FBPixel
Giveaway: Strategi Marketing yang Tingkatkan Peluang Penjualan

Giveaway: Strategi Marketing yang Tingkatkan Peluang Penjualan

Ditulis pada 15 Apr 2022 oleh

Kategori :

Semua orang pasti suka menerima hadiah. Bukan hanya karena gratis, hadiah menjadi tanda perhatian dan kepedulian. Sebagai pemilik usaha, Anda dapat menunjukkan perhatian kepada pelanggan dengan memberikan hadiah dalam wujud giveaway. 

Ternyata, giveaway bukan sekadar pemberian dari pemilik usaha kepada pelanggan, tetapi merupakan bentuk promosi produk. Dengan strategi marketing kekinian, Anda bisa menjangkau lebih banyak audiens sehingga bisa berdampak terhadap bisnis. 

Definisi Giveaway

Giveaway merupakan salah satu kegiatan marketing yang ditujukan untuk kebutuhan promosi. Peserta giveaway terlebih dahulu perlu mendaftarkan diri kemudian mengikuti aturan yang ditentukan pembuat giveaway. Biasanya, karena dilakukan di media sosial, syaratnya antara lain follow, like, share, atau memberi komentar di postingan tertentu.

Peserta yang berhasil memenangkan giveaway akan memperoleh produk. Dalam hal ini, pembuat giveaway dapat sekaligus mempromosikan produk tersebut. Pemilihan pemenang bisa dilakukan secara manual atau aplikasi seperti Lucky Wheel. Sekilas, pelaksanaan giveaway bersifat seru-seruan.

Alasan Pentingnya Mengadakan Giveaway

Apa yang membuat Anda perlu mempertimbangkan strategi marketing berupa giveaway untuk mempromosikan produk? Simak alasannya berikut ini.

Iklan Berbiaya Murah

Anda dapat meminta seorang influencer dengan follower banyak untuk melaksanakan giveaway produk. Dari tindakan ini, Anda bisa memperoleh exposure dari promosi yang dilakukan influencer. Selain itu, ketika para peserta mengikuti giveaway, mereka akan dengan sukarela membagikan postingan tersebut sehingga bisa dilihat oleh banyak orang. Situasi ini sangat menguntungkan bagi brand Anda.

Bujet Lebih Fleksibel

Sering kali pemilik usaha enggan melakukan promosi produk karena terkendala biaya. Apalagi jika bujet sangat terbatas dan telah habis digunakan untuk iklan berbiaya tinggi. Hal yang bisa dilakukan adalah mengadakan giveaway dari produk yang dimiliki. Anda tidak perlu membayar produk, tetapi jangkauan iklan bisa sangat luas asalkan peserta giveaway cukup banyak.

Meningkatkan Engagement

Engagement adalah kualitas interaksi antara pihak brand dengan audiens. Semakin banyak interaksi yang terjadi, semakin besar nilai engagement brand tersebut. Apabila engagement tinggi, peluang brand menjual produk akan lebih tinggi. Nah, salah satu caranya adalah dengan mengadakan giveaway. Audiens pun akan melakukan like, memberi komentar, bahkan share informasi produk.

Menambah Jumlah Follower

Secara tidak langsung, giveaway bisa membantu Anda dalam mendorong jumlah follower di Instagram. Hal ini berlaku jika Anda menentukan follow akun sebagai syarat mengikuti giveaway.

Ada beberapa tipe giveaway  yang dikenal saat ini, yaitu self giveaway dan sponsor giveaway. Pada self giveaway, pelaksana mengurus semuanya sendiri, mulai dari pendaftaran peserta hingga pengiriman hadiah. Pada sponsor giveaway, ada pihak ketiga yang menyediakan produk atau hadiah.

Baca juga: Strategi Pemasaran Online yang Tepat untuk Mengembangkan Bisnis Anda

Tips Agar Giveaway Diikuti Banyak Orang

Agar dampak giveaway lebih optimal, peserta yang mengikutinya harus banyak. Nah, ada sejumlah tips yang bisa dilakukan agar giveaway diikuti oleh banyak orang. 

Sesuaikan dengan Tujuan

Ketahui terlebih dahulu tujuan mengadakan giveaway, kemudian sesuaikan strateginya dengan tujuan tersebut. Jangan sampai, kegiatan giveaway yang dilakukan justru menguntungkan pihak lain. Karena bersifat fleksibel, Anda bisa merancang kegiatan giveaway yang lebih seru dan kreatif.  

Meningkatkan Leads

Leads adalah calon konsumen potensial yang mungkin akan membeli produk. Dari giveaway, Anda bisa meningkatkan jumlah leads. Hal ini dimungkinkan karena peserta giveaway biasanya meninggalkan informasi berupa nama akun, alamat email, bahkan nomor telepon. 

Pilih Hadiah yang Tepat

Jangan sampai salah memilih produk yang tepat sebagai hadiah giveaway. Pilih jenis produk yang kira-kira paling diminati oleh audiens. Namun, sesuaikan juga harganya dengan bujet promosi yang Anda miliki. Pemilihan hadiah yang tepat akan membuat pelaksanaan giveaway berdampak maksimal.

Kelemahan Metode Giveaway

Selain dapat menguntungkan bagi pemilik usaha, strategi marketing berupa giveaway juga memiliki kelemahan. Salah satunya, tidak berdampak jangka panjang. Sebagian peserta giveaway bisa saja melakukan unfollow akun brand Anda setelah periode giveaway selesai. Hal ini bisa diantisipasi dengan memberikan konten yang bermanfaat.

Kelemahan lain dalam strategi giveaway adalah sulit untuk menghindari praktik curang. Jika Anda mensyaratkan komentar misalnya, ada yang memberi komentar dalam jumlah banyak dengan akun yang berbeda demi peluang menang yang besar. Selain itu, durasi giveaway yang terlalu singkat atau panjang bisa mengurangi minat audiens.

Apa Contoh Giveaway?

Ada beberapa contoh giveaway yang bisa dilakukan oleh pemilik brand demi menjangkau engagement yang besar. Pertama, melakukan tag a friend, yaitu meminta peserta berkomentar sekaligus mengetag akun teman di postingan giveaway. 

Contoh giveaway lainnya adalah melakukan share foto dan video. Ada juga yang meminta peserta melakukan download aplikasi dan memberikan review. Contoh lainnya adalah like, follow, komentar, dan sebagainya.

Baca juga: Dongkrak Bisnis dengan TikTok Marketing, Begini Caranya!

Keuntungan Mengadakan Giveaway bagi Bisnis

Saat mengadakan giveaway, Anda mungkin tidak perlu mengeluarkan uang karena hadiah berupa produk milik sendiri. Namun, hadiah promosi tentu akan dihitung sebagai pengeluaran. Jika giveaway tidak memiliki dampak terhadap perusahaan, pengeluaran tersebut akan sia-sia.

Karena itu, pastikan Anda juga merasakan dampak berikut agar giveaway dikatakan berhasil.

Produk Lebih Dikenal

Dengan mengadakan giveaway, Anda mempromosikan produk secara tidak langsung kepada audiens. Apabila produk tidak mendapat exposure yang memadai, kegiatan giveaway ini tidak bisa disebut sukses. 

Pembelian Meningkat

Dampak dari mengadakan giveaway adalah pembelian produk yang meningkat. Hal ini dimungkinkan karena audiens mengenal produk Anda dan tertarik membelinya. Meskipun tidak memperoleh barang gratisan, audiens bersedia membayar karena kualitas produk.

Media Sosial Lebih Ramai

Dampak lainnya adalah media sosial milik brand yang lebih ramai. Hal ini didukung oleh konten media sosial yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh para follower. Dengan strategi ini, follower baru pun enggan untuk unfollow dan tetap memantau media sosial Anda.

Inilah beberapa keuntungan yang bisa dirasakan oleh pemilik usaha saat mengadakan giveaway produk. Bukan hanya itu, Anda pun bisa mendaftar di AturToko untuk melakukan pengelolaan bisnis online secara lebih optimal. Fitur-fitur yang tersedia di platform ini akan membantu Anda dalam mengembangkan bisnis dengan lebih baik dan optimal.

English