FBPixel
Serba-Serbi Pembayaran COD Lazada yang Perlu Diketahui

Serba-Serbi Pembayaran COD Lazada yang Perlu Diketahui

COD Lazada merupakan salah satu alternatif pembayaran yang menguntungkan penjual maupun pembeli. Sistem COD Lazada memungkinkan pembeli membayar pesanan saat paket berhasil diantar oleh kurir. Berbekal sistem COD, calon pembeli yang tidak memiliki rekening dan alat pembayaran digital tetap bisa mendapatkan barang. Tak hanya memudahkan pembeli, Lazada bisa COD juga menguntungkan seller karena efektif meningkatkan penjualan. 

Begini Panduan Fitur COD di Lazada

Sebelum mengetahui cara mengaktifkan COD di Lazada 2021, Anda harus memahami cara kerja sistem pembayaran COD. Dalam perkembangannya, pembayaran COD yang diterapkan oleh marketplace dilakukan secara aman melalui jasa ekspedisi. Nantinya, ketika kurir mengantarkan paket, pembeli akan membayar sesuai harga barang ditambah dengan biaya jasa (jika ada). Tak berbeda dengan sistem pembayaran lainnya, dana COD akan masuk ke saldo penjual yang dapat Anda cairkan kapan saja. 

Untuk meminimalisasi kerugian bagi penjual maupun pembeli, sistem COD di Lazada menerapkan beberapa aturan dasar. Pembeli diperkenankan menolak pesanan apabila tidak merasa melakukan pembelian. Jika memilih pembayaran di tempat, Anda tak boleh membuka kemasan sebelum melakukan pembayaran melalui kurir ekspedisi. 

Mengingat fitur COD di Lazada hanya tersedia di sejumlah daerah yang mudah dijangkau oleh kurir ekspedisi, pembeli yang berada di luar wilayah tersebut harus melakukan pembayaran via bank, ATM, maupun digital. Supaya lebih jelas mengenai cakupan wilayah COD, jangan ragu mengunjungi Lazada seller center COD. Bagi Anda yang tertarik menggunakan fitur bayar di tempat, pastikan bahwa Anda telah terdaftar dan memiliki akun seller di Lazada. Berikut cara mengaktifkan COD di Lazada.

  • Masuk ke master account Lazada. Jika belum memiliki akun di Lazada, buat akun seller dengan mengikuti langkah yang ditampilkan pada layar. 
  • Klik menu akun saya.
  • Klik menu profil.
  • Klik pengaturan logistik Lazada.
  • Klik kotak tulisan “Bayar di Tempat” untuk aktivasi fitur bayar di tempat.

Baca juga: Standar Pengemasan Paket di Lazada, Seller Wajib Tahu!

Pertanyaan Mengenai Lazada COD

Kendati cara mengaktifkan fitur COD di Lazada terbilang mudah, masih banyak orang yang kurang memahami cara kerja sistem COD. Beberapa pertanyaan yang kerap ditanyakan pengguna Lazada mengenai COD, antara lain sebagai berikut.

  • Apakah Lazada bisa COD? Ya, Lazada menyediakan fitur COD.
  • Bagaimana cara aktifkan COD di Lazada? Masuk ke akun Lazada kemudian pilih pengaturan logistik untuk mengaktivasi pembayaran COD. 
  • Dapatkah menonaktifkan COD? Bisa. Cukup dengan klik tanda centang di kotak bertuliskan “Bayar di Tempat”.
  • Toko mana saja yang mengaktifkan pembayaran di tempat? Seluruh toko yang menampilkan logo COD Lazada.
  • Bagaimana cara belanja dengan fitur COD? Setelah melakukan check out barang, klik lihat semua metode, pilih bayar di tempat atau gambar COD Lazada (uang kertas). 
  • Apa saja pilihan jasa pengiriman COD di Lazada? Layanan COD yang tersedia, meliputi Ninja Van, LEX, JNE COD Lazada Cashless, SiCepat. 
  • Apakah pengiriman instan menyediakan fitur COD? COD tidak tersedia untuk pengiriman instan dan delivered by seller atau seller own fleet.
  • Berapa limit pembelian barang menggunakan COD? Harga maksimal pembayaran COD adalah Rp5 juta. 
  • Dapatkan barang yang dibeli secara COD dikembalikan? Lazada menerima pengembalian barang dengan syarat dan ketentuan berlaku. 

Apabila memiliki pertanyaan lain seputar COD, Anda bisa mengunjungi seller center Lazada COD. 

Baca juga: Cara Mendaftar Jadi Agen LEX Lazada MDOP Terdekat di Kotamu

Risiko Pembayaran COD Bagi Seller

Kendati menguntungkan, pembayaran di tempat juga memiliki sejumlah kekurangan bagi penjual. Adapun risiko pembayaran COD, di antaranya:

  • Pembeli menolak barang yang dikirimkan oleh kurir – selain rugi waktu, barang berisiko rusak selama perjalanan sehingga menyebabkan kerugian materi.
  • Keterbatasan dalam mengirimkan barang – lokasi tujuan yang terlalu jauh dapat meningkatkan risiko barang hilang. 

Untuk meminimalisasi kerugian sekaligus meningkatkan penjualan, Anda bisa menggunakan layanan di AturToko. AturToko hadir untuk membantu UMKM, prinsipal, dan korporasi untuk memaksimalkan penjualan. AturToko dapat membantu Anda mengembangkan bisnis, merencanakan anggaran, dan meningkatkan kinerja media sosial. Apalagi yang Anda tunggu? Ayo, daftar AturToko sekarang!

English