kredit, atau uang elektronik. 

Ketentuan Penggunaan QRIS

Pelaku usaha bisa mengajukan pemanfaatan layanan pembayaran berbasis QRIS dengan mengajukan proses pendaftaran. Penggunaannya tidak hanya ditujukan untuk pelaku usaha yang sudah berbadan hukum, tetapi bisa pula dimanfaatkan oleh pemilik usaha perorangan. 

Selanjutnya, Anda bisa memilih model penggunaan QRIS sebagai sarana pembayaran. Anda dapat mengajukan metode MPM statis, MPM dinamis, atau CPM.  

Karakteristik QRIS

Saat menggunakan QR berstandar dari Bank Indonesia, Anda akan menjumpai keunggulan QRIS yang sekaligus menjadi karakteristiknya. Keunggulan tersebut adalah: 

1. Universal

QRIS code merupakan cara pembayaran yang bisa Anda lakukan dengan berbagai jenis aplikasi. Dengan menggunakan QRIS, Anda tidak perlu menginstal beragam jenis aplikasi untuk penggunaan berbagai jenis sarana pembayaran.

2. Gampang

Cara pemakaian QRIS sangat mudah. Anda tinggal melakukan pemindaian, klik, dan lakukan pembayaran. Selain itu, pihak merchant bisa menempatkan cukup satu kode QR di lapak yang selanjutnya bisa dimanfaatkan untuk berbagai jenis aplikasi pembayaran.

3. Untung

Pemakaian QRIS sangat menguntungkan. Alasannya, Anda hanya perlu menggunakan minimal satu akun untuk melakukan pelayanan pembayaran memakai kode QR.

4. Langsung.

Cara pembayaran menggunakan QRIS dapat diproses secara langsung. Anda akan memperoleh notifikasi untuk setiap pembayaran yang telah berhasil dilakukan.

Tujuan QRIS

QRIS dapat menerima pembayaran dari mana saja yang bersifat digital. Hal ini selaras dengan tujuan penerapannya, yaitu memudahkan proses pembayaran yang berlangsung di ranah digital. Penggunaannya bisa memudahkan pembeli ataupun merchant dalam proses pengawasan keuangan karena hanya berlangsung melalui satu jalur. 

Manfaat Pemakaian QRIS

Adanya QRIS mempunyai manfaat, tidak hanya bagi pengguna tetapi juga bagi merchant

Manfaat QRIS untuk Pengguna Aplikasi Pembayaran

  • Proses transaksi yang modern dan berlangsung cepat
  • Sederhana, bisa melakukan pembayaran tanpa harus menyiapkan uang tunai di dompet
  • Dapat digunakan untuk melakukan pembayaran berbagai jenis aplikasi
  • Tingkat keamanan yang terjamin, karena setiap PJSP yang bertindak sebagai penyelenggara telah memperoleh izin serta berada dalam pengawasan BI

Manfaat QRIS bagi Merchant

  • Mendorong peningkatan kualitas pelayanan
  • Meningkatkan kualitas merek
  • Cara pembayaran yang praktis dan kekinian
  • Menghemat biaya pengelolaan uang kas
  • Sarana efektif dalam menghindari peredaran uang palsu
  • Praktis karena tidak perlu menyediakan uang kembalian
  • Membantu merchant dalam memisahkan keuangan pribadi dan usaha
  • Mempermudah proses rekonsiliasi

Jenis Pembayaran yang Memakai QRIS

Dalam pemakaiannya, Anda bisa menggunakan cara pembayaran QRIS dengan 3 cara, yaitu: 

  • Merchant Presented Mode (MPM) Statis. Metode ini dapat Anda lakukan dengan memajang print-out QRIS yang kemudian bisa dipindai oleh setiap konsumen. Pilihan cara ini sesuai untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). 
  • Merchant Presented Mode (MPM) Dinamis. Dalam metode ini, merchant perlu menyediakan perangkat berupa mesin EDC atau smartphone. Selanjutnya, perangkat tersebut berguna untuk mengeluarkan QRIS yang bersifat unik untuk masing-masing konsumen.
  • Customer Presented Mode (CPM). Pada mode pembayaran CPM, pihak yang perlu menyodorkan kode QRIS bukan merchant, melainkan konsumen. 

Cara Menggunakan QRIS Sebagai Sarana Pembayaran

Bagi para merchant yang ingin memanfaatkan QRIS sebagai sarana pembayaran, caranya mudah. Anda hanya perlu mengikuti tahapan sebagai berikut: 

  • Lakukan pendaftaran pada layanan PJSP penyelenggara QRIS. Data lengkap terkait daftar PJSP yang terdaftar di BI bisa Anda lihat pada tautan berikut.
  • Lengkap persyaratan dokumen serta data usaha yang dibutuhkan. Setelah itu, tunggu proses verifikasi. 
  • Kalau verifikasi berhasil, Anda akan memperoleh Merchant ID serta kode QRIS dari PJSP. 
  • Langkah berikutnya, lakukan instalasi aplikasi sebagai salah satu merchant QRIS. 
  • QRIS sudah bisa Anda manfaatkan sebagai sarana pembayaran. 

Pemanfaatan QRIS sangat efektif dalam menunjang aktivitas bisnis, apalagi bagi Anda para pebisnis online. Tak lupa, Anda juga perlu memanfaatkan layanan AturToko agar pengelolaan toko online berjalan efektif. 

Dengan AturToko, Anda tidak akan melewatkan setiap transaksi yang berlangsung melalui berbagai platform. Alhasil, Anda bisa meningkatkan kualitas pelayanan dan membangun bisnis jadi lebih besar.

English