FBPixel

Peraturan Menjual Produk Tembakau di Marketplace

Ditulis pada 23 Sep 2022 oleh

Peraturan Menjual Produk Tembakau di Marketplace – Apakah produkmu pernah diturunkan atau dimoderasi oleh pihak marketplace  karena mengandung tembakau? Supaya hal tersebut tidak terulang lagi, ayo pelajari peraturan penting tentang penjualan produk tembakau (rokok) dan rokok elektrik (pod, vape, atau mod) berikut ini. Berikut Peraturan Menjual Produk Tembakau di Marketplace.

Peraturan Menjual Produk Tembakau di Marketplace

Marketplace yang akan dibahas kali ini adalah Tokopedia, Apakah kamu pernah dimoderasi oleh Tokopedia karna menjual produk tembakau ? Jika pernah yuk simak bagaimana cara berjualan produk yang mengandung tembakau di Tokopedia.

Baca juga: Jenis-Jenis Produk yang Dilarang

Cara Berjualan Produk Tembakau & Rokok Elektrik di Tokopedia

Ketika kamu upload produk yang mengandung tembakau, pastikan untuk menggunakan nama produk yang baik dan benar, serta masukkan produk tersebut ke kategori yang tepat. Jika produkmu tidak sesuai ketentuan, Tokopedia dapat menurunkan produkmu hingga melakukan moderasi permanen pada tokomu. 

Baca juga : Cara Menemukan Trend Produk

Di Tokopedia, ada Syarat dan Ketentuan yang membahas tentang penjualan produk tembakau (rokok), termasuk rokok elektrik (e-cigarettes). Poin-poin tersebut di antaranya membahas tentang

  • Seller harus memasukkan produk tembakau atau e-cigarettes ke dalam 6 kategori produk yang diperbolehkan di Tokopedia. Kategori tersebut antara lain adalah Kategori Produk Dewasa Lainnya, Kategori E-Cigarettes, Kategori Liquid Vape, Kategori Paket Vaporizer, Kategori MOD, dan Kategori Atomizer.
  • Tokopedia berhak menurunkan produk tembakau atau e-cigarettes dari platform Android sesuai dengan ketentuan Google Play Store.
  • Tokopedia berhak mengurangi reputasi toko atau memoderasi toko yang diduga memanipulasi konten untuk menjual produk tembakau atau e-cigarettes.

Contoh Penamaan Produk Tembakau yang Benar

Sesuai dengan tata nama penamaan produk yang benar di Tokopedia, pastikan tidak ada singkatan, dan sesuai dengan merek produk tersebut agar optimal dalam mesin pencarian produk. Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan rumusnya adalah Jenis Produk + Nama Merek + Keterangan. Berikut adalah contohnya:

  1. Judul produk: Rokok Marlboro Putih 10 Bungkus
    Kategori: Kategori Produk Dewasa Lainnya
  2. Judul produk: Vape Tessa Terminator Kit 90W MOD
    Kategori: Kategori Paket Vaporizer

Nah, sekarang kamu sudah tau cara penamaan produk dan kategori untuk produk tembakau dan e-cigarettes yang benar ya. Segera cek kembali penamaan produk dan kategori produkmu agar terhindar dari moderasi atau diturunkan oleh Tokopedia.

English