FBPixel
Bagaimana Metaverse Menjanjikan Peluang Bagi Bisnis Anda?

Bagaimana Metaverse Menjanjikan Peluang Bagi Bisnis Anda?

Ditulis pada 08 Apr 2022 oleh

Kategori :

Metaverse makin ramai dibicarakan semua kalangan, dari pegiat teknologi hingga ekonomi dan bisnis. Apalagi, usai Mark Zuckerberg, CEO Facebook resmi mengubah nama perusahaannya menjadi Meta Platforms, Inc. 

Ini membuat dunia virtual terasa makin dekat dengan kehidupan manusia. Serba virtual sudah jadi kenyataan, ide-ide futuristik yang out of the box bisa segera terwujud. Apa sebenarnya metaverse, cara kerja, proses pengembangan, dan peluangnya bagi bisnis Anda?

Apa Itu Metaverse? 

Metaverse adalah dunia virtual tempat para pengguna saling terhubung, berkomunikasi, bermain, bekerja, serta bertransaksi seperti di dunia nyata. Pertama kali istilah ini dituliskan dalam novel cyberpunk karya Neal Stephenson bertajuk “Snow Crash” yang rilis tahun 1992. 

Merujuk pada suatu ruang virtual yang menjadi perpanjangan dunia nyata beserta deretan aktivitas yang dijalani sehari-hari, berikut beberapa karakteristik yang harus dipenuhi:

  1. Live dan real-time

Ruang virtual itu harus punya waktu sendiri yang berjalan terus menerus dan tersinkronisasi secara real-time.

  1. Berkelanjutan

Tidak berjeda, berhenti, maupun berakhir karena ruang virtual ini merupakan suatu pengalaman berkelanjutan yang mempunyai kemungkinan tidak terbatas.

  1. Aktivitas tidak terbatas

Ruang virtual ini menawarkan berbagai aktivitas, dari hiburan sampai bisnis. 

  1. Sistem ekonomi yang fungsional

Ruang virtual tersebut harus memiliki sistem ekonomi fungsional yang bermanfaat bagi para penggunanya. 

Bagaimana Cara Kerja Metaverse?

Ada tiga komponen teknologi yang membentuk ruang virtual ini. 

  1. Virtual Reality (VR)

Merupakan suatu teknologi yang memungkinkan penggunanya berinteraksi dengan lingkungan hasil simulasi komputer, yakni berupa lingkungan sungguhan di realita yang ditransformasikan dalam imajinasi berbentuk lingkungan fiktif. 

  1. Augmented Reality (AR)

Teknologi ini menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi untuk diproyeksikan ke dalam suatu lingkungan dan waktu nyata. 

  1. Artificial Intelligence (AI)

Kecerdasan buatan yang umum dibenamkan dalam suatu sistem agar dapat diatur secara ilmiah. Simulasi kecerdasan manusia ini dimodelkan dalam mesin dan diprogram supaya berpikir seperti layaknya manusia. 

Apa Saja Program Pengembangan Metaverse?

Seperangkat ruang virtual ini memungkinkan Anda menciptakan dan menjelajahinya bersama orang lain meski tidak hadir dalam ruang fisik yang sama. Bahkan, kehadiran ruang ini turut membuka lapangan pekerjaan yang luas. 

Anda dapat berkarier dan berbisnis di sini. Mulai dari membangun museum virtual, mendirikan mal, serta memasang billboard. Beberapa kegiatan yang biasa dilakukan sekaligus untuk mengembangkan metaverse antara lain:

  1. Hiburan

Mayoritas ruang virtual yang telah ada masih fokus pada industri game dan hiburan. Sebut saja, My Neighbor Alice dan the Sandbox yang dapat dimainkan ratusan orang pada waktu bersamaan sehingga permainan berlangsung lebih interaktif. 

Ruang virtual ini juga menghadirkan tempat bagi industri hiburan lain, seperti film dan musik. Anda bisa menikmati konser virtual maupun datang ke suatu eksibisi/pameran virtual dan menikmatinya secara daring. 

  1. Bisnis

Banyak perusahaan besar yang mulai memanfaatkan ruang virtual tersebut sebagai etalase produk digital sekaligus kanal penjualan. Misalnya, Adidas yang telah membeli hak atas sebuah lahan di the Sandbox dan berencana menyelenggarakan pameran virtual serta membuka toko digital.

  1. Komunitas

Tentu saja ruang virtual ini menjadi “rumah” bagi berbagai komunitas untuk berdiskusi dan membahas hal-hal yang mereka gemari. Dari komunitas tersebut dapat lahir berbagai ruang digital baru yang mendorong terjadinya kegiatan sosial. Contoh, penggemar Snoop Dogg bisa menghadiri event private party eksklusif di sebuah estate dalam Sandbox. 

Siapa Saja yang Berperan Mengembangkan Metaverse?

Berikut beberapa perusahaan metaverse yang mengambil peran besar dalam pengembangan ruang virtual ini.

  1. Microsoft

Fokus perusahaan raksasa ini adalah membangun ruang virtual versi enterprise dengan menargetkan perusahaan atau korporasi besar yang ingin mendongkrak produktivitas kerja karyawannya.

  1. Meta 

Pengubahan nama Facebook menjadi Meta merepresentasikan komitmen mereka membangun bisnis metaverse. Untuk versi Meta, pengguna dapat mengaksesnya melalui perangkat VR bernama Oculus sehingga Anda dapat berubah menjadi siapa pun atau apa pun berkat perangkat ini.

  1. WIR Group

WIR atau We Indonesians Rock, Rise and Rule telah hadir selama lebih dari 10 tahun dan bergerak dalam produksi programming maupun inovasi AR. Perusahaan ini merupakan pemimpin pasar teknologi digital reality di wilayah Asia Tenggara. 

Peluang Sekaligus Ancaman 

Harus diakui kehadiran ruang virtual membuka mata banyak orang tentang peluang metaverse. Usai sinyal positif dari Presiden Joko Widodo dalam peresmian Gerakan Akselerasi Generasi Digital awal tahun 2022, dengan pasar yang besar Indonesia seharusnya mampu menciptakan ruang virtual sendiri sesuai kebutuhan dan kekhasan budaya lokal. 

Potensi itu harus dimanfaatkan agar bangsa ini tidak hanya sebatas pengguna dan penikmat saja. Namun, peluang tersebut juga datang dengan ancaman pada berbagai sektor kehidupan di Indonesia, antara lain:

  1. Kesiapan ekosistem digital yang ada saat ini. Apakah infrastruktur yang ada, seperti kecepatan koneksi dan jaringan internet, sudah memadai untuk berselancar di ruang virtual?
  2. Bagaimana pemerintah mengatur berbagai transaksi ekonomi yang berlangsung dalam ruang virtual tersebut, baik dari segi teknis maupun skema pajak? 
  3. Bagaimana kesiapan sumber daya manusia, siapkah beradaptasi dan mengadopsi perkembangan teknologi digital?
  4. Seberapa siap pihak dan instansi berwenang untuk menjaga keamanan siber metaverse?
  5. Bagaimana etika sosial para pengguna ruang virtual mengingat banyak orang merasa boleh berperilaku seenaknya karena anonimitas dunia maya?

Bagaimana Peluang Bisnis Menjanjikan dalam Metaverse?

Lalu, bagaimana peluang bisnis metaverse mampu menghasilkan cuan alias keuntungan untuk Anda? Berikut beberapa peluang yang bisa Anda hasilkan lewat jualan di metaverse. 

  1. NFT Art

Disebut Non-fungible Token atau sertifikat digital, Anda bisa menjual karya seni dengan membuat galeri virtual. Cara membuat NFT metaverse ini lagi naik daun di kalangan pegiat seni maupun praktisi desain grafis.

  1. Iklan

Membangun platform jasa periklanan bisa jadi cara jualan di metaverse berikutnya. Anda bisa mengiklankan produk dari perusahaan yang mulai melirik kanal periklanan virtual.

  1. Voxel

Berupa karya digital tiga dimensi yang lazim dijumpai dalam video game untuk dalam wujud bangunan, mobil, pakaian, serta item lainnya serta dapat dijual dalam bentuk NFT. 

  1. Real estate dan konstruksi

Perusahaan real estate virtual hadir untuk membantu pengguna membeli tanah virtual. Sementara, konstruksi virtual dapat Anda manfaatkan untuk mendirikan bangunan di lahan yang telah dibeli. 

  1. Games

Cara membuat metaverse ini memungkinkan penggunanya membangun suatu kota, lingkungan, dan avatar pribadi melalui game online. Bahkan, Anda bisa mendandani avatar dengan pakaian virtual yang mewakili gaya pribadi atau idola. 

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk terjun ke metaverse? Bukan tak mungkin Anda bisa membuka cabang toko online di ruang virtual tersebut. Kemudian, pastikan bisnis tetap berjalan lancar dengan menggunakan AturToko untuk mengelola bisnis online lebih mudah dan fleksibel. Segera daftar AturToko di sini, yuk!

English