FBPixel
Mengapa Studi Kelayakan Bisnis Perlu? Begini Penjelasannya

Mengapa Studi Kelayakan Bisnis Perlu? Begini Penjelasannya

Ditulis pada 07 Apr 2022 oleh

Ingin segera mewujudkan ide bisnis Anda tahun ini? Namun, apakah Anda telah melakukan studi kelayakan bisnis atau terburu-buru merealisasikannya tanpa persiapan matang?

Bisnis jadi pilihan populer untuk meraih kesuksesan finansial. Sayangnya, ide bisnis yang tampak cemerlang saja belum cukup. Bahkan, penelitian mengungkapkan hanya satu dari 50 ide bisnis yang layak secara komersial. Itulah mengapa begitu penting Anda melakukan studi terlebih dahulu, apakah ide bisnis tersebut layak dijalankan atau tidak. 

Memahami Pengertian Studi Kelayakan Bisnis 

Sering disebut sebagai feasibility study, studi kelayakan bisnis adalah proses terkendali dalam mengidentifikasi masalah, peluang usaha, tujuan, gambaran situasi, kriteria kesuksesan, serta biaya-biaya dan manfaat, berikut alternatif solusi atas kendala yang mungkin dihadapi. 

Secara umum, studi kelayakan meliputi enam bidang, yaitu deskripsi bisnis, pasar, teknologi yang akan dibutuhkan, detail finansial dan struktur organisasi bisnis, serta kesimpulan terkait bagaimana memajukan bisnis tersebut.

Seberapa Penting Mengetahui Kelayakan Ide Bisnis Anda?

Tidak ada satupun pebisnis yang ingin merugi, termasuk Anda. Maka, penting untuk melakukan studi kelayakan supaya Anda dapat mengambil keputusan tepat dan bijak untuk keberlangsungan usaha dan meminimalisasi risiko kerugian saat bisnis berjalan. Riset dan informasi yang telah dilakukan dalam studi kelayakan akan memberikan dasar kuat bagi Anda untuk meneruskan ide bisnis tersebut. 

Aspek-aspek Studi Kelayakan Bisnis

Meski berlaku fleksibel, paling tidak Anda harus memenuhi aspek-aspek dalam studi kelayakan bisnis berikut ini.

  1. Aspek Manajemen

Merupakan aspek dasar yang harus ada karena berhubungan langsung dengan operasional perusahaan, pembangunan, dan pengembangan bisnis. Contoh, sumber daya perusahaan dan keuangan.

  1. Aspek Keuangan

Modal jadi salah satu faktor penentu dalam mengawali sebuah bisnis sehingga Anda perlu merencanakan anggaran bisnis dan mengukur aspek finansial lain sejak awal. Beberapa hal yang Anda butuhkan adalah:

  • Perkiraan nilai proyek
  • Proyeksi arus kas dan kemungkinan laba
  • Investasi bisnis lain oleh investor
  • Kelangsungan finansial proyek.

Salah satu aspek kelayakan bisnis dari akuntansi dan keuangan adalah mengetahui seberapa jauh kelangsungan finansial proyek, meliputi potensi proyek, informasi aset, tingkat konversi, likuiditas tunai, serta syarat pembayaran kembali.

  1. Aspek Pasar dan Pemasaran

Analisis ini dapat Anda awali dengan menjawab pertanyaan “Bagaimana peluang pasar produk yang diproduksi bisnis ini?” dan melanjutkannya dengan meneliti beberapa faktor, yaitu:

  • Potensi pasar
  • Kemampuan atau daya beli masyarakat
  • Jumlah konsumen
  • Segmentasi
  •  Kompetisi dalam industri serupa.
  1. Aspek Hukum atau Legalitas

Aspek ini diperlukan untuk meneliti ketepatan, kebenaran, keaslian, dan kesempurnaan dokumen yang Anda miliki. Beberapa aspek hukum tersebut antara lain:

  • Nomor Pokok Wajib Pajak
  • Akta pendirian perusahaan dari notaris
  • Izin lokasi
  • Surat Tanda Daftar Perusahaan
  • Surat Izin Usaha Perdagangan
  • Surat Izin Tempat Usaha dan Surat Tanda Rekanan dari pemerintah daerah setempat.
  1. Aspek Ekonomi dan Budaya

Berhubungan langsung dengan dampak bisnis pada lingkungan sekitar tempat Anda berada, sisi ekonomi menunjukkan bagaimana bisnis akan berdampak pada tingkat pendapatan per kapita di suatu wilayah. Sisi budaya akan menganalisis seberapa besar pengaruh bisnis Anda pada adat istiadat masyarakat sekitar. 

  1. Aspek Teknis dan Operasi

Bagi investor, analisis terhadap aspek teknis dan operasi jadi isu utama, terutama berkaitan dengan:

  • Lokasi dan tata letak bisnis
  • Gambaran produk
  • Kemampuan produksi.

Apa yang Ingin Dicapai dari Studi Kelayakan?

Tujuan studi kelayakan bisnis secara umum antara lain:

  1. Menekan Risiko Kerugian

Tujuan studi kelayakan bisnis adalah meminimalisir risiko kerugian. Segala hal tentang masa depan tidak bisa diprediksi, tetapi analisis yang dilakukan bisa memperkecil dan menekan risiko kerugian. Plus, Anda sudah punya gambaran kemungkinan terburuk berikut skenario dan solusi mengatasinya.

  1. Mempermudah Perencanaan Bisnis

Dengan adanya studi, Anda lebih mudah merencanakan bisnis. Mulai dari menentukan lokasi, jumlah modal, cara dan waktu pelaksanaan, perkiraan besar keuntungan, dan proses pengawasan ketika muncul penyimpangan. 

  1. Melaksanakan Pengawasan Lebih Mudah

Pengawasan proses operasional akan berlangsung lebih mudah ketika bisnis dilaksanakan sesuai rencana. Dengan demikian, bisnis pun tetap berjalan sesuai jalur mengikuti rencana yang telah disusun rapi.

  1. Mengendalikan Bisnis Lebih Mudah

Karena semua telah terencana rapi, begitu ada penyimpangan Anda sudah mengantisipasi sehingga dapat memperbaiki dan mengendalikannya agar penyimpangan tidak melebar lebih jauh.

  1. Mempermudah Operasional Bisnis

Rencana bisnis yang telah disusun dan teruji kelayakannya menjadi pedoman bagi Anda maupun karyawan yang dipekerjakan. Tentu ini mempermudah operasional bisnis dan Anda lebih fokus pada tujuan karena semua tahu apa yang harus dilakukan.

Apa Saja Manfaat Studi Kelayakan Bisnis?

Studi kelayakan ini menghadirkan beberapa manfaat yang dinikmati beberapa pihak dalam proses pembentukan suatu bisnis.

  1. Pihak Manajemen 

Salah satu aspek kelayakan bisnis dari organisasi adalah manajemen karena membantu jajaran manajemen mengidentifikasi kapasitas, anggaran, dan kemampuan produksi, serta sumber pendanaan bisnis.  

  1. Pihak Investor

Investor dapat menganalisis perusahaan yang membutuhkan suntikan modal karena terkait jaminan modal dan keuntungan yang diraihnya pada masa mendatang.

  1. Pihak Pemerintah dan Masyarakat

Kebijakan pemerintah wajib dipatuhi pebisnis supaya bisa beroperasi dengan baik. Kehadiran bisnis yang tepat juga membuat masyarakat terbantu sekaligus meningkatkan kesejahteraan mereka. 

Contoh Pelaksanaan Studi Kelayakan pada Ide Bisnis

Berikut dua contoh pelaksanaan studi kelayakan pada ide bisnis. 

  1. Bisnis Kedai Kopi

Bisnis kedai kopi menjamur hingga kota-kota kecil. Ketika Anda tertarik menjalani usaha kopi kekinian, coba lakukan studi kelayakan berikut.

  • Ambil franchise atau merintis nama sendiri
  • Berapa modal yang dibutuhkan
  • Lokasi kedai kopi
  • Siapa target pasar kedai kopi 
  • Apa keunggulan kedai kopi dibanding kompetitor.
  1. Bisnis Toko Online

Siapa saja bisa berjualan online berkat kehadiran marketplace. Jika Anda ingin punya toko online, teliti lagi kesiapan pada aspek kelayakan bisnis berikut.

  • Jenis produk yang akan dijual
  • Siapa target pasar produk 
  • Modal awal yang dikeluarkan
  • Buat produk sendiri atau jadi reseller
  • Strategi pemasaran digital yang akan dilakukan.

Tahapan Melakukan Studi Kelayakan Suatu Ide Bisnis

Untuk melakukan feasibility study terhadap suatu ide bisnis, Anda perlu melakukan tahapan di bawah ini.

  1. Temukan Ide Bisnis

Temukan ide bisnis yang unik dan mampu bersaing dengan kompetitor. Anda bisa mengulik sumber daya di sekitar atau mencari solusi atas suatu permasalahan yang dialami sendiri.

  1. Lakukan Riset Ide Bisnis

Lakukan riset itu penting sehingga Anda dapat mengkaji dan meneliti apakah ide tersebut mempunyai nilai komersial yang membuatnya layak dieksekusi.

  1. Evaluasi Hasil Studi

Lakukan evaluasi dan pertimbangkan aspek studi lain secara menyeluruh sebelum mengambil keputusan akhir.

  1. Pengambilan Keputusan

Putuskan mana ide bisnis bernilai positif paling tinggi yang bisa Anda siapkan rencana bisnisnya.

  1. Susun Rencana Pelaksanaan

Mulai susun rencana pelaksanaan ide bisnis dengan membuat sebuah rencana bisnis yang terperinci. 

  1. Eksekusi Rencana Bisnis

Terakhir, ini saatnya Anda mengeksekusi ide dan rencana bisnis yang telah dipilih. Gunakan rencana bisnis sebagai panduan jika dalam perjalanan Anda menemui hambatan dengan melakukan perbaikan atau beradaptasi dengan kondisi yang ada.

Demikian penjelasan tentang pentingnya studi kelayakan pada suatu bisnis. Untuk memastikan kelancaran bisnis, gunakan AturToko dalam mengelola dan meningkatkan pemasaran bisnis online. Langsung daftar AturToko di sini, yuk!

English