FBPixel
Cara Meningkatkan Penjualan untuk Mendapatkan Keuntungan Maksimal

Cara Meningkatkan Penjualan untuk Mendapatkan Keuntungan Maksimal

Ditulis pada 22 Apr 2022 oleh

Kategori :

Omzet bisa disebut sebagai jantungnya suatu bisnis. Ini berarti, omzet mempunyai peran yang sangat krusial dalam suatu perusahaan. Membicarakan omzet pasti berhubungan dengan penjualan produk. Jadi, apabila Anda menginginkan peningkatan hasil bisnis, maka Anda perlu mengetahui bagaimana cara meningkatkan penjualan yang tepat dan kreatif. 

Tantangan dalam Meningkatkan Pendapatan

Dalam suatu bisnis, perlu adanya suatu metode yang mencakup periode waktu tertentu, baik itu dalam hitungan bulan maupun tahun. Metode ini akan menjadi pembeda siapa yang akan memimpin pasar dengan kompetitor. Inilah mengapa, penting untuk menyusun strategi atau metode yang memiliki probabilitas keberhasilan terbesar dalam menaikkan omzet. 

Perlu diketahui bahwa berhasil atau tidaknya suatu bisnis dapat terlihat dari berapa banyak penjualan yang berhasil dilakukan. Dengan penerapan metode yang tepat, Anda akan mendapatkan hasil lebih maksimal atas nominal investasi yang Anda tanamkan. Angka penjualan merupakan realita dari suatu bisnis yang merefleksikan ukuran besar kecilnya perusahaan dan berapa banyak keuntungan yang dihasilkan.

Meski demikian, fakta menunjukkan bahwa lebih banyak terjadi kegagalan bisnis dibandingkan dengan bisnis yang berhasil. Kegagalan tersebut tak hanya dalam wujud hilangnya modal yang sudah diinvestasikan (baik sebagian atau keseluruhan), tetapi juga hilangnya waktu untuk mengambil peluang yang bisa saja lebih menjanjikan.

Kegagalan suatu bisnis lebih banyak terjadi karena angka penjualan yang rendah. Apa pun alasannya, tanpa penjualan yang besar dan selaras dengan modal yang Anda tanamkan, keberlangsungan bisnis Anda tidak akan terjamin.

Definisi Omzet

Omzet merupakan seluruh uang yang diperoleh dari penjualan suatu produk dalam periode tertentu. Sederhananya, omzet punya arti yang sama dengan pendapatan bruto karena meliputi semua uang hasil penjualan tanpa dikurangi modal. Meski demikian, besarnya omzet tidak dapat digunakan sebagai acuan keberhasilan perusahaan. 

Perbedaan antara Omzet dan Keuntungan

Meski sama-sama punya arti sebagai hasil penjualan, omzet dan keuntungan nyatanya adalah dua hal yang berbeda. Jika omzet merupakan pendapatan kotor, keuntungan diartikan sebagai penghasilan bersih. Ini karena profit dihitung berdasarkan omzet yang sudah dikurangi dengan biaya produksi. Nah, besar kecilnya profit yang diperoleh bisa menjadi acuan keberhasilan perusahaan.

Baca juga: Target Pasar: Definisi, Manfaat dan Cara Menentukannya untuk Kemajuan Bisnis Anda

Cara Menghitung Pendapatan Penjualan Toko

Lalu, bagaimana cara menghitung pendapatan atau omzet? Anda bisa menerapkan rumus berikut ini. 

Omzet = Jumlah Produk x Harga Penjualan

Contohnya, sebuah toko sapu tangan menjual produk seharga Rp20.000. Toko tersebut mampu menjual 100 produk setiap bulan. Jadi, omzet toko ini adalah:

100 x Rp20.000 = Rp2.000.000

Apabila toko sapu tangan punya banyak motif dengan harga jual yang variatif, maka cara menghitung omzet toko juga berbeda. Rumusnya adalah:

Omzet = (Produk A x Harga Penjualan A) + (Produk B x Harga Penjualan B) + … (Produk n x Harga Penjualan n)

Cara Tepat Meningkatkan Penjualan Produk

Supaya mendapatkan keuntungan yang tinggi, ada beberapa cara menaikkan omzet penjualan yang dapat Anda terapkan, di antaranya: 

Fokus pada Inovasi dan Kualitas Produk

Meski memiliki modal besar, tanpa adanya inovasi, bukan tidak mungkin bisnis Anda akan mengalami penurunan omzet. Inovasi dibutuhkan agar bisnis dapat bersaing di pasar. Caranya bisa dengan membuat produk baru atau mengubah produk lama dengan tampilan baru. Selain itu, Anda harus bisa mempertahankan kualitas produk. Pasalnya, makin berkualitas suatu produk, makin tinggi pula peminatnya meski memiliki harga yang cukup tinggi. 

Maksimalkan Pelayanan Pelanggan

Cara meningkatkan omzet perusahaan juga bisa dilakukan dengan memberikan pelayanan pelanggan yang baik. Makin baik pelayanan Anda, pelanggan akan makin setia terhadap produk yang Anda tawarkan. 

Promosi yang Tepat

Promosi juga bisa Anda pertimbangkan untuk meningkatkan penjualan produk. Namun, pastikan promosi yang Anda tawarkan tepat sasaran dan mampu menarik minat pelanggan. Misalnya, potongan harga khusus yang hanya berlaku selama waktu tertentu. 

Melebarkan Target Pasar

Cara meningkatkan omset penjualan perusahaan lebih cepat bisa dilakukan dengan melebarkan pasar. Caranya yaitu membuka cabang baru atau memaksimalkan semua media daring maupun konvensional untuk memasarkan produk Anda. 

Strategi Pemasaran yang Terarah

Cara meningkatkan penjualan bisa dengan membuat strategi bisnis yang terarah. Salah satunya dengan memiliki laporan penjualan bulanan. Ini akan membantu Anda mengetahui potensi baru atau mengevaluasi kekurangan untuk terus meningkatkan omzet. 

Pemasaran Digital

Memasarkan produk secara digital juga menjadi cara meningkatkan penjualan toko yang bisa Anda coba. Melalui cara tersebut, bisnis Anda akan berpotensi mendapatkan target pasar yang lebih besar. Caranya juga sangat beragam, mulai dari memanfaatkan fitur Facebook Ads, beriklan di Google Ads, promosi melalui email, hingga memanfaatkan teknik SEO. 

Berikan Garansi

Pelanggan membutuhkan garansi produk untuk memastikan bahwa perusahaan bertanggung jawab terhadap semua kerusakan yang terjadi bukan karena kesalahan pembeli. Adanya garansi juga membuat pelanggan merasa aman setiap kali membeli produk Anda.

Memberikan Ulasan

Ulasan yang berasal dari pengguna sangat penting terhadap kemajuan bisnis. Sebab, ini akan membantu menarik minat pelanggan baru untuk mencoba membeli produk Anda. Adanya ulasan dari para pembeli juga menjadi salah satu cara menaikan omset penjualan yang cukup efektif. 

Branding yang Kuat

Sudah bukan rahasia bahwa pelanggan cenderung membeli produk dari brand yang lebih populer. Mereka beranggapan bahwa brand terkenal tentu lebih dipercaya pelanggan. Artinya, Anda perlu branding yang kuat untuk bisa bersaing di pasar. Caranya bisa dengan membangun kepercayaan dan meningkatkan kepuasan pelanggan. 

Strategi Mencapai Target Omzet Penjualan

Selain mengetahui cara meningkatkan penjualan, Anda juga harus tahu apa saja strategi meningkatkan penjualan untuk mencapai target yang diinginkan, yaitu:

Tetapkan Target

Tetapkan target penjualan setiap bulan. Lalu, hitung omzetnya apabila berhasil mencapai target. Menentukan target bisa dilakukan secara menyeluruh atau berdasarkan jenis produk. 

Lakukan Evaluasi

Secara rutin, lakukan evaluasi untuk mengetahui bagaimana kinerja perusahaan, apa saja kendala yang dihadapi, dan solusi untuk mengatasi kendala tersebut. 

Tentukan Strategi

Lalu, tentukan rencana supaya Anda bisa mencapai target berikutnya. Anda juga bisa menggabungkan rencana baru dengan strategi lama yang berhasil membawa keuntungan bisnis yang besar. 

Tetap Konsisten

Kegagalan dalam bisnis menjadi hal yang biasa. Intinya, Anda harus terus konsisten dan belajar dari pengalaman untuk menjadi lebih baik lagi di masa mendatang. 

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Pengertian, Manfaat, dan Apa Fungsi Iklan

Menilik Kembali Harga Suatu Produk

Agar bisnis tetap stabil, Anda perlu melakukan tinjauan ulang terhadap harga produk dengan melakukan survei dan riset secara berkala untuk mendapatkan strategi baru. Peningkatan harga tentu harus sesuai dengan keuntungan yang didapat oleh pelanggan. Misalnya dengan memberikan garansi, pelayanan pelanggan, regulasi yang lebih terarah, atau pemilihan bahan baku yang berkualitas. 

Menjaga Loyalitas Pelanggan

Tak lupa, Anda juga harus menjaga loyalitas pelanggan. Pasalnya, pelanggan lama cenderung lebih cepat membeli produk Anda dibandingkan dengan pelanggan baru. Apabila Anda menekuni bisnis retail, mendapatkan kontak pelanggan menjadi salah satu cara efektif untuk memberikan informasi produk. 

Sementara itu, apabila Anda menggeluti bisnis B2B, menyimpan kontak relasi tentu menjadi pertimbangan yang pas untuk membantu meningkatkan penjualan. Terkadang, para pelanggan akan memberikan masukan terkait produk Anda yang menjadi aspek penting kemajuan bisnis. 

Pentingnya Meningkatkan Penjualan

Peningkatan penjualan adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh semua pemilik usaha. Mengapa? Berikut beberapa alasannya:

  • Makin banyak produk yang berhasil dijual, omzet juga akan meningkat
  • Kesempatan untuk mendapatkan keuntungan berlipat
  • Perkembangan bisnis
  • Berpeluang membuka lapangan kerja baru
  • Berpotensi menguasai pasar bisnis
  • Meningkatkan modal dan keuangan

Salah satu usaha meningkatkan omzet dan keuntungan yang bisa Anda lakukan adalah memastikan bisnis berjalan baik dan lancar. Hal ini dapat terpenuhi dengan bantuan tool modern yang ditawarkan oleh AturToko. Melalui AturToko, Anda dapat mengelola bisnis lebih mudah dengan pengoperasian melalui bermacam platform. Yuk, segera daftar di sini!

English