Cara Seller Pinjam Uang dari Shopee dengan Spinjam, Mudah dan Cepat

Cara Seller Pinjam Uang dari Shopee dengan Spinjam, Mudah dan Cepat

Pengguna Shopee pasti tahu fitur Shopee Pinjam yang ditawarkan oleh ecommerce satu ini. Berbeda dengan ShopeePaylater yang bisa dimanfaatkan untuk membayar transaksi pembelian di Shopee, SPinjam adalah fitur pinjaman tunai. Apabila pengajuan pinjaman disetujui, dana akan dicairkan ke rekening pengguna. 

Deskripsi Shopee Pinjam

Tidak hanya tersedia untuk pengguna yang berstatus pembeli di Shopee, fitur Shopee Pinjam untuk Penjual juga ada. SPinjam ditujukan untuk membantu para penjual yang membutuhkan dana tambahan dalam rangka mengembangkan bisnis dan meningkatkan penjualan.

Persyaratan Shopee Pinjam untuk Penjual

SPinjam khusus penjual bisa ditarik kapan pun dengan jumlah berapa pun asal masih dalam limit yang ditentukan. Fasilitas ini tidak memerlukan agunan. Namun, untuk dapat menikmati fitur SPinjam, Anda harus menunggu tawaran langsung dari Shopee. Shopee akan menawarkan SPinjam kepada penjual terpilih berdasarkan performa penjualan toko. 

Langkah Pengajuan Shopee Pinjam

Bagi penjual yang ingin mengajukan SPinjam, Anda harus melakukan aktivasi akun SPinjam untuk Penjual terlebih dahulu. Caranya sebagai berikut:

  • Klik tombol Keuangan di halaman utama aplikasi
  • Klik menu Saya dan cek notifikasi
  • Kemudian klik kolom Shopee Pinjam untuk Penjual jika sudah tersedia
  • Klik Aktifkan Sekarang
  • Lakukan verifikasi data dengan mengunggah foto KTP, mengunggah data diri, dan melakukan verifikasi wajah.
  • Setelah itu, tunggu pihak Shopee menyetujui pengajuan SPinjam dalam waktu 2 hari kerja. Jika tidak disetujui, Anda akan memperoleh pemberitahuan.

Baca juga: Shopee Express: Jenis Layanan, Ketentuan, Durasi Pengiriman, dan Cashback

Jika Pinjaman Ditolak, Lakukan Pengajuan Kembali

Ada beberapa faktor yang menyebabkan pengajuan SPinjam untuk Penjual ditolak atau gagal diproses oleh Shopee. Salah satunya karena dokumen foto KTP yang digunakan tidak sah, kedaluwarsa, atau buram. Penjual yang pernah mengaktivasi SPinjam dan telah disetujui juga tidak bisa lagi mengajukan. Selain itu, Anda bisa memeriksa ketentuan lainnya untuk memastikan pengajuan telah benar. 

Walaupun statusnya ditolak, Penjual dapat mengajukan SPinjam kembali. Supaya lebih mudah diterima, pastikan performa toko dalam keadaan baik dan pembayaran tagihan dilakukan dengan tepat waktu. 

Tenor Pinjaman

Lama waktu peminjaman yang bisa dipilih di SPinjam untuk Penjual adalah 1 bulan, 3 bulan, dan 6 bulan. 

Berapa Biaya Admin dan Bunga pada Shopee Pinjam?

Anda dikenakan biaya administrasi sebesar 2% pada awal pengajuan pinjaman. Lalu, berapa bunga Shopee Pinjam yang harus dibayar? Besar suku bunga yang dikenakan pada pinjaman adalah 0,99% per bulan. Untuk tenor 3 dan 6 bulan, suku bunga sekitar 1,2% hingga 1,5% per bulan. 

Batas Nilai Maksimal Shopee Pinjam

Limit pinjaman SPinjam untuk Penjual ditentukan oleh pihak Shopee. Anda bisa melakukan pinjaman hingga nilai maksimal yang ditentukan. Pada SPinjam, Anda juga bisa melakukan penarikan pinjaman secara berulang walaupun pinjaman sebelumnya belum lunas. 

Pembayaran Angsuran Shopee Pinjam

Pinjaman tunai dari SPinjam harus dibayarkan setiap tanggal 5 terdekat dengan waktu pencairan pinjaman. Hal ini berlaku pada pinjaman yang dicairkan sebelum masa tenggang. Apabila SPinjam cair pada masa tenggang, pembayaran dapat dilakukan sebelum tanggal 5 bulan berikutnya. Masa tenggang adalah 10 hari sebelum tanggal 5 setiap bulan. 

Baca juga: Cara Mengaktifkan Fitur PayLater Agar Penjual Shopee Lebih Untung

Denda Jika Terlambat Membayar

Perlu diketahui, apabila Anda terlambat melakukan pembayaran, ada denda sebesar 3,0% yang dihitung dari sisa pokok pinjaman. Selain itu, Anda juga harus membayar bunga pinjaman dan bunga keterlambatan pembayaran pada bulan sebelumnya.

Manfaat Shopee Pinjam untuk Penjual

Shopee Pinjam sangat bermanfaat bagi penjual karena dapat menjadi modal tambahan dalam mengembangkan bisnis. Proses verifikasi dan pencairan Shopee Pinjam juga sangat cepat sehingga membuat urusan bisnis lebih fleksibel. 

Nah, bagi Anda yang ingin mengelola bisnis online dengan lebih mudah, manfaatkan platform AturToko. Fitur-fitur yang tersedia di platform ini akan membantu penjual dalam mengembangkan bisnis di ecommerce secara efektif dan efisien. Jadi, jangan ragu untuk mencobanya sekarang.

English