FBPixel
Mau Angka Penjualan Melejit? Coba 8 Ide Promosi Kreatif Ini!

Mau Angka Penjualan Melejit? Coba 8 Ide Promosi Kreatif Ini!

Ditulis pada 28 Jun 2022 oleh

Kategori :

Siapa sih yang tidak ingin produknya laris manis di pasaran? Supaya konsumen terus mencari produk, Anda tentu perlu ide promosi kreatif yang bisa menaikkan penjualan. 

Namun, sebagian pebisnis pemula merasa kesulitan menyusun strategi promosi secara kreatif. Banyak pebisnis masih terjebak melakukan cara konvensional yang belum terbukti efektif memikat konsumen. Jika Anda salah satunya, simak penjelasan lengkap tentang ide kreatif untuk meningkatkan penjualan berikut ini.

Apakah Pemasaran dan Promosi Sama? 

Sebelum itu, mari pahami dahulu bahwa pemasaran dan promosi tidak sama, meski keduanya diterapkan dalam pengembangan bisnis. Beberapa perbedaan tersebut adalah:

Tujuan

Pemasaran bertujuan menyampaikan informasi keunggulan suatu produk. Sementara itu, promosi bertujuan menawarkan produk/jasa agar calon konsumen mau mencoba dan membelinya.

Aktivitas

Aktivitas pemasaran mencakup merencanakan produk, menetapkan harga, memperkenalkan produk, dan distribusi barang. Aktivitas promosi fokus pada penjualan produk yang bisa menaikkan angka penjualan.

Strategi

Pemasaran mengandalkan rumus 7P, yaitu Product, Place, Price, People, Promotion, Process, dan Physical evidence. Artinya, promosi jadi bagian dari pemasaran yang bisa dilakukan dalam berbagai bentuk, seperti iklan, sale promotion, dan publisitas.

Tantangan Berpromosi Bagi Para Pebisnis Pemula

Pebisnis pemula kerap menemui berbagai tantangan dalam melakukan promosi produk/jasanya, antara lain:

Bujet terbatas

Mengutamakan kualitas produk memang suatu keharusan, tetapi sisihkan bujet promosi tetap perlu supaya makin banyak konsumen mengenal produk Anda.

Belum menemukan pendekatan yang tepat

Anda bisa memulainya dengan mempelajari karakter target konsumen. Lalu, cari tahu bagaimana cara berkomunikasi yang tepat dengan mereka sehingga kampanye dan promosi bisa berjalan efektif.

8 Ide Promosi Kreatif untuk Bisnis Anda

Kabar baiknya, Anda tidak perlu khawatir dengan tantangan dalam menjalankan strategi promosi tersebut. Beberapa ide promosi menarik berikut bisa jadi inspirasi Anda. 

Berikan produk gratis

Produk gratis jadi ide promo menarik pertama yang boleh dicoba. Secara psikologis, penyematan kata ‘gratis’ membuat konsumen tertarik pada penawaran Anda. Dijamin mereka akan berbondong-bondong memburu produk tersebut karena ingin menikmati bonus produk tanpa biaya tambahan. Contoh, gratis botol minum 1 L setiap pembelian 2 buah cairan pengharum pakaian. 

Buat program keanggotaan

Anda juga bisa mencoba ide promo menarik dengan memanfaatkan keanggotaan pelanggan. Sistem poin loyalitas bukan cuma efektif membuat pelanggan untuk terus membeli produk, tetapi juga sebagai sarana promosi. Bahkan, Anda bisa memberlakukan promosi terbatas bagi mereka yang sudah mengikuti keanggotaan tersebut. Tawarkan sejumlah keuntungan yang bisa mereka nikmati secara berkala, seperti diskon ketika pelanggan ulang tahun, potongan harga, dan tukar poin dengan barang menarik.

Optimalkan data pelanggan

Ternyata pelanggan senang lho ketika Anda tahu apa saja yang mereka beli atau seberapa sering mereka berbelanja. Data pelanggan seperti ini bisa Anda optimalkan dengan pemberian diskon khusus, voucher belanja, hingga hadiah spesial jika memenuhi syarat tertentu. Misalnya, Anda memberikan diskon 10% kepada pelanggan setia dengan total belanja Rp500.000 dalam satu bulan.

Selenggarakan giveaway

Program giveaway termasuk paling digemari para pelaku bisnis untuk mempromosikan produk. Anda bisa menyelenggarakan giveaway agar pelanggan penasaran dan berminat membeli produk tersebut. Contoh, Anda dapat meminta mereka berbagi komentar tentang produk favorit, tag beberapa teman, like, save, dan share giveaway tersebut di media sosial masing-masing. Makin menarik hadiah yang Anda tawarkan, makin banyak orang mengikuti giveaway ini.

Buat preview spesial

Anda tengah mempersiapkan produk baru? Alih-alih langsung memperkenalkan produk tersebut, coba buat preview atau bocoran tentang hal tersebut kepada pelanggan. Manfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan mereka sambil mengadakan giveaway. Misalnya, minta pelanggan menebak produk baru dan berikan produk gratis bagi pemenangnya. 

Kerja sama dengan komunitas lokal

Ide promosi menarik lainnya adalah menjalin kerja sama dengan komunitas lokal. Dengan menjadi sponsor event komunitas, Anda mempromosikan bisnis secara tidak langsung. Boleh saja Anda memberikan sejumlah syarat sebagai bentuk kontaprestasi, seperti penempatan logo dalam brosur dan spanduk acara. Cara demikian mampu menciptakan kesan positif pada brand bisnis Anda.  

Coba car advertising

Di kota-kota besar seperti Jakarta, iklan mobil menjadi ide marketing kreatif untuk mempromosikan suatu produk. Kemacetan ibukota membuat sebagian besar warga menghabiskan waktu lebih banyak di jalan ketimbang di rumah. Memasang iklan mobil agar berkeliling kota memperbesar kesempatan Anda mengenalkan produk terhadap konsumen, terutama mereka yang jarang nonton TV dan sering melewatkan iklan televisi.

Gandeng influencer atau endorser

Maksimalkan media sosial sebagai sarana promosi dengan menggandeng influencer atau endorser untuk memikat konsumen. Apalagi, influencer dengan followers banyak dan fanbase kuat cukup efektif untuk meningkatkan citra bisnis sekaligus menaikkan penjualan. Namun, sesuaikan pula dengan bujet promosi Anda ya.  

Dari 8 ide promosi menarik dan kreatif di atas, mana yang belum pernah Anda coba? Sambil menyusun strategi promosi, gunakan layanan AturToko untuk mengelola toko online. Manajemen toko terkelola baik, Anda pun bisa fokus menggarap ide marketing kreatif dan inovasi untuk meningkatkan penjualan. Yuk, cek tentang AturToko di sini!

English