FBPixel
Lebih Baik Jualan di Instagram atau Marketplace?

Lebih Baik Jualan di Instagram atau Marketplace?

Ditulis pada 30 Aug 2022 oleh

Lebih Baik Jualan di Instagram atau Marketplace?

Lebih Baik Jualan di Instagram atau Marketplace?-Lebih baik jualan di Instagram atau Marketplace? Ini penjelasan keuntungan dan kekurangan yang sebaiknya Anda tau, agar makin banyak orderan. Saat ini Anda mulai menjalankan bisnis berjualan secara online entah lewat marketplace atau Instagram, namun mana yang akan lebih menguntungkan?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda harus mengetahui terlebih dahulu terkait seluk beluk berjualan baik di instagram maupun marketplace. Dengan begitu, Anda dapat menentukan mana platform berjualan online yang lebih cocok untuk Anda.

Berikut pembahasan Lebih baik jualan di Instagram atau Marketplace.

Kelebihan Instagram

Sebagai sosial media yang berfokus pada kemudahan akses foto tanpa caption bertele-tele, Instagram memiliki kelebihan untuk kamu yang memiliki usaha yang bentuknya fisik. Seperti kuliner atau pakaian.

Instagram juga dikatakan memiliki lebih dari 800 juta penggunan aktif setiap bulannya dengan 500 juta pengguna aktif setiap harinya. 80% dari pengguna aktif instagram berada di luar Amerika Serikat dan Indonesia merupakan salah satu yang tertinggi. Tak heran kalau banyak bisnis online yang berkembang di Instagram.

Baca Juga : Cara Menanggapi Ulasan Negatif Agar Tidak Berdampak pada Citra Bisnis

Kelemahan Berjualan di Instagram

Namun berjualan menggunakan Instagram ada beberapa kelemahan yaitu, semua hal serba manual, mulai dari menjawab chat, memproses alamat, hingga cek ongkir. Selain itu Anda harus aktif membuat konten agar akun Anda hidup, dan tidak tenggelam dengan postingan kompetitor.

Keunggulan Berjualan di Marketplace

Marketplace di desain memang untuk berjualan maka semua fitur yang disediakan akan membantu percepatan penjualan produk Anda. Selain itu mulai dari proses pesanan hingga selesai semua serba otomatis, hal ini karena sistem yang membantu melakukan verifikasi.

Selain fitur ada beberapa promosi yang disediakan oleh marketplace seperti Gratis Ongkir, Diskon, Cashback dan lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh penjual untuk meningkatkan penjualan.

Kelemahan Berjualan di Marketplace

Kelemahan ketika berjualan di marketplace adalah ketika pembeli dapat memfilter produk berdasarkan harga, sehingga akan terjadi persaingan harga. Selain itu database pelanggan juga akan dimiliki oleh marketplace dalam bentuk pixel yang nantinya akan digunakan sebagai alat untuk retargeting iklan di facebook, instagram atau google ads.

Karena database pelanggan ini akan sangat bermanfaat jika Anda ingin memulai paid promote menggunakan ads (facebook, IG dan Google) dan data ini dapat Anda gunakan untuk membangun funnel.

Nah itu tadi jawaban untuk pertanyaan Lebih baik jualan di Instagram atau Marketplace? 

Jadi, Ingin berjualan lewat Instagram atau Marketplace ?

English