FBPixel
Meningkatkan Penjualan Dengan Memperluas Pasar Digital

Meningkatkan Penjualan Dengan Memperluas Pasar Digital

Ditulis pada 19 Jul 2022 oleh

Meningkatkan Penjualan Dengan Memperluas Pasar Digital – Mendengar kata digital mungkin sudah tidak asing lagi di era saat ini , dengan seiring perkembangan zaman saat ini kebanyakan sudah menggunakan digital di kehidupan sehari- hari termasuk para pebisnis. Dengan demikian para pebisnispun beralih ke digital dan mencari pasar digital itu sendiri .  Sebelum melanjutkan  pembahasan cari tahu dulu yuk apa itu pasar digital dan bagaimana cara memperluas penjualan dengan memperluas pasar digital.

Pengertian Pasar Digital

Pasar digital atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan e-commerce adalah media atau cara dan usaha untuk memperkenalkan suatu barang, jasa atau merk tertentu  dengan menggunakan media digital dan biasanya dilakukan dengan bantuan jaringan internet. E-commerce melibatkan banyak jenis transaksi yang menggunakan media elektronik, baik televisi, telepon atau menggunakan jaringan internet.

Pasar digital memiliki tujuan yang sama dengan pasar tradisional pada umumnya, yaitu menjadi wadah transaksi jual beli. Tapi pasar digital memiliki karakteristiknya sendiri, diantaranya adalah  :

  • Transaksi dapat dilakukan kapanpun dan dimana saja.
  • Menggunakan media elektronik sebagai perangkat utama.
  • Proses jual beli dilakukan tanpa tatap muka.

Baca juga : Contoh Omnichannel, Strategi Marketing Terbaik di Era Digital

Jenis-jenis Pasar Digital

Pasar digital atau e-commerce dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

  • Bussines-to-Bussines (B2B)

E-commerce yang satu ini merupakan yang paling besar karena meliputi transaksi yang dilakukan antar perusahaan atau jenis usaha.

B2B adalah transaksi yang dilakukan baik elektronik maupun fisik antara bisnis satu dan bisnis yang lainnya.

Konsumen dari penjualan barang dan jasa ini bukanlah konsumen perorangan, tapi sebuah grup atau kelompok yang menjalankan bisnis.

  • Bussines-to-Cunsumers (B2C)

Bussnines to cunsumers adalah jenis bisnis e-commerce yang cukup umum dan paling dikenal oleh masyarakat. 

Jika B2B menawarkan barang dan jasa kepada perusahaan lain, maka B2C adalah proses transaksi yang dilakukan antara produsen yang menjual barang atau jasa langsung kepada konsumen terakhir.

Bussines to cunsumers tidak jauh berbeda dengan toko ritel yang memiliki produk eceran untuk dijual dan Gudang untuk stok barang.

Perbedaannya dengan took ritel biasa adalah proses transaksi yang dilakukan secara online. B2C begitu mudah dan dinamis sehingga cepat berkembang. 

  • Consumers-to-Consumers (C2C)

Consumers to consumers juga termasuk jenis model bisnis e-commerce yang populer.

C2C adalah transaksi barang atau jasa yang dilakukan dari konsumen kepada konsumen.

C2C terbagi atas dua model yakni marketplace dan classifed.

Di dalam model marketplace, konsumen sebagai penyedia barang dan jasa membutuhkan sebuah platform sebagai wadah transaksi.

Di dalam platform tersebut, konsumen yang bertindak sebagi penjual dapat mem-posting berbagai produk untuk dibeli oleh konsumen lainnya.

Untuk model classified yang memberikan kebebasan terhadap penjual dan pembeli untuk bertransaksi secara langsung.

Website yang tersedia hanya berfungsi untuk mempertemukan antara penjual dan pembeli namun tidak memfasilitasi transaksi jual beli online.

  • Consumer-to-Business (C2B)
  • Top of Form

 Seperti namanya, di dalam jenis Consumer-to-Business (C2B) transaksi jual beli produk atau jasa dilakukan dari konsumen kepada perusahaan.

Ini adalah kebalikan penuh dari jenis B2C yang telah dijelaskan sebelumnya. Dalam jenis ini individu menawarkan produk atau jasa terhadap perusahaan yang membutuhkan dan siap untuk membelinya.

Contoh mudahnya adalah para content writer yang menawarkan kemampuannya untuk menulis kepada perusahaan yang membutuhkan.

  • Business-to-Administration (B2A)

Business-to-Administration (B2A) atau yang bisa dikenal sebagai Business-to-Government (B2G) adalah jenis e-commerce yang menjual produk atau jasa kepada lembaga pemerintah.

Nantinya pihak bisnis akan menawarkan berbagai jenis produk yang dibutuhkan untuk operasionalisasi dan proyek pemerintah.

Dan transaksi jenis ini dilakukan dengan mengajukan tender.

Setelah mengetahui jenis-jenis e-commerce, kamu yang memiliki bisnis online pasti penasaran bagaimana cara Meningkatkan Penjualan Dengan Memperluas Pasar Digital. Simak Tips dibawah ini :

  1. Berkolaborasi dengan perusahaan lain

Brand lain tak selamanya jadi kompetitor, tapi kolaborator juga. Kolaborasi dapat meluaskan jangkauan pasar dan meningkatkan brand awareness. Saat ini, sudah banyak brand yang berkolaborasi, terutama brand yang bergerak di bisnis FnB.

  1. Memanfaatkan iklan berbayar

Untuk mendongkrak pertumbuhan bisnis digital adalah dengan memanfaatkan iklan berbayar. Ada beragam platform iklan berbayar yang bisa kamu manfaatkan, contohnya Google Ads, Facebook Ads, dan Tiktok Ads. 

Iklan berbayar di pandang ampuh menarik konsumen karena bisnismu telah hadir dalam dunia digital. Sehingga konsumen lebih mudah menjangkau kamu dan mendapatkan produk yang mereka inginkan.

  1. Berjualan dengan banyak marketplace

Berjualan dengan banyak marketplace dapat membantu memperkenalkan dan meluaskan penjualan, namun untuk melebarkan jangkauan tentunya ada kebutuhan waktu bahkan tenaga ekstra. Lalu bagaimana solusi untuk kasus seperti ini ? Dimasa yang serba digital ini Kamu bisa menggunakan strategi marketing omnichannel. 

Omnichannel adalah suatu sistem yang memungkinkan pembeli menggunakan lebih dari satu channel penjualan milikmu. Dengan omnichanel kamu dapat mengelola beberapa chanel pasar digital kamu secara sekaligus.

Satu Akses untuk Semua Toko Jualan Anda dengan OmniPos! 

Meningkatkan Penjualan Dengan Memperluas Pasar Digital

Omnipos adalah Platform yang terhubung dengan beberapa marketplace untuk mengatur dan memproses seluruh order Omnichannel Anda, inventaris produk secara real time, upload massal produk, chat multiple marketplace dan termasuk sistem POS untuk penjualan offline.

Keuntungan Menggunakan OmniPos

  1. Dapat memproses seluruh aktivitas orderan marketplace Anda dalam satu platform;
  2. Real Time inventaris stok di marketplace dan website Anda yang terhubung;
  3. Terdapat sistem POS untuk jualan offline;
  4. Dapat terintegrasi ke Software pembukuan seperti Accurate dan Jurnal;
  5. Chat marketplace Anda di satu platform;
  6. Bisa melakukan upload massal dan duplikasi produk ke semua marketplace;
  7. Download laporan penjualan dan data pelanggan tiap marketplace Anda per periode/tanggal.

yuk Meningkatkan Penjualan Dengan Memperluas Pasar Digital !

English