FBPixel
Apa yang Dimaksud dengan Kemasan Fungsi, Tujuan dan Jenisnya

Apa yang Dimaksud dengan Kemasan? Fungsi, Tujuan dan Jenisnya

Ditulis pada 13 Mar 2022 oleh

Kategori :

Ketika Anda membuat produk untuk dijual, kemasan adalah salah satu bagian penting yang harus didesain dengan baik dan detail. Meski terkesan sepele, tapi tanpa adanya kemasan yang baik dan menarik, pembeli mungkin tidak akan tertarik untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Adanya kemasan juga memungkinkan produk dibawa dengan mudah dari satu tempat ke tempat lain. Karena itu, pengemasan setiap produk harus dipikirkan dengan baik.

Lalu, apa yang dimaksud kemasan? Apa saja fungsi dan jenis-jenisnya? Simak selengkapnya dalam pembahasan berikut ini!

Apa yang Dimaksud dengan Kemasan?

Pengemasan adalah proses memberikan penutup atau pelindung untuk sebuah produk sehingga produk tetap terjaga selama proses penyimpanan dan distribusi. Kemasan juga biasanya memiliki sejumlah informasi yang berguna bagi semua pihak yang terkait dengan isi kemasan.

Secara sederhana bisa didefinisikan bahwa kemasan adalah bahan pembungkus bagi sebuah produk yang berfungsi untuk melindungi, mengidentifikasi, menggambarkan, menampilkan dan mempromosikannya. Adanya kemasan juga akan membuat produk tetap bersih dan bisa dipasarkan.

Pengertian Kemasan Menurut Para Ahli

Selain pengertian secara umum, para ahli juga memiliki definisi yang beragam yakni:

  • KBBI. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kemasan produk merupakan bungkus pelindung sebuah produk barang yang dihasilkan dari aktivitas pengemasan
  • Philip Kotler dan Gary Armstrong. Apakah yang dimaksud dengan kemasan menurut Kotler dan Armstrong? Kemasan produk merupakan aktivitas yang terdiri dari desain dan produk. Kemasan berfungsi untuk melindungi produk di dalamnya dengan baik.
  • D. Rodriguez. Menurutnya, kemasan adalah bungkus yang bisa mengubah isi bahan pangan dengan penambahan senyawa aktif agar usia simpannya lebih lama.

Fungsi Kemasan Produk

Kemasan memiliki beberapa fungsi yakni:

Fungsi Proteksi

Adanya kemasan membuat produk yang ada di dalamnya terlindungi dari berbagai faktor luar yang mungkin bisa merusak isinya seperti cuaca, goncangan selama proses pengiriman dan lain sebagainya. Kemasan memungkinkan produsen melindungi produk dari risiko cacat atau rusak yang akan merugikan konsumen.

Selain itu, kemasan juga berguna sebagai pelindung bagi objek yang ada di sekitar produk tersebut. Ini berlaku jika produk yang dijual sifatnya berbahaya atau beracun misalnya gas atau cairan yang mudah terbakar, zat beracun dan lain sebagainya. Kemasan juga harus dibuat dengan baik agar anak-anak tidak mudah membukanya.

Fungsi Promosi dan Pemasaran

Seperti yang disinggung sebelumnya, kemasan juga memiliki fungsi promosi. Dengan membuat desain kemasan yang menarik, produsen akan lebih mudah memasarkan produknya.

Fungsi Informasi

Kemasan mencantumkan berbagai informasi yang mungkin diperlukan oleh konsumen termasuk fitur umum produk, berat bersih isi, nama dan alamat produsen hingga harga eceran maksimum. Kemasan makanan dan obat juga harus mengandung informasi mengenai cara mengonsumsi, manfaat kesehatan, kode produksi dan tanggal kedaluwarsa.

Baca juga: Apa Itu Logo: Sejarah, Jenis, Aspek, Tujuan serta Manfaatnya

Jenis-jenis Kemasan Produk

Jenis pengemasan produk ada 3 kategori yang berbeda antara lain:

Berdasarkan Struktur Isi

  • Kemasan primer. Kemasan primer merupakan kemasan utama sebuah produk makanan langsung seperti botol minuman dan kaleng susu
  • Kemasan sekunder. Kemasan sekunder digunakan sebagai perlindungan tambahan bagi sekelompok kemasan lain misalnya kotak yang dipakai untuk mengemas berkaleng-kaleng susu atau peti kayu untuk melindungi kemasan produk-produk lain.
  • Kemasan tersier. Kemasan tersier dipakai untuk melindungi produk saat proses pengiriman dari satu tempat ke tempat lain.

Berdasarkan Kesiapan Pakai

  • Kemasan siap pakai. Kemasan ini dibuat dalam bentuk yang utuh sejak awal dibuat dan siap untuk diisi dengan produk yang akan dikemas. Misalnya saja kaleng, botol dan kotak
  • Kemasan siap rakit. Kemasan siap rakit membutuhkan proses perakitan sebelum digunakan untuk mengemas produk. Contohnya adalah plastik, aluminium foil dan kertas kemas.

Berdasarkan Frekuensi Pakainya

  • Kemasan disposable. Kemasan ini hanya bisa digunakan satu kali saja. Contohnya adalah kemasan daun pisang, plastik dan lain sebagainya
  • Kemasan semi disposable. Kemasan ini tidak langsung dibuang setelah isinya habis tapi masih bisa dimanfaatkan kembali oleh konsumen. Contohnya kaleng biskuit atau botol sabun pencuci piring
  • Kemasan multi trip. Kemasan jenis ini dapat digunakan berkali-kali untuk diisi kembali. Contoh paling umum adalah galon air minum yang bisa diisi ulang ke agen.

Manfaat Pengemasan Produk dan Tujuannya

Kemasan dan pengemasan produk dilakukan dengan berbagai manfaat dan tujuan. Beberapa di antaranya adalah:

  • Marketing. Kemasan dibuat dengan desain menarik akan meningkatkan minat beli konsumen
  • Convenience. Adanya kemasan akan membuat berbagai proses mulai dari distribusi, penyimpanan, penjualan dan penggunaan produk menjadi lebih nyaman
  • Information transmission. Kemasan biasanya memiliki sejumlah informasi mengenai cara pengangkutannya, daur ulang atau cara membuang kemasan maupun produknya. Beberapa jenis produk farmasi, makanan dan kimia membutuhkan informasi ini seperti yang diatur oleh pemerintah
  • Physical protection. Kemasan akan melindungi isinya dari berbagai hal di luar termasuk goncangan, kompresi, getaran, suhu dan lain sebagainya
  • Barrier protection. Beberapa jenis kemasan dilengkapi dengan pengering atau penyerap oksigen untuk menjaga isinya tetap bersih, segar, steril dan aman disimpan dalam waktu lama.
  • Security. Pengemasan bisa membantu mengurangi risiko keamanan dalam pengiriman. Beberapa kemasan bisa direkayasa sedemikian rupa untuk mengurangi risiko pencurian.

Cara Membuat Kemasan yang Baik

Agar fungsi dan tujuan pengemasan bisa tercapai, pembuatan kemasan perlu dilakukan dengan baik. Adapun langkah-langkahnya adalah:

  • Tentukan konsep desain. Pastikan konsepnya sesuai dengan produk yang akan dikemas serta branding yang Anda gunakan
  • Pastikan nama merek dan logo produk terlihat dengan jelas
  • Tonjolkan apa yang menjadi keunggulan atau manfaat dari produk yang akan dikemas
  • Buat desain dengan unik, sesuai citra dari brand usaha Anda. Membuat desain yang unik akan membuat Anda tampil menonjol di antara para pesaing yang menjual produk sejenis.
  • Tambahkan elemen grafis lain untuk mempercantik kemasan.

Baca juga: Apa Itu Bundling? Tipe, dan Strategi untuk Meningkatkan Penjualan

Tips Membuat Kemasan yang Menarik

Dalam sebuah studi tahun 2013 oleh Wiley Online Library disebutkan bahwa kemasan produk yang menarik bisa memicu pembelian, bahkan bagi konsumen yang sejak awal tidak berniat membeli. Karena itu, sangat penting membuat kemasan produk semenarik mungkin. Simak tips membuat kemasan yang menarik berikut ini!

  • Hindari desain kemasan yang terlalu rumit. Pilihlah desain kemasan yang sederhana dan tetap sesuai dengan fungsinya (mudah dibawa dan dikonsumsi oleh pembeli). Desain yang terlalu rumit akan membingungkan konsumen
  • Pilih warna cerah yang berbeda dari kompetitor. Salah satu cara membuat kemasan tampil menonjol adalah memilih warna yang cerah. Tapi jangan sampai warna yang Anda pilih sama dengan produk sejenis di pasaran. Membuat warnanya berbeda tidak hanya akan memberikan identitas, tapi membuatnya terlihat mencolok dan berbeda saat ditaruh di rak bersama dengan produk kompetitor
  • Masukkan informasi terkait legalitas. Makanan, minuman, obat-obatan dan produk kecantikan membutuhkan izin dari BPOM. Beberapa di antaranya juga perlu sertifikasi halal. Pastikan Anda memilikinya dan mencantumkannya pada kemasan
  • Tulis informasi produk dengan singkat, padat, jelas dan gunakan font yang menarik serta mudah dibaca
  • Pakai bahan dengan bahan berkualitas namun tetap terjangkau. Anda juga bisa mempertimbangkan opsi bahan daur ulang yang lebih ramah lingkungan jika memungkinkan.

Sudah siap merancang kemasan yang menarik untuk produk Anda? Jangan lupa juga siapkan strategi pemasaran secara online. Bersama AturToko.id sebagai enabler e-commerce, produk Anda akan lebih mudah menjangkau pasar yang luas. Daftarkan bisnis Anda sekarang juga di sini!

English