FBPixel
Cara Menemukan Trend Produk

Cara Menemukan Trend Produk

Ditulis pada 20 Sep 2022 oleh

Cara Menemukan Trend Produk – Tahukah kamu ? Google menyediakan Google Trends, sebuah tools agar kita bisa mengetahui sebuah tren yang sedang berlangsung di wilayah tertentu. Google Trends dapat kamu gunakan secara gratis dengan berkunjung langsung melalui websitenya. Berikut adalah tampilan dari Google Trends.

Cara Menemukan Trend Produk

Beberapa fitur Google Trends yang bisa kamu manfaatkan salah satunya adalah fitur pencari tahu kata kunci yang tepat untuk produk yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari inspirasi produk untuk dijual berdasarkan tren di daerah yang kamu tuju.

Cara Menemukan Trend Produk di Daerah

1. Buka Google Trends kemudian ganti region atau wilayah menjadi negara Indonesia.

Cara Menemukan Trend Produk

2. Kemudian masukkan kata kunci produk yang ingin kamu lihat. Contohnya jika kamu ingin melihat trend produk baju. Maka kamu bisa menulis “baju” di dalam kolom yang tersedia. Setelah itu, akan muncul tampilan website seperti berikut ini

Cara Menemukan Trend Produk

3. Langkah selanjutnya adalah mengganti subregion dengan daerah yang kamu inginkan. Misalnya, jika kamu ingin melihat trend produk baju apa saja di daerah Aceh. Maka klik pilihan subregion “Aceh”.

Cara Menemukan Trend Produk

4. Apabila kamu ingin melihat tren kata kunci tersebut dengan nama kota yang lebih detail. Kamu bisa klik nama “subregion” kemudian ubah menjadi “city”.

Cara Menemukan Trend Produk

Kemudian tampilannya akan berubah menjadi “Interest by city” seperti ini.

Cara Menemukan Trend Produk

5. Setelah itu, Google Trends akan menampilkan tren kata kunci selama periode tertentu dan juga urutan kota yang memiliki pencarian terbesar terhadap kata kunci tersebut. Jadi kamu bisa menyesuaikan produk apa yang kamu jual sesuai dengan kota target.

Misalnya untuk kata kunci “baju” di subregion “Jawa Barat”

Cara Menemukan Trend Produk

6. Scroll ke bagian bawah kemudian kamu akan menemukan list keyword atau kata kunci yang berkaitan dengan kata kunci yang kamu cari. Di sini ada berbagai pilihan kata kunci produk yang diurutkan berdasarkan volume pencarian.

Misalnya untuk kata kunci “baju” di “Jawa Barat”

Cara Menemukan Trend Produk

Dari hasil ini, kamu bisa memilih kata kunci dengan persentase terbesar dan juga kata kunci breakout. Breakout artinya jika kata kunci produk tersebut merupakan yang paling banyak dicari dan mengalami kenaikan dari nol persen ke tak terhingga.

Gimana ? Mudah ‘kan untuk mengetahui tren produk di daerah kamu? Yuk, langsung cari tahu trend produk yang akan kamu jual dan mulai tingkatkan penjualannya. Selamat mencoba !

Baca Juga :

Perbedaan Wirausahawan Dulu Dan Sekarang

Lebih Baik Jualan di Instagram atau Marketplace?

Faktor Pendukung Keberhasilan Usaha

English