Pada era digital ini, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan nilai omset jualan. Salah satunya dengan mencoba kegiatan live streaming untuk berjualan sambil promosi di Tokopedia Play.
Tokopedia Play merupakan platform streaming yang terdapat di aplikasi Tokopedia. Di sini, pengguna bisa menonton beragam video menarik, seperti acara memasak, olahraga, kreasi, termasuk live shopping.
Penelitian Livestream.com menyebutkan 80% orang suka menonton video yang ditayangkan brand favoritnya secara langsung. Ini berarti di antara audiens yang menonton siaran live, ada target pembeli yang berpotensi membeli produk.
Siaran live yang menjelaskan tentang keunggulan produk dapat menjadi promosi yang efektif. Menariknya, audiens juga bisa melakukan interaksi dengan memberikan pertanyaan atau respons melalui kolom komentar.
Faktor-faktor ini dapat meningkatkan intensi untuk membeli produk, baik karena dorongan dari dalam maupun setelah melihat antusiasme audiens lain yang ikut menonton.
Tokopedia Play sebagai kanal video streaming juga memiliki berbagai manfaat. Penjual bisa memanfaatkan Play untuk menjelaskan produknya kepada calon pembeli sekaligus menggelar live shopping,
Metode seperti ini relevan dengan kondisi masa kini, yaitu ketika banyak orang lebih memilih menonton video untuk mengetahui suatu informasi. Hasilnya, live streaming di Tokopedia Play ternyata bisa meningkatkan kunjungan ke toko dan halaman produk.
Faktor yang membuat Tokopedia Play efektif untuk penjualan terkait tingkat kepercayaan terhadap brand. Pembeli zaman sekarang melihat brand sebagai sesuatu yang autentik. Mereka lebih percaya pada influencer yang mengulas produk secara realistis.
Bukan hanya dapat menyasar pengikut lama, penjual juga dapat menarik perhatian audiens baru saat penjual melakukan live streaming di Tokopedia Play. Adanya peluang untuk menjelaskan produk secara langsung kepada calon pembeli juga merupakan kesempatan besar untuk berjualan.
Baca juga: Modal Toko Tokopedia, Solusi Untuk Dana Usaha Tambahan Tanpa Ribet
Untuk memanfaatkan kanal Tokopedia Play, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan oleh penjual Tokopedia. Berikut di antaranya:
Sebelum memulai live streaming di Tokopedia Play, khususnya pemula perlu mempersiapkan beberapa hal yaitu:
Baca juga: Cara Mengaktifkan Fitur COD di Tokopedia, Penjual Makin Aman
Setelah melakukan live streaming, Anda tentu ingin melihat kembali video tersebut agar bisa menganalisis hasilnya. Karena itu, setelah live streaming berakhir, pilih opsi Simpan Video di Halaman Toko. Video ini nantinya akan bisa dilihat di halaman toko Anda.
Dari halaman toko, klik titik tiga di kanan video dan pilih opsi Lihat Performa. Di sini Anda akan menemukan informasi seperti jumlah penonton, jumlah pengikut baru, produk yang dibeli, dan masih banyak lagi. Sebagai bagian dari promosi, Anda juga bisa membagikan video tersebut di media sosial.
Jadi, kanal live streaming yang tersedia di Tokopedia Play bisa dikatakan cukup efektif bagi penjual asal dimanfaatkan dengan baik. Agar toko online semakin maju, Anda bisa lebih mudah mengelolanya dengan menggunakan berbagai layanan di AturToko. AturToko akan membantu usaha Anda dari segi digital marketing, baik iklan juga kinerja media sosial. Yuk daftar sekarang!