FBPixel
Pengertian dan Pentingnya Testimoni untuk Mendongkrak Omzet Bisnis

Pengertian dan Pentingnya Testimoni untuk Mendongkrak Omzet Bisnis

Ditulis pada 24 Mar 2022 oleh

Kategori :

Saat membeli sebuah produk baru, tentu Anda ingin barang tersebut sesuai dengan ekspektasi Anda. Riset menunjukkan bahwa 88% orang mau membeli produk setelah mengetahui testimoni positif dari konsumen lain. Ini berarti, testimoni adalah salah satu faktor penentu apakah seseorang akan membeli sebuah produk atau tidak. 

Terutama bagi pemilik bisnis yang menjual barang/jasa secara online, testimoni merupakan alat untuk meyakinkan calon konsumen. Seberapa penting testimoni untuk bisnis Anda? Simak penjelasan lebih lanjut tentang testimoni berikut ini.

Apa Itu Testimoni?

Pengertian testimoni secara singkat adalah pernyataan kepuasan oleh pihak ketiga tentang bisnis, produk, jasa, maupun layanan yang Anda tawarkan. Yang dimaksud pihak ketiga dapat meliputi konsumen, rekan kerja, klien, atau siapa saja yang telah mendapatkan manfaat atau mengetahui kualitas dari produk/jasa yang mereka beli.

Testimoni juga bisa dibilang merupakan suatu bentuk penghargaan, ungkapan terima kasih, maupun sebagai alat yang mendukung klaim atau kebenaran tertentu.

Perbedaan Testimoni dan Review

Sama-sama memberi pernyataan dan gambaran, sering kali testimoni disamakan dengan review. Padahal, keduanya punya perbedaan yang mendasar. Berikut beberapa di antaranya:

Testimoni

  • Merujuk arti dari testimoni di atas, testimoni cenderung menunjukkan kesan baik dan pengalaman positif.
  • Bentuknya lebih detail dan panjang, tentang pengalaman konsumen sebelum dan sesudah menggunakan produk/jasa Anda. 
  • Pelaku bisnis mengelola dan menampilkan testimoni pada brosur, website, iklan, sosial media, dsb.
  • Testimoni diberikan langsung oleh konsumen kepada perusahaan.

Review

  • Review hanya memberikan gambaran singkat tentang brand Anda.
  • Tidak hanya sisi positif, review juga mengungkapkan sisi buruk suatu produk/jasa.
  • Biasanya muncul di website pihak ketiga seperti Tripadvisor, Yelp, Google My Business, dsb.
  • Kerap dibuat dalam format tulisan, kadang disertai dengan rating bintang.

Baca juga: Iklan Advertorial: Pengertian, Fungsi, Jenis, Contoh, dan Kelebihannya

Mengapa Testimoni Penting untuk Bisnis Anda?

Fungsi testimoni adalah meyakinkan calon konsumen, artinya Anda bisa menggaet lebih banyak pelanggan potensial. Namun, lebih dari itu, ada berbagai manfaat yang bisa Anda rasakan langsung. Apa saja?

Membangun Kredibilitas Brand 

Makin banyak testimoni dari pelanggan, makin tinggi tingkat kredibilitas produk/jasa Anda. Faktanya, pernyataan konsumen lain yang menunjukkan kepuasan, memberi kontribusi tinggi dalam penentuan keputusan calon konsumen untuk melakukan transaksi.

Meningkatkan Kepercayaan dan Loyalitas Konsumen

Manfaat testimonial adalah membangun rasa percaya publik terhadap bisnis Anda. Ini merupakan sarana krusial yang efektif dalam membangun hubungan emosional antara brand dengan konsumen Anda. Menampilkan testi akan membuat konsumen merasa dihargai, sehingga membuat mereka makin loyal.

Bukti Nyata Kualitas Brand Anda

Testimoni artinya pernyataan yang datang dari pihak ketiga yang tidak memihak dan telah menggunakan brand Anda. Ini bisa menjadi bukti nyata akan manfaat dan kualitas produk/layanan Anda.

Teknik Promosi Efektif

Anda dapat memanfaatkan testimoni sebagai sarana pemasaran efektif bagi bisnis Anda. Dengan membangun kesan positif dari para pelanggan, Anda telah meningkatkan brand awareness sehingga produk/jasa Anda makin dikenal.

Menaikkan Omzet

Nyatanya, setiap orang akan mencari tahu tentang suatu produk sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli. Membaca testimoni bisa jadi bahan pertimbangan penting yang mempengaruhi keputusan mereka untuk membeli. Makin banyak transaksi terjadi, makin naik pula omzet bisnis Anda.

Contoh Testimoni

Real testimoni artinya pernyataan yang datang dari konsumen yang benar-benar telah memakai dan merasakan manfaat dari brand Anda. Berikut ini beberapa contoh testimoni:

  • Testimoni di toko online

Wanda menuliskan testimoni setelah membeli sebuah lipstik di salah satu toko online:

“Warna lipstik sesuai foto dan ternyata awet banget! Nggak nempel di gelas atau tisu! Produknya juga orisinal. Pertama kali order di sini, bakal langganan terus nih!”

  • Testi melalui chat WhatsApp

Robert mengirim pesan singkat melalui WhatsApp ke nomor penjual setelah sepaket pesanan kopi luwak-nya sampai:

“Paketnya sudah sampai, Kak. Packaging rapi, aman, pesanan juga lengkap. Kopinya mantap, set cangkir-nya classy banget, berasa ngopi di coffee shop Sultan! Terima kasih, ya.”

Biasanya, konsumen akan menyertakan foto produk pada testimoni mereka, sehingga memudahkan konsumen lain untuk mendapat informasi lebih lanjut tentang produk tersebut.

Baca juga: Segmentasi Pasar: Pengertian, Jenis, Manfaat, hingga Prosedur Pelaksanaannya

Tipe-tipe Testimoni yang Efektif untuk Website

Selain mengenal lebih dalam apa arti testimoni, Anda juga perlu mengetahui ada beberapa jenis testimoni yang efektif untuk dipakai di website. Berikut ulasan lengkapnya:

  1. Video Testimonials

Tipe ini kian disukai karena konten video menawarkan rasio ROI (return of investment) hingga 52% dan merupakan salah satu tipe konten dengan rasio ROI paling banyak. Untuk membuat tipe testimoni ini, minta pelanggan untuk menceritakan kisah sukses dan kepuasan mereka setelah menggunakan brand Anda.

  1. Case Studies

Case studies memakai pendekatan saintifik dalam menceritakan pengalaman konsumen. Konsumen akan menyatakan kepuasan secara komprehensif termasuk bagaimana mereka berhasil mencapai target dengan bantuan produk/layanan dari Anda.

  1. Social Testimonials

Sosial media adalah alat pemasaran yang efisien. Mintalah pelanggan untuk mengeposkan feedback ke sosial media. Selanjutnya, ambil screenshot pernyataan tersebut lalu tampilkan di website Anda.

  1. Quote Testimonials

Quote testimonials paling sering dipakai oleh para marketers. Caranya, kumpulkan pernyataan dari konsumen, lalu tampilkan dengan cara mengutip langsung tanpa mengubah isi testimoni tersebut. Terkesan sederhana, tetapi tipe ini sangat efektif.

  1. Tips Mendapat Testimoni Positif dari Konsumen

Setelah tahu apa itu testimonial, tentu Anda ingin mendapat testimoni baik dari para pelanggan yang pada akhirnya meningkatkan pendapatan bisnis Anda. Bagaimana caranya? Simak tips berikut:

  • Pastikan Anda aktif berinteraksi dan berkomunikasi dengan konsumen. Anda juga harus fast respond terhadap pesan, email, atau apapun yang mereka kirimkan.
  • Bila menemukan komentar negatif, hargai testimoni mereka dan tetap berikan respons yang baik.
  • Manfaatkan media sosial sebaik dan semaksimal mungkin untuk mengenalkan brand Anda. 
  1. Cara Membuat Testimoni Menarik di Website

Sebelum mantap menambahkan elemen testimoni ke website Anda, perhatikan beberapa hal penting berikut:

  1. Pakai testimoni asli: Demi kredibilitas dan reputasi bisnis Anda, jangan sekali-kali menggunakan testimoni palsu. 
  2. Sertakan informasi pemberi testimoni: Untuk menambah kesan tepercaya, sertakan informasi diri pelanggan yang memberi testimoni, dapat berupa nama, nama perusahaan, pekerjaan, ataupun foto.
  3. Ajak konsumen untuk memberi testimoni spesifik: Yaitu dengan menggunakan data berbentuk angka konkret atau persentase. Ini bermanfaat agar testimoni lebih jelas, mudah dipahami, dan tepat sasaran.
  4. Tampilkan di area yang tepat: Tempatkan elemen testimoni di bagian homepage agar mudah ditemukan. Anda juga bisa menempatkan kumpulan testimoni pada halaman khusus. 

Kesimpulannya, fungsi testimoni adalah menciptakan kredibilitas bisnis dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Pada akhirnya, ini akan berkontribusi pada meningkatnya omzet Anda. 

Ingin mengelola bisnis dengan lebih mudah dan profesional, tetapi bingung bagaimana caranya? Percayakan pada AturToko! Satu aplikasi untuk semua kebutuhan bisnis Anda. Daftar segera di sini!

English