FBPixel
Tips dan Kiat Sukses Menjalankan Manajemen Bisnis Ritel untuk Pemula

Tips dan Kiat Sukses Menjalankan Manajemen Bisnis Ritel untuk Pemula

Ditulis pada 02 Jul 2022 oleh

Online retail adalah salah satu pilihan bisnis yang menjanjikan. Oleh karena itu, banyak pebisnis yang memilih untuk terjun ke dalamnya. Tingkat persaingannya memang sangat tinggi. Namun, keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika berhasil meraih kesuksesan dalam bisnis ini juga sangat besar. 

Dalam bisnis ritel, Anda bisa menawarkan berbagai jenis produk. Hanya saja, ada beberapa tips bisnis ritel penting yang perlu Anda perhatikan agar usaha makin besar dan berhasil meraih kesuksesan besar. Untuk bisa memahami secara lebih mendalam tentang bisnis ritel, simak pembahasanya berikut, yuk!

Apa Itu Bisnis Ritel?

Sebelum terjun ke bisnis ritel, Anda perlu tahu pengertiannya terlebih dahulu. Bisnis ritel merupakan aktivitas usaha yang dalam praktiknya melibatkan proses transaksi barang atau jasa secara ecer. Dalam bisnis ini, kelompok yang menjadi target pemasaran adalah konsumen akhir. 

Fungsi Bisnis Ritel

Keberadaan bisnis ritel sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat. Hal itu tidak lepas dari dua fungsi utama bisnis ritel, yaitu: 

  1. Memberi Akses yang Mudah Kepada Konsumen dalam Mendapatkan Barang

Pebisnis ritel hadir dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Melalui pelaku bisnis ritel, konsumen bisa membeli barang atau jasa sesuai kebutuhannya dengan harga terjangkau. 

  1. Profit bagi Produsen dan Pedagang Grosir

Keberadaan bisnis ritel berguna sebagai sumber pemasukan bagi para produsen dan distributor. Bisnis ritel melakukan pembelian dalam jumlah besar dari produsen atau distributor dan selanjutnya menjual kembali ke konsumen. Berkat para pelaku bisnis ritel, produsen dan distributor bisa terus menjalankan aktivitas usaha.

Rantai Distribusi serta Karakteristik Bisnis Ritel

Dalam pengelolaan bisnis ritel, Anda akan mengenal rantai distribusi sebagai berikut: 

  1. Produsen

Mereka adalah pihak yang berperan dalam memproduksi barang. 

  1. Pedagang Grosir

Pedagang grosir adalah pebisnis yang melakukan pembelian barang dalam jumlah besar dari produsen dan menjualnya kembali ke pengecer.  

  1. Pengecer

Pengecer merupakan kelompok pelaku usaha yang berperan sebagai rantai pasokan terakhir. Kehadiran pengecer berguna untuk memenuhi kebutuhan konsumen terhadap berbagai jenis barang secara ecer. 

  1. Konsumen

Terakhir adalah konsumen yang merupakan pengguna produk. Biasanya, konsumen melakukan aktivitas belanja di pedagang pengecer.

Tips Pengelolaan Bisnis Ritel, Biar Sukses dan Berkembang

Berkaitan dengan manajemen bisnis ritel, ada tujuh tips penting yang perlu Anda ketahui, yaitu: 

  1. Stock Opname

Tips bisnis ritel pertama adalah menyiapkan stock opname. Istilah stock opname tidak lain adalah melakukan perhitungan secara fisik persediaan barang. Jangan hanya mengandalkan data, tetapi lakukan verifikasi dengan memeriksa kondisi barang di tempat penyimpanan. 

Stock opname sangat penting untuk menjaga kelancaran bisnis ritel. Melalui kebiasaan ini, Anda tidak akan mengalami kebingungan ketika terdapat permintaan barang secara tiba-tiba. Selain itu, stock opname juga membuat pengelolaan gudang jadi lebih efektif. 

  1. Mengembangkan Produk serta Layanan

Cara selanjutnya adalah menyediakan produk serta layanan ekstra. Sebagai contoh, Anda dapat menawarkan produk serupa dari beberapa brand. Selain itu, ada pula pertimbangan dalam menghadirkan layanan tambahan yang memberi kenyamanan bagi para pelanggan saat berbelanja. 

  1. Memilih Lokasi Usaha yang Strategis

Lokasi menjadi aspek penting dalam bisnis ritel. Usahakan memilih lokasi yang strategis sehingga bisa dijangkau konsumen dengan mudah. Hanya saja, Anda juga perlu memperhatikan ketersediaan anggaran ketika ingin menyewa bangunan. 

  1. Terus Melakukan Inovasi Sesuai Trend Pasar

Inovasi harus terus Anda lakukan ketika ingin bersaing di bisnis ritel. Ingat, sektor bisnis ini punya tingkat persaingan tinggi. Kalau Anda tidak ingin ketinggalan, lakukan riset secara berkala. Melalui riset tersebut, Anda bisa memperoleh data yang rinci terkait produk yang tengah laris di pasaran. 

  1. Manfaatkan Teknologi

Tak kalah penting, Anda perlu memanfaatkan teknologi. Ada banyak contoh pemanfaatan teknologi yang bisa Anda terapkan dalam pengelolaan bisnis ritel. Sebagai contoh, Anda bisa memanfaatkan marketplace online untuk berjualan. Selain itu, ada pula pilihan menggunakan aplikasi omnichannel untuk mengelola setiap toko online secara efektif dan efisien. 

  1. Kelola Sistem Penyimpanan Barang

Tips bisnis ritel berikutnya adalah terkait sistem penyimpanan barang. Anda perlu menyediakan lokasi khusus yang berguna sebagai sarana penyimpanan persediaan barang dagangan. Dengan begitu, Anda tidak akan mengalami kesulitan ketika ingin mencari produk yang telah dipesan konsumen. 

Dalam praktiknya, penyimpanan barang bisa Anda lakukan dengan menyediakan gudang. Sebagai alternatif, Anda dapat pula memakai tempat penyimpanan sederhana yang harganya terjangkau seperti etalase, rak, ataupun kotak bekas. 

  1. Gunakan Kode untuk Setiap Barang

Terakhir, cantumkan kode untuk setiap barang. Pemakaian kode ini berguna untuk memudahkan Anda dalam melakukan manajemen stok barang. 

Nah, itulah tujuh tips penting yang perlu Anda praktikkan ketika menjalankan bisnis ritel. Anda bisa memanfaatkan layanan AturToko untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan bisnis ritel Anda. Dengan AturToko, tak ada lagi semua kerepotan, mulai dari stock opname, manajemen inventori, hingga proses pemasaran online di marketplace

Tidak hanya itu, AturToko menyediakan layanan BuatToko yang memungkinkan Anda membangun toko online secara ringkas. Dengan begitu, Anda punya kesempatan memanfaatkan kanal penjualan yang lebih banyak. Dengan bantuan AturToko, konsumen pun bisa merasakan pengalaman belanja yang seamless lewat berbagai kanal. 

Yuk, bangun sistem penjualan omnichannel yang seamless dengan AturToko, sekarang!

English