FBPixel
Meraih Target Bisnis dengan Action Plan

Meraih Target Bisnis dengan Action Plan

Ditulis pada 01 Sep 2022 oleh

Meraih Target Bisnis dengan Action Plan

Meraih Target Bisnis dengan Action Plan-Mencapai target dalam berbisnis bukanlah hal yang mudah, terutama bagi Anda yang baru menjalankan bisnis. Apapun bisnisnya, pasti memiliki target bisnis. Untuk itu, perlu menyusun rencana mengenai kebutuhan sebuah proyek dan bagaimana cara menyelesaikannya dengan menggunakan action plan agar Anda bisa meraih target bisnis dengan action plan.

Pada era global ini Anda harus dapat menggunakan waktu secara efektif dan efisien karena sering sekali pekerjaan datang secara bersamaan dengan volume yang cukup banyak. Action Plan akan mempermudah Anda untuk fokus mengerjakan semua deadline tersebut dengan langkah-langkah yang lebih terstruktur agar dapat mewujudkan sasaran strategis dalam bisnis.

Pengertian Action Plan

Action plan adalah bagian penting dari proses manajemen proyek dan membantu kinerja tim seperti sales force atau tim penjualan. Bukan hanya manajemen proyek, tetapi juga bisa dipakai sales force untuk mempersiapkan strategi penjualan lebih optimal.

Contoh Action Plan Adalah

Kita bisa melihat penerapan lebih langsung melalui contoh action plan berikut:

  • Pertama, contoh action plan adalah menentukan tujuan yang ingin dicapai secara jelas.
  • Kemudian, mempersiapkan tugas/ langkah yang diperlukan dalam mencapai tujuan tersebut.
  • Melaksanakan tugas dengan tanggung jawab.
  • Menentukan tenggat waktu dan pencapaian.
  • Mendukung dengan sumber daya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas.
  • Terakhir, evaluasi dan analisis kemajuan yang dihasilkan.

Baca Juga : Segmenting, Targeting, Positioning atau STP: Pengertian dan Cara Penerapannya

Apa Saja Manfaatnya?

Keunggulan dari action plan adalah memudahkan dalam pelacakan kemajuan dan merencanakan berbagai hal secara efektif. Beberapa manfaatnya sebagai berikut:

  • Memberikan arah yang jelas dan langkah apa yang harus diambil.
  • Memiliki tujuan yang direncanakan agar tetap termotivasi sepanjang proyek dikerjakan.
  • Anda bisa melacak kemajuan sejauh mana proyek berjalan.
  • Semua langkah dicantumkan dalam daftar periksa atau action plan, sehingga Anda bisa memprioritaskan tugas sesuai kebutuhan.

Cara Menulis Action Plan yang Efektif

Untuk menjaga diri Anda tetap fokus pada setiap pekerjaan dan penggunaan kerangka kerja sederhana dapat membantu dalam memberi kejelasan suatu pekerjaan. Sedangkan action plan mungkin berbeda dalam hal tugas dan jadwal, biasanya sesuai dengan struktur dan mencakup jenis informasi yang sama. Berikut cara menulis action plan untuk membantu Anda meraih target bisnis dengan action plan, ikuti lima langkah ini:

  1. Tetapkan sebuah tujuan karena dengan tujuan yang jelas maka Anda dapat menguraikan langkah-langkah yang lebih akurat untuk mencapai target.
  2. Buat daftar tugas atau sebuah tindakan yang perlu kamu lakukan untuk mencapai tujuan. Uraikan tujuan utama kamu ke dalam tujuan yang lebih kecil
  3. Mengatur timeline menggunakan Aplikasi Time-tracking agar dapat mempertimbangkan jumlah waktu yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan setiap tugas.
  4. Menentukan sumber daya dengan menilai keterampilan dan kemampuan tim Anda untuk menentukan yang mana dari mereka yang paling memenuhi syarat untuk melakukan setiap tugas.
  5. Pantau perkembangannya dengan membuat laporan internal atau mengadakan pertemuan rutin.

Tips Membuat Action Plan yang Baik

Action plan adalah aset berharga bagi proyek apapun. Namun, Anda perlu mengetahui bahwa untuk Membuat dan memantaunya dengan baik membutuhkan waktu dan pengalaman. Tetapi tenang saja, kami akan berikan beberapa tips untuk membantu Anda dalam membuat action plan yang baik:

Fokus pada prioritas

Dalam menentukan rencana Anda mungkin telah tugas mana yang merupakan prioritas. Tetapi harus tetap bersiap untuk perubahan yang perlu selama proyek berlangsung. Apabila situasi tersebut muncul, maka harus dapat mempertimbangkan apakah itu item prioritas tinggi atau tidak. 

Menandai tugas yang selesai

Pastikan untuk menandai setiap tugas apabila sudah selesai setelah Anda mendapatkan konfirmasi. Jika tidak hal tersebut maka akan sulit untuk melihat apa yang telah dilakukan dan apa yang tersisa untuk dilakukan. Terlebih bagi proyek besar yang memiliki banyak tugas.

Perhatikan tugas yang akan datang atau terlambat

Jika terdapat tugas yang belum tercapai tujuannya, maka itu harus menjadi prioritas. Kemudian perlu menentukan apa yang menjadi penghalang dan bagaimana mengatasinya. Tetap berada di depan masalah akan menjamin keberhasilan.

Demikian tips Meraih Target Bisnis dengan Action Plan, semoga membantu!

English