FBPixel
Cara Menarik Konsumen

Cara Menarik Konsumen

Ditulis pada 23 Aug 2022 oleh

Cara Menarik Konsumen

Cara Menarik Konsumen-Untuk bisnis baru, tantangan utama dalam pemasaran adalah bagaimana cara menarik perhatian calon konsumen agar melirik layanan atau produk yang Anda jual. Tidak mudah, namun tidak begitu sulit juga. Saat ini cukup banyak cara pemasaran hingga inovasi yang bisa Anda coba untuk menarik perhatian pelanggan.

Beberapa cara inovasi pemasaran di antaranya yaitu: 

1. Bangun Strategi Media Sosial

Di era populernya media sosial seperti sekarang, bukan hanya bisnis online semata yang perlu memiliki akun dan membangun strategi branding. Bisnis offline juga perlu. Sebab, media sosial bisa membantu bisnis Anda menjangkau jutaan orang dalam sekali waktu. Semakin banyak orang kenal dan terpapar oleh branding, serta komunikasi produk di media sosial, pelan-pelan dampaknya tentu akan terasa pada bisnis Anda, meski offline sekalipun.

Contoh: bisnis kuliner. Banyak sekali restoran atau tempat makan yang membangun strategi media sosial yang sangat jor-joran, demi menggaet pelanggan baru untuk datang ke outletnya. Bisa dengan posting menu baru dengan foto yang menggugah selera, posting promosi atau kuis di media sosial yang mengajak followers untuk lebih engage, hingga mengunggah jam operasional.

Dengan akun media sosial, ini juga bisa menjadi bukti bisnis yang Anda jalani nyata, bukan tipu-tipu, dan benar-benar eksis. Selain mencari di search engine seperti Google, orang akan melakukan validasi untuk berbagai hal melalui media sosial.

2. Bangun Hubungan dengan Calon Konsumen

Ketika akun media sosial bisnis Anda berhasil dibuat, dan strateginya sudah dieksekusi dengan baik, ditambah banyak follower, jangan lupa menjalin hubungan yang ramah.  Misalnya Anda bisa mencoba rutin membuat postingan yang meminta mereka berpartisipasi, komen, like, share, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga membalas setiap pertanyaan yang masuk ke media sosial dengan sejelas-jelasnya dan seramah mungkin.

3. Gunakan Beberapa Channel Pemasaran

Selain media sosial, anda juga bisa mencoba beberapa channel pemasaran lainnya. Contoh, jika target market adalah Gen Z yang berumur 8-25 tahun, pertimbangkan untuk menggunakan TikTok sebagai strategi pemasaran. Jangan hanya berfokus ke Instagram, atau Facebook saja.

Sebab, Gen Z biasanya sangat aktif membuka TikTok setiap harinya. Jika Anda berkolaborasi dengan salah satu influencer di TikTok, peluang bisnis Anda dilirik oleh target market juga semakin besar.

Namun, jika target market bisnis Anda adalah milenial berumur 25-30 tahun ke atas, pertimbangkan juga menggunakan email marketing sebagai strategi pemasaran. Sebab, milenial di rentang umur tersebut biasanya sangat aktif dalam mengecek email setiap harinya.

4. Buat Promosi, Giveaway, atau Kuis Berhadiah

Nah, salah satu cara termudah mendapatkan pelanggan baru dengan mengadakan aneka jenis promosi, baik online maupun offline. Misalnya, paket bundling, giveaway, atau kuis yang berhadiah produk Anda. Meski tidak spesifik berdampak pada penjualan, giveaway atau kuis berhadiah akan meningkatkan awareness orang terhadap bisnis Anda.  Jika ingin menjalankan strategi ini, Anda perlu menyesuaikan bugetnya dengan margin dan hitung-hitungan bisnis yang sesuai supaya nggak rugi.

 5. Sediakan Sample Produk Gratis untuk Dicoba Konsumen

Supaya calon pelanggan tertarik mendekat dan mencoba produk yang Anda suguhkan, Anda juga bisa memberikan sample produk secara gratis. Misalnya, jika Anda menjual aneka snack dan minuman di booth, sediakan sampel snack tersebut dalam porsi kecil. Dengan begini, calon konsumen bisa tertarik dan penasaran, yang akhirnya akan membeli produk Anda secara utuh.

6.  Berjualan di Banyak Marketplace

Setelah jualan Anda di media sosial terbilang cukup laris, Anda juga bisa mencoba peruntungan lain untuk berjualan di Marketplace dan platform toko online yang lain. Hal tersebut misalkan saja Shopee, Lazada, Tokopedia, BliBli.com, Zalora, dan masih banyak yang lainnya. Cara berjualan di platform toko online tersebut sangatlah mudah. Anda bisa belajar banyak dari internet mengenai hal ini.

Anda bisa berjualan di banyak marketplace dan mengurus semuanya dalam satu dashboard dengan omnipos. Omnipos adalah Platform yang terhubung dengan beberapa marketplace untuk mengatur dan memproses seluruh order Omnichannel Anda, inventaris produk secara real time, upload massal produk, chat multiple marketplace dan termasuk sistem POS untuk penjualan offline.

itulah Tips jualan online bagi pemula yang bisa anda lakukan untuk anda yang ingin memulai jualan online, selamat mencoba!

English