FBPixel
Ulasan Lengkap Influencer Jenis, Manfaat, dan Cara Memilihnya dengan Tepat

Ulasan Lengkap Influencer: Jenis, Manfaat, dan Cara Memilihnya dengan Tepat

Ditulis pada 08 Apr 2022 oleh

Kategori :

Bisnis online saat ini menjadi strategi wajib bagi setiap pelaku usaha. Dalam penerapannya, Anda pun bisa mempraktikkan berbagai strategi pemasaran digital. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan jasa marketing seorang influencer

Namun, apakah Anda benar-benar memahami apa yang dimaksud dengan influencer? Hal yang perlu Anda ketahui, tidak semua influencer bisa memberikan manfaat yang positif bagi bisnis. Oleh karena itu, Anda perlu memilah dan memilihnya dengan tepat. 

Apa itu Influencer

Secara bahasa, influencer adalah sosok yang mempunyai pengaruh terhadap banyak orang. Pandangan mereka terhadap sesuatu akan menjadi faktor penting dalam proses pengambilan keputusan oleh komunitas tertentu. Oleh karena itu, mereka mempunyai kemampuan sebagai trend setter, dalam skala kecil ataupun besar. 

Influencer Marketing

Berkaitan dengan kemampuan influencer dalam menjadi trend setter, Anda bisa memanfaatkannya sebagai sarana pemasaran. Teknik seperti ini dikenal dengan istilah influencer marketing

Influencer marketing dapat membantu bisnis dengan meningkatkan brand awareness sekaligus tingkat penjualan. Manfaat influencer tersebut bisa optimal ketika target pemasarannya sesuai dengan segmen konsumen yang diincar. 

Influencer Indonesia

Seiring dengan meningkatnya aktivitas bisnis online di Indonesia, masyarakat mulai mengenal apa itu influencer. Bahkan, beberapa influencer berhasil memperoleh pengaruh sangat masif di kalangan masyarakat Indonesia, di antaranya: 

  • Tasya Farasya
  • Gading Marten
  • Bara Ilham
  • Raffi Ahmad
  • Iqbal Ramadhan
  • Nex Carlos
  • Ria Ricis

Baca juga: Copywriting: Pengertian, Jenis, dan Contoh Cara Membuatnya

Jenis Influencer yang Harus Anda Ketahui

Berkaitan dengan pemanfaatan influencer untuk bisnis, Anda perlu memahami ada beberapa jenis kategori influencer, yaitu: 

  1. Berdasarkan Jumlah Follower

Kategori yang pertama adalah influencer dengan berdasarkan jumlah follower atau pengikutnya. Berdasarkan parameter ini, ada empat jenis influencer yang perlu Anda ketahui, yaitu: 

  • Nano influencer. Mereka adalah sosok influencer yang mempunyai pengikut kurang dari 10 ribu. 
  • Micro influencer. Kategori influencer ini punya follower yang berkisar antara 10 ribu sampai 100 ribu. 
  • Macro influencer. Mereka merupakan influencer dengan pengikut lebih dari 100 ribu dan kurang dari 1 juta.   
  • Mega influencer. Orang-orang yang termasuk dalam kategori ini adalah influencer dengan pengikut melebihi 1 juta. 
  1. Berdasarkan Platform Media Sosial

Ada pula klasifikasi influencer dengan memperhatikan platform media sosial, seperti: 

  • Influencer blogger
  • Influencer Instagram
  • Influencer YouTube
  • Influencer TikTok
  • Influencer Facebook
  1. Berdasarkan Tingkat Pengaruh

Selanjutnya, Anda juga bisa mengetahui jenis influencer berdasarkan tingkat pengaruhnya. Ada dua kategori influencer, yaitu: 

  • Selebriti. Influencer pada kategori ini merupakan tokoh selebriti yang sudah punya nama besar. Oleh karena itu, mereka kerap mematok harga yang mahal. 
  • Key Opinion Leader (KOL). Ada pula influencer yang disebut sebagai KOL. Mereka yang termasuk dalam kategori ini adalah pakar, ahli, atau jurnalis yang mempunyai pengaruh penting terhadap brand tertentu. Pengaruh yang mereka miliki didapatkan karena kualifikasi atau pengalaman. 

Cara Memilih Influencer yang Sesuai untuk Bisnis

Setelah memahami arti dari influencer, Anda perlu tahu kalau tidak semua influencer bisa memberi manfaat yang positif bagi bisnis. Oleh karena itu, ada beberapa tips dalam memilih influencer, yaitu: 

  • Pertimbangkan bujet. Kalau punya anggaran yang terbatas, pilih influencer dengan follower yang sedikit atau termasuk dalam kategori micro influencer
  • Kesesuaian dengan target konsumen. Faktor selanjutnya adalah kesesuaian antara para follower influencer dengan buyer persona. Hal ini penting agar Anda bisa memperoleh manfaat influencer secara optimal. 
  • Kesesuaian dengan skala promosi produk. Perhatikan pemakaian jasa influencer dengan skala promosi yang tengah berlangsung. Untuk promosi kecil-kecilan, pilih micro influencer yang biayanya rendah. Kalau skala promosinya besar, jangan ragu untuk menggunakan jasa influencer yang punya nama besar.
  • Punya reputasi baik. Influencer yang Anda gunakan akan melekat dengan reputasi brand. Oleh karena itu, usahakan untuk mencari influencer dengan reputasi yang bagus. 
  • Engagement rate tinggi. Hal yang tak kalah penting adalah influencer dengan tingkat engagement tinggi. Engagement tinggi merupakan indikator bahwa influencer tersebut aktif dalam berinteraksi dengan para follower
  • Pilih influencer yang aktif mengunggah konten. Pastikan bahwa influencer yang Anda gunakan mengunggah konten secara rutin dan intensif. 
  • Persiapkan perjanjian tertulis. Terakhir, siapkan perjanjian tertulis saat menggunakan jasa influencer. Sebutkan poin-poin yang perlu menjadi kewajiban serta hak dari masing-masing pihak terkait kerja sama yang dilakukan. 

Sisi Negatif Influencer

Hal yang perlu Anda cermati, ada sisi negatif pemanfaatan influencer yang perlu diketahui. Seperti diketahui, influencer adalah salah satu pekerjaan impian mayoritas anak muda saat ini. Dengan menjadi seorang influencer, mereka bisa memperoleh penghasilan dengan cara yang relatif mudah. Cukup dengan cara eksis di media sosial. 

Karena latar belakang seperti itu, muncul sisi negatif beberapa sosok influencer yang menganggap dirinya sebagai sosok penting. Terlebih lagi, mereka mempunyai follower dengan jumlah yang sangat banyak. Dengan modal tersebut, tak sedikit oknum influencer yang berusaha ‘mengemis’ jasa endorse kepada para pelaku usaha. 

Jadi, jasa endorse yang ditawarkan adalah upaya yang mereka lakukan untuk memperoleh produk tertentu secara gratis. Misalnya, mereka minta sebuah hotel untuk memberi layanan menginap gratis selama 1 minggu. Sebagai balasannya, influencer tersebut akan memberikan review positif. 

Baca juga: Giveaway: Strategi Marketing yang Tingkatkan Peluang Penjualan

Manfaat Influencer Marketing untuk Bisnis

Kalau berhasil memilih influencer secara tepat, Anda bisa memperoleh manfaat yang besar, di antaranya: 

  • Meningkatkan visibilitas produk
  • Mendorong kepercayaan konsumen
  • Mendongkrak angka penjualan
  • Menjangkau konsumen lebih banyak
  • Membangun hubungan emosional dengan konsumen
  • Punya kecenderungan gampang balik modal

Influencer Marketing Adalah Metode Pemasaran yang Menjanjikan

Seiring dengan meningkatnya angka penggunaan internet, influencer marketing saat ini menjadi salah satu kunci meraih kesuksesan bisnis. Terlebih lagi, jasa influencer bisa dimanfaatkan oleh siapa saja, bukan hanya perusahaan besar tetapi juga oleh pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). 

Dengan pemanfaatan yang tepat, Anda bisa memperoleh hasil yang lebih optimal dengan influencer marketing. Di waktu yang sama, pastikan pula pengelolaan bisnis online Anda lakukan dengan baik. 

AturToko dapat membantu Anda dalam melakukan manajemen bisnis online yang efektif dan efisien. Dengan AturToko, pengelolaan beberapa toko online di berbagai marketplace bisa dilakukan di satu tempat. Praktis dan tidak akan membuat Anda pusing.

English