Cara Mengaktifkan Fitur COD di Tokopedia, Penjual Makin Aman

Cara Mengaktifkan Fitur COD di Tokopedia, Penjual Makin Aman

Jika Anda adalah seorang seller di Tokopedia, jangan sampai melewatkan  fitur Cash on Delivery (COD) atau Bayar di Tempat. Fitur untuk opsi pembayaran ini memberi alternatif kepada pembeli dalam menyelesaikan transaksi pembelian. Jadi secara tidak langsung, fitur ini juga dapat meningkatkan omset toko. 

Apa Itu COD Tokopedia?

COD Tokopedia merupakan opsi untuk bertransaksi secara tunai antara penjual dan pembeli. Namun, untuk melakukan transaksi, ada peran kurir yang menyampaikan barang dari penjual kepada pembeli dan uang pembayaran dari pembeli kepada penjual. 

Fitur ini memudahkan pembeli untuk berbelanja, khususnya bagi yang belum terbiasa dan tidak bisa membayar dengan opsi debit maupun kredit. Selain itu, fitur COD juga dapat meningkatkan kepercayaan pembeli kepada penjual.

Manfaat Fitur COD bagi Seller Tokopedia

Mengapa seller Tokopedia perlu mengaktifkan fitur COD untuk tokonya? Berikut alasannya.

  • Pengguna COD di 24 provinsi dan 63 kota di Indonesia berjumlah sekitar 1,6 juta. Anda berkesempatan untuk meraih pembelian dari para pengguna ini.
  • Metode pembayaran COD memungkinkan pembeli menggunakan kupon Bebas Ongkir. Hal ini membuat pembeli memiliki alasan kuat untuk berbelanja di toko Anda.
  • Tokopedia menyediakan jaminan asuransi 100% apabila terjadi kehilangan atau kerusakan barang.
  • Asuransi kehilangan dan kerusakan barang bisa diklaim dengan mudah dan cepat. Sejak laporan dibuat, hanya dibutuhkan waktu paling lama 8 hari.
  • Jika produk dikembalikan, biaya ongkir gratis. Lokasi barang juga tidak sulit untuk dijangkau. 
  • Pembeli fiktif yang berbelanja dengan fitur ini akan otomatis terblokir.

Baca juga: Cara Mendaftar Jadi Mitra Tokopedia, Aplikasi Untuk Bisnis Rumahan

Langkah Mengaktifkan Layanan COD

Untuk mengaktifkan fitur COD, masuklah ke halaman Seller Tokopedia, klik Pengaturan Toko dan Layanan. Setelah itu, beri tanda centang pada bagian Bayar di Tempat, lalu Aktifkan Layanan. Setelah itu, masuk ke bagian Pengiriman, aktifkan jasa pengiriman SiCepat Ekspress dan AnterAja. 

Syarat Menggunakan Layanan COD Tokopedia

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh seller sebelum menggunakan layanan COD Tokopedia. Berikut di antaranya:

  • Produk preorder tidak bisa menggunakan layanan COD
  • Metode pembayaran dengan COD juga tidak bisa digunakan pada Fitur Beli Langsung
  • Fitur Bayar di Tempat bisa digunakan untuk mengirim barang ke berbagai kota

Mekanisme COD Tokopedia bagi Penjual

Setelah mengaktifkan layanan COD, selanjutnya seller hanya perlu menunggu pesanan pembeli yang menggunakan metode pembayaran ini. Apabila ada pesanan yang masuk, hal yang perlu dilakukan penjual adalah:

  • Cek menu Penjualan dan proses pesanan masuk
  • Anda akan memperoleh kode booking yang dicantumkan pada pesanan pelanggan.
  • Cek kode booking di bagian Konfirmasi Pesanan.
  • Cetak label untuk pesanan yang masuk, kemudian tempelkan pada pesanan. Label harus memperlihatkan barcode dan harga barang.

Baca juga: Modal Toko Tokopedia, Solusi Untuk Dana Usaha Tambahan Tanpa Ribet

Di Mana Saja Fitur COD Tersedia?

Fitur COD sudah tersedia di beberapa daerah di Indonesia. Untuk mengetahui jangkauannya hingga saat ini, Anda bisa mengecek langsung di aplikasi Tokopedia. 

Retur Transaksi COD Hanya 2-4%

Menggunakan transaksi COD sangat membantu dengan memberi kenyamanan kepada kedua pihak. Dari seluruh transaksi yang pernah terjadi, hanya sekitar 2%-4% yang mengalami retur. 

Ketentuan retur antara lain barang belum dibuka oleh pembeli. Barang akan kembali kepada seller maksimal 8×24 jam. Jika tidak, seller bisa mengajukan klaim dan mendapatkan pengembalian uang sesuai harga produk.

Untuk aktivitas retur, ongkos kirim ditanggung oleh Tokopedia. Ada pula asuransi 100% jika produk mengalami kerusakan dalam perjalanan.

Jadi fitur COD sebagai alternatif layanan pembayaran tentunya sangat bermanfaat, bukan hanya bagi pembeli tetapi juga penjual. Manfaatkan hal ini untuk mendapatkan peluang pasar dan pelanggan baru serta keuntungan yang optimal.

Untuk kemudahan mengelola bisnis online, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai layanan yang tersedia di AturToko. Layanan tersebut dapat membantu Anda memaksimalkan brand di marketplace dengan berbagai produk andalannya yaitu OmniPos, BuatToko, dan AturToko+.

English