FBPixel
Mengenal Apa Itu Ekonomi Kreatif: Pengertian, Ciri, dan Manfaatnya

Mengenal Apa Itu Ekonomi Kreatif: Pengertian, Ciri, dan Manfaatnya

Ditulis pada 25 Apr 2022 oleh

Ekonomi kreatif adalah sebuah istilah yang relatif masih baru. Oleh karena itu, pengetahuan tentang istilah ini masih sangat minim. Padahal, pemanfaatannya bisa membuka peluang bisnis baru yang menawarkan potensi penghasilan besar. Oleh karena itu, pemahaman tentang ekonomi kreatif secara tepat, menjadi hal penting bagi seorang entrepreneur

Apa yang Dimaksud dengan Ekonomi Kreatif?

Pengertian ekonomi kreatif bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber, di antaranya adalah: 

Inpres No. 6 Tahun 2009 tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif

Peraturan ini menyebutkan istilah ekonomi kreatif dalam diktum pertama. Arti ekonomi kreatif dalam inpres tersebut merujuk pada kegiatan ekonomi yang diselenggarakan dengan berdasarkan pada keterampilan, kreativitas dan bakat individu dalam menciptakan kreasi yang mempunyai nilai ekonomi dan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat. 

Cetak Biru Ekonomi Kreatif 2025

Di sini disebutkan kalau ekonomi kreatif merupakan upaya dalam menciptakan nilai tambah terhadap sebuah barang dengan bermodalkan ide serta kreativitas dengan berdasarkan pemanfaatan ilmu pengetahuan. Ada 3 aspek menjadi landasan dasar dari ekonomi kreatif, yaitu kreativitas, penemuan, serta inovasi. 

Perkembangan Ekonomi Kreatif di Wilayah Indonesia

Pemahaman tentang konsep ekonomi kreatif sangat penting bagi masyarakat Indonesia. Apalagi, ekonomi kreatif merupakan sektor yang menyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) cukup tinggi. Berdasarkan data Focus Economy Outlook 2020, PDB Indonesia dari sektor ekonomi kreatif mencapai angka Rp1,1 triliun. 

Nominal tersebut menempatkan Indonesia sebagai salah satu negara dengan penghasil ekonomi kreatif tertinggi dunia. Indonesia hanya kalah dari Amerika Serikat dan Korea Selatan. Ada 3 sektor yang berhasil menyumbangkan PDB tinggi di tanah air, yaitu fashion, kerajinan tangan, serta kuliner.

Ciri-Ciri Ekonomi Kreatif

Ada beberapa ciri yang bisa Anda kenali dari ekonomi kreatif, yakni: 

Kreativitas

Hal utama yang dibutuhkan dalam ekonomi kreatif adalah kreativitas. Seseorang perlu memiliki bekal kreativitas tinggi yang disertai dengan keahlian mencukupi untuk bisa menciptakan sebuah produk ekonomi kreatif. 

Bersifat Dinamis

Ekonomi kreatif merupakan sektor yang memiliki tingkat persaingan tinggi. Oleh karena itu, produk yang diciptakan harus bersifat dinamis sehingga sesuai dengan tingkat kebutuhan pasar.

Tak Mempunyai Batasan Tertentu

Dalam praktiknya, Anda bisa menemukan produk kreatif dalam berbagai bentuk tanpa ada batasan atau standar tertentu. Asalkan, produk tersebut disukai dan memiliki manfaat bagi masyarakat.

Bernilai Budaya

Ciri yang tak kalah penting dari ekonomi kreatif adalah nilai budaya. Faktor inilah yang membuat Indonesia sebagai salah satu negara kreatif terbesar dunia saat ini.

Berbasis Ide

Terakhir, ekonomi kreatif tercipta dengan mengandalkan ide. Lewat ide, Anda bisa menciptakan produk yang inovatif dan baru. 

Faktor yang Mendorong Perkembangan Ekonomi Kreatif

Ada 5 faktor pendorong ekonomi kreatif yang membuat perkembangan industri ini berkembang pesat di Indonesia, yaitu: 

  • Tingkat kreativitas yang tinggi. Ekonomi kreatif tercipta berkat ide kreatif. Oleh karena itu, kreativitas tinggi dapat semakin mendorong perkembangan berbagai produk yang unik dan bermanfaat. 
  • Pemanfaatan teknologi maju. Kecanggihan teknologi membuat proses penciptaan produk kreatif berlangsung lebih efektif dan efisien. Di waktu yang sama, teknologi dapat membantu Anda dalam menciptakan produk baru yang inovatif. 
  • Jumlah tenaga kerja yang melimpah. Ekonomi kreatif tidak akan berkembang kalau tidak dibarengi dukungan sumber daya manusia (SDM) yang mencukupi. Kebutuhan tersebut bisa dipenuhi dengan mudah berkat kekayaan SDM Indonesia. 
  • Kemudahan dalam memperoleh akses komunikasi. Komunikasi melalui berbagai platform yang ada saat ini membuat para pelaku ekonomi kreatif bisa mendapatkan apresiasi dan pengakuan dengan mudah. Apresiasi dan pengakuan mempunyai peran penting dalam mendorong mereka untuk terus menciptakan karya. 
  • Pemanfaatan media sosial secara positif. Pemakaian media sosial yang positif memberi banyak manfaat bagi para pelaku ekonomi kreatif. Anda bisa memanfaatkannya sebagai sarana promosi dan sekaligus pemasaran produk. 

Manfaat Pemanfaatan Ekonomi Kreatif

Keberadaan ekonomi kreatif memberi berbagai manfaat bagi masyarakat Indonesia, antara lain adalah: 

  • Mendorong terciptanya lapangan pekerjaan baru. Ekonomi kreatif dapat mendorong kemunculan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang selanjutnya memunculkan peluang kerja baru bagi masyarakat. 
  • Mengurangi angka pengangguran. Adanya lapangan kerja baru yang disediakan para pelaku ekonomi kreatif membantu dalam mengurangi angka pengangguran di tanah air. 
  • Mendorong kreativitas masyarakat. Ekonomi kreatif memberi kesempatan bagi masyarakat untuk menciptakan produk secara kreatif. 
  • Mendorong upaya penciptaan produk yang inovatif. Kreativitas masyarakat dalam menciptakan produk ekonomi kreatif mendorong lahirnya beragam jenis produk yang inovatif serta dibutuhkan oleh masyarakat. 
  • Menciptakan lingkungan bisnis yang memiliki persaingan sehat. Inovasi adalah upaya agar para pelaku ekonomi kreatif mampu bersaing di pasaran. Di waktu yang sama, inovasi membuat mereka mampu melakukan persaingan secara sehat. Bahkan, tidak menutup kemungkinan adanya kolaborasi dari para pelaku ekonomi kreatif.

Subsektor Ekonomi Kreatif

Merujuk informasi yang berdasarkan data dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), ada 17 subsektor atau contoh ekonomi kreatif yang perlu Anda ketahui, yaitu: 

  1. Desain interior
  2. Pengembangan permainan
  3. Desain arsitektur
  4. Seni rupa
  5. Musik
  6. Fashion
  7. Desain produk
  8. Kuliner
  9. Periklanan
  10. Film, Animasi dan video
  11. Fotografi
  12. Desain komunikasi visual
  13. Radio dan televisi
  14. Kriya
  15. Penerbitan
  16. Seni pertunjukan
  17. Aplikasi

Itulah pembahasan lengkap mengenai apakah pengertian ekonomi kreatif serta berbagai hal terkait yang penting Anda ketahui. Pemahaman terkait hal ini bisa membuka kesempatan berbisnis yang bisa Anda lakukan. 

Hal yang tak kalah penting, Anda bisa memanfaatkan tool yang tepat agar bisnis ekonomi kreatif berjalan lancar. AturToko adalah solusi yang bisa membantu Anda. Dengan AturToko, Anda bisa membangun toko online secara praktis serta mengelolanya dengan mudah. 

Yuk, sukses berbisnis ekonomi kreatif bersama AturToko!

English